5 Cara Atur Nafsu Makan

Sebenarnya ingin mengontrol nafsu makan, namun kenapa sulit ya?

oleh Benedikta Desideria diperbarui 17 Jul 2014, 16:00 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2014, 16:00 WIB
5 Cara Atur Nafsu Makan
(Foto:femside.com)

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang yang nafsu makannya tak terbendung. Saat melihat nasi goreng langsung ingin makan padahal baru saja makan mi ayam. Sebenarnya ingin mengontrol nafsu makan, namun kenapa sulit ya?

Agar nafsu makan normal, kebiasaan sehat berikut bisa membantu Anda mendapatkan berat badan ideal seperti dikutip laman Fox News, Rabu (16/7/2014)


Olahraga seperti bermain

1. Bayangkan olahraga seperti bermain
Usai olahraga, nafsu makan pasti tak terbendung rasanya ingin makan apa saja. Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University meminta dua kelompok untuk berjalan kaki. Kelompok yang diberi tahu bahwa mereka sudah berjalan kaki sejauh dua kilometer makan 35% lebih banyak puding cokelat dan 124% permen cokelat dibandingkan kelompok pertama yang hanya diberi tahu mereka berjalan-jalan.


Tidur cukup

2. Tidur cukup
Kurang tidur memicu tubuh memberikan rasa lapar di otak serta meningkatkan keinginan untuk makan junk food. Studi lain dari University of Texas Southwestern Medical Center menemukan bukti bahwa kurang tidur memicu makan berlebihan dan meningkatkan berat badan.
Kurang tidur juga dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan lain termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuhm meningkatkan risiko diabetes tipe 2, depresi dan penyakit jantung.


Minum lebih baik

3. Minum lebih banyak
Sebuah studi menemukan bahwa orang yang yang minum air putih tuju gelas per hari makan makanan lebih sedikit 200 kalori dibandingkan mereka yang minum kurang dari tujuh gelas.
Minum dua gelas air putih sebelum makan juga efektif memangkas makan 75-90 kalori lebih sedikit dibandingkan yang tidak minum air putih.


Makan teratur

4. Makan teratur dan tepat waktu
Tubuh mencintai konsistensi, sehingga makan teratur menjauhkan rasa lapar di luar jam makan. Makan secara teratur juga membuat stabil porsi makan yang dikonsumsi.


Tak stres

5. Tak stres
Saat stres mendera tubuh beberapa orang meluapkan lewat makanan. Menurut Profesor Jan Kiecolt Glaser dari Ohio State University, metabolisme tubuh tak bekerja dengan baik saat stres akibatnya berat badan pun bertambah.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya