[VIDEO] Sirkus Sederhana di Afghanistan Sukses Hibur Anak-anak

Untuk mengurangi ketakutan dan kecemasan anak-anak di Kabul, Afghanistan diadakanlah pertunjukan sirkus.

oleh Liputan6 diperbarui 21 Agu 2013, 00:44 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2013, 00:44 WIB
sirkus-130820d.jpg
Untuk mengurangi ketakutan dan kecemasan anak-anak di Kabul, Afghanistan diadakanlah pertunjukan sirkus. Anak- anak pun merasa terhibur dan bergembira di tengah kondisi negerinya yang tidak aman.

Seperti ditayangan Liputan 6 SCTV, Selasa (20/8/2013) malam, atraksi sirkus itu terbilang sederhana. Tapi aksi pemain sirkus tersebut bisa membuat anak-anak di Kabul tersenyum dan terhibur. Mereka berteriak gembira dan bertepuk tangan. tidak hanya dapat menikmati pertunjukan lucu, mereka juga bisa belajar bermain sirkus.

Sirkus mini yang dipelopori David Mason asal Denmark itu sengaja diadakan untuk menghibur anak-anak yang ketakutan atas situasi yang tidak aman di negaranya yang berada dibawah kekuasaan Taliban. Dalam kondisi teresbut, mereka tak boleh bermain dan mendengarkan musik dilarang. Kaum perempuan juga tidak boleh berpartisipasi dalam sebuah pertunjukan.

Tapi di area sirkus itu, perempuan dengan pakaian warna warni terlihat bermain dan bergembira bersama.

Mason merintis proyek itu menggunakan dana pribadi dan donasi dari salah satu organisasi sejak tahun 2002. Kini proyek tersebut sudah tersebar ke 7 provinsi di Afghanistan, dan sudah ditampilkan di 25 kota.

Ia pun berharap proyek tersebut bisa mengasah kreatifitas, dan membangun rasa kebersamaan di antara anak-anak di Afghanistan. (Tnt)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya