Singkirkan Rasa Cemas dengan 4 Cara Sederhana yang Tak Bikin Lemas

Anda tak perlu membuang tenaga untuk menyingkirkan rasa cemas dengan cara ini

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 20 Jun 2018, 10:00 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2018, 10:00 WIB
6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Anda Cemas atau Gelisah
Singkirkan rasa cemas dengan cara ini (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Sekalipun sulit dikendalikan, rasa cemas atau gugup bisa muncul kapan saja. Bahkan hal tersebut bisa mengganggu kehidupan kita sehari-hari.

Perasaan ini membuat kita sulit bersantai dan membuat jantung terus terpacu. Terkadang, liburan dan relaksasi pun tidak mampu mengatasi kecemasan.

Mengutip Step to Health pada Selasa (19/6/2018), penting untuk tahu cara mengendalikan rasa cemas ketika menghadapi situasi apa pun. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan, untuk menghilangkan cemas.

1. Kenali Penyebab Kecemasan

Mungkin saja penyebab Anda gugup adalah ketika atasan meminta melakukan tugas-tugas tertentu atau karena lalu lintas yang semakin kacau.

Ketika penyebab cemas sudah diketahui, lebih mudah untuk mengendalikan perasaan tersebut.

Jika permasalahannya adalah pada tugas yang banyak, diskusikan hal itu disertai dengan solusinya. Namun, apabila ini diakibatkan lalu lintas, cobalah lewati jalur lain atau berangkat lebih awal.

2. Bernapaslah

Teknik yang baik untuk mengendalikan kecemasan adalah dengan menyadari bahwa diri Anda bernapas.

Dengan teknik ini, Anda bisa mengontrol bagaimana udara masuk dan keluar dari paru-paru. Ketika kita tertekan, pernapasan menjadi dangkal, tersendat dan sulit.

Tutuplah mata dan bernapas dalam-dalam beberapa kali. Hal ini untuk memberitahu otak bahwa semuanya berjalan baik dan tidak perlu dikhawatirkan.

Saksikan juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Singkirkan tekanan dan Kembali ke Alam

Ilustrasi bahagia - stres (iStockphoto)
Singkirkan rasa cemas dengan cara ini (Foto: iStockphoto)

3. Menyingkiran Tekanan dalam Diri Sendiri

Terkadang kecemasan muncul ketika kita meminta terlalu banyak hal dari diri sendiri. Kesempurnaan dalam pekerjaan membuat tubuh merasa tidak tenang dan sulit menerima kegagalan.

Untuk itulah, lebih baik menerima bahwa terkadang hal-hal dalam hidup tidak seperti yang kita harapkan.

Lebih baik, tanyakan pada diri sendiri tentang apa yang salah dan apa yan bisa diubah untuk membuatnya lebih baik.

4. Jangan Khawatir Tentang Apa yang Sulit Dikendalikan

Ada pepatah Arab mengatakan, jika setiap masalah ada solusinya, mengapa Anda khawatir? Namun jika masalah tidak memiliki solusi, mengapa Anda masih khawatir?

Ada banyak hal yang tidak bisa dikendalikan. Kondisi inilah yang terkadang membuat kita cemas. Yang paling penting adalah, bagaimana kita belajar menghadapi mereka sebaik mungkin.

5. Lakukan Kontak dengan Alam

Duduklah di taman, berkemah, dengarkan suara burung, berjalan di pinggir pantai. Semua kegiatan tersebut sangat direkomendasikan untuk mengendalikan rasa cemas.

Kontak dengan alam memiliki efek luar biasa yang sulit dijelaskan. Ini mungkin karena kita merasa kembali ke suasana yang murni, karena saat itu kita bertemu dengan ibu pertiwi.

Luangkan waktu saat libur atau akhir pekan untuk menikmati keindahan dari Yang Maha Kuasa, serta mencoba melatih pengendalian kecemasan Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya