Banyak Daerah Minim Psikiater

Masih banyak daerah di Indonesia yang hanya terdapat sedikit psikiater, bahkan ada juga provinsi yang belum ada psikiater.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 14 Agu 2014, 14:00 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2014, 14:00 WIB
Biaya Jasa Dokter di Puskesmas Sulawesi Selatan Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Psikiater atau dokter spesialis kejiwaan adalah salah satu komponen penting yang berkompeten untuk memberikan pelayanan dan pengobatan untuk orang dengan gangguan kejiwaan.

Sayang, masih banyak daerah di Indonesia yang kekurangan tenaga psikiater. Bahkan ada juga provinsi yang belum ada psikiater.

"Di Indonesia ada enam provinsi yang belum ada psikiater. Yaitu di Maluku Utara, Papua Barat, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, dan Kepulauan Riau," tutur dokter Eka Viera, SpKJ dalam Diskusi Bulanan PB IDI "Penanganan Kegawatdaruratan Gangguan Jiwa" di Jakarta (13/8/2014).

Papua yang memiliki wilayah geografis sangat luas hanya ada satu psikiater di Jayapura. Faktor minim fasilitas biasanya jadi alasan para psikiater enggan ke daerah-daerah tertentu, sebut dokter Eka.

Sedangkan di kota-kota besar dapat dengan mudah menemui psikiater. "Di Jakarta ada 100 psikiater. Di Surabaya ada 100. Tentu saja diketahui bahwa pelayanan ini tidak merata," tutur Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia dokter Danardi Sosrosumihardjo, SpKJ(K) dalam acara yang sama.

Dibandingkan dengan negara Jepang yang memiliki  1 psikiater untuk 1000 orang tentu sangat sulit kita mencapainya. Namun bukan berarti tanpa usaha untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa.

"Kita atasi dengan pelayanan di primer seperti di puskesmas dengan membekali dokter umum dengan kemampuan kesehatan jiwa," lanjut dokter Danardi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya