Bayi Lebih Merespon Suara Perempuan

Kontak mata membuat bayi lebih merespon suara perempuan dibandingkan laki-laki termasuk ayahnya.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 04 Nov 2014, 09:00 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2014, 09:00 WIB
Agar Bayi Cepat Bicara
(Foto:babycity.co.uk)

Liputan6.com, New York Sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan dalam jurnal Pediatric menerangkan bahwa terdapat perbedaan cara antara ayah dan ibu dalam mengajak bayi berbicara. Respon yang diberikan oleh sang bayi pun berbeda saat kedua orangtuanya berbicara.

Untuk menganalisis bagaimana interaksi ayah dan ibu berbicara kepada bayi, peneliti meletakkan perekam kecil dalam rompi bayi. Kemudian tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Betty Vohr menganalisis interaksi verbal yang terjadi pada 33 bayi.

Lebih dari 3.000 jam rekaman, para ilmuwan menemukan beberapa kesimpulan. Ternyata saat bayi membuat suara, ibu lebih merespon dibandingkan ayah. Misalnya dengan "eh adek tadi ngomong apa ya?". Ibu merespon 88 persen saat bayi bersuara sedangkan ayah hanya 27 persen seperti dilansir Time pada Senin (3/11/2014).

Selain itu, bayi ternyata lebih merespon suara ibu dan perempuan lain ketimbang suara laki-laki termasuk ayahnya.Menurut Vohr hal tersebut terjadi karena perempuan lebih mampu mengadopsi suara ala anak kecil dibandingkan laki-laki. Selain itu, selain mengajak berbicara, ibu dan perempuan juga menggunakan kontak mata dengan bayi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya