Takut dengan Anjing? Jangan Panik!

Ketakutan manusia dengan gigitan anjing liar bisa diminimalisir. Anda cukup melakukan hal seperti ini.

oleh Kusmiyati diperbarui 21 Mar 2014, 07:06 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2014, 07:06 WIB
Anjing Nakal
(Foto: Khongthe.com)

Liputan6.com, Jakarta Ketakutan manusia dengan gigitan anjing liar menurut Organisasi Penyelamat Hewan, Animal Defender dapat diminimalisasi. Anda yang takut dengan anjing berusahalah tetap tenang ketika menemuinya. Kalau panik, yang terjadi justru bisa jadi membahayakan Anda.

"Anjing liar itu tidak akan gigit bila dirinya merasa aman. Kalau anjing liar merasa terancam akan memicu mereka berperilaku berlebihan seperti menyerang dengan gigitan. Ketika habitat mereka tidak diganggu maka semuanya akan baik-baik saja," kata Ketua Animal Defender, Doni Herdaru, ditulis Kamis (20/3/2014).

Sementara untuk anjing yang terkena penyakit seperti rabies, ada yang perlu diketahui bahwa anjing yang terinfeksi rabies biasanya tidak berani keluar dari persembunyiannya karena takut cahaya. "Anjing yang rabies itu bisa kita lihat dari air liurnya yang terus menetes. Mereka takut dengan cahaya, kalau bertemu anjing liar usahakan tenang. Jangan bersikap panik yang membuat mereka merasa terancam," kata Doni.

Perilaku-perilaku anjing yang di luar kewajaran disebabkan karena perlakuan lingkungan sekitar. "Kalau hewan peliharaan kita di rumah nakal pasti ada sebabnya. Apakah kurang diperhatikan, kurang dijaga atau terlalu menganggap mereka sekadar hewan peliharaan. Anggaplah mereka sebagai anak. Sehingga kita akan melakukan yang terbaik untuk mereka, dan mereka akan berperilaku baik juga," kata Doni.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya