3 Efek Bila Kadar Testosteron Pria Terlalu Tinggi

Salah satu efek bila seorang pria memiliki kadar testosteron terlalu tinggi adalah cenderung narsis.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Jul 2018, 07:30 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2018, 07:30 WIB
Ilustrasi pria narsis (iStockphoto)
Ilustrasi pria narsis (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Testosteron merupakan salah satu hormon yang bertanggung jawab terhadap fungsi seksual pria. Selain itu, hormon ini berperan menjaga otot dan tulang agar kuat.

Menurut dr Kartika Mayasari dari KlikDokter, jika tubuh kekurangan hormon testosteron, tubuh pria akan mengalami sejumlah gangguan. Hal ini tentu bakal menghambat aktivitas hingga menurunkan kualitas seorang pria.

“Kadar testosteron yang terlalu rendah dapat menurunkan fungsi seksual, menurunkan kepadatan tulang, berkurangnya massa otot, peningkatan jumlah lemak, penurunan kekuatan otot, penurunan daya ingat, perubahan mood dan depresi,” ujar Kartika.

Di sisi lain, kadar testosteron yang tinggi ternyata juga bisa mendatangkan masalah para pria. Berdasarkan jurnal Nature Communications, kadar testosteron yang terlalu tinggi dihubungkan dengan pandangan mengenai status dan sesuatu yang mewah.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadi boros hingga narsis

Ilustrasi pria narsis (iStockphoto)
Ilustrasi pria narsis (iStockphoto)

Memperjelas temuan studi di atas, berikut dampak yang bisa timbul akibat kadar testosteron terlalu tinggi di tubuh pria, seperti dilansir Newsweek.

1. Cenderung boros

Pada sebuah penelitian terhadap lebih dari 3.200 partisipan, pria dengan kadar testosteron tinggi adalah investor yang lebih buruk daripada rekan kerja mereka. Investor dengan kadar testosteron tinggi cenderung mengambil risiko lebih besar dengan pekerjaan mereka.

Mengingat testosteron terkait dengan emosi yang meningkat, hal itu berpengaruh pada sikap seperti kecerobohan dan tanpa pikir panjang. Menurut penelitian, pria dengan testosteron tinggi juga cenderung terlibat dalam perilaku yang tidak etis.

2. Mengambil keputusan tanpa pikir panjang

Kadar testosteron tinggi terkait dengan pengambilan keputusan impulsif yang tidak selalu bermanfaat. Sebuah penelitian di Psychological Science menemukan bahwa satu dosis testosteron memengaruhi kemampuan pria untuk menjawab dengan benar pada tes kognitif.

Salah satu peneliti, Gideon Nave, mengatakan bahwa studi perilaku hewan di masa lalu telah menunjukkan, kadar testosteron jantan meningkat ketika mereka memperebutkan pasangan. Oleh karena itu, keputusan impulsif sering kali diambil tanpa berpikir panjang.

3. Menjadi lebih narsis

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa testosteron berperan sebagai “penggerak” komponen narsisisme. Diketahui bahwa pria dengan kadar testosteron tinggi cenderung bersifat narsis saat dirinya memiliki kekuasaan tertentu.

Tak hanya itu, pria dengan testosteron tinggi juga lebih mungkin menyalahgunakan “kekuasaan” mereka.

Peneliti lainnya, Nicole Mead, mengatakan kepada Australian Financial Review bahwa pria dengan testosteron tinggi cenderung mencari posisi kekuasaan. Meskipun demikian, ternyata pada akhirnya mereka bukan pemimpin yang lebih baik.

Secara garis besar, kadar testosteron yang tinggi memang dapat menyebabkan beberapa masalah di atas. Namun di balik itu, pria yang memiliki testosteron tinggi juga dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih terjaga.

Jadi, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Tentu saja memastikan bahwa kadar testosteron terus berada pada rentang normal. Jika Anda memiliki masalah terkait testosteron atau hormon lain, jangan ragu untuk berkonsultasi secara langsung pada dokter yang ahli.

 

Penulis: Bobby Agung Prasetyo

Sumber: Klikdokter.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya