4 Cara Atasi Gangguan Cemas yang Mulai Berlebihan

Gangguan cemas yang kerap muncul bisa jadi awal dari tanda depresi. Bila dibiarkan, bisa menimbulkan masalah kesehatan serius.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Jun 2018, 17:00 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2018, 17:00 WIB
6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Anda Cemas atau Gelisah
Setiap orang pastinya pernah mengalami masa sulit. Namun, ketika sedang merasa cemas, Anda perlu menghindari enam hak berikut ini. (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Gagguan cemas bisa melanda siapa saja, tak pandang jenis kelamin dan usia. Sebenarnya, sesekali merasa cemas dan bingung adalah hal yang wajar. Setiap manusia pernah mengalaminya. Tapi, bila gangguan cemas kerap datang berlebihan, sebaiknya kamu mulai waspada.

Gangguan cemas yang kerap muncul bisa jadi awal dari tanda depresi. Bila dibiarkan, bisa menimbulkan masalah kesehatan serius.

Gangguan cemas yang muncul bisa diatasi dengan bantuan obat, atau melakukan aktivitas yang bisa memberi ketenangan. Berikut cara atasi gangguan cemas yang mulai berlebih.

Tidur dan Olahraga yang Cukup

Tidur akan membantu kamu untuk merasa lebih tenang. Namun tidur yang cukup saja tidak cukup. Kamu perlu olahraga yang teratur. Kamu dapat melakukan olahraga yang membantu kamu untuk lebih relaks seperti yoga atau lari. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bijak konsumsi kafein

Perubahan Kulit yang Terjadi Setelah Anda Berhenti Minum Kopi
Simak di sini perubahan kulit seperti apa yang akan Anda dapatkan setelah berhenti minum kopi. (iStockphoto)​

Sibukkan Diri dan Mencoba Lebih Tenang

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk berbagi. Carilah support system yang mengerti kamu. Coba cari ketenangan melalui liburan, beribadah, dan meditasi sangat disarankan. Take a break. Cobalah untuk memberi jeda pada hidup kamu.

Bijak Mengonsumsi Kafein

Alih-alih minum terlalu banyak kafein seperti kopi atau teh, ada baiknya kamu mencoba mencari ketenangan dengan mandi, pijat atau menghirup aromaterapi. Cara ini lebih efektif untuk menenangkan dirimu. Dan dapat mengurangi rasa cemas.

Detoks Sosial Media

Batasi informasi media sosial. Hal ini membantu kamu untuk lebih tenang dan lebih menerima keadaan kamu. Kadang, terlalu banyak informasi yang kamu terima justru membuat kamu tidak nyaman dan menjadi lebih khawatir.

Ladies, demikian 4 cara untuk mengurangi kecemasan yang berlebihan. Kuncinya adalah penerimaan. Mencoba untuk menerima keadaan kamu apa adanya, selamat hari ini.

Reporter: Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya