Osteosarcoma, Tipe Kanker yang Paling Umum Terjadi pada Anjing

Sel kanker dapat menyerang hewan peliharan, terutama anjing. Tipe kanker pada anjing, di antaranya adalah melanoma, hemangiosarcoma, dan limfoma.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jan 2020, 18:00 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2020, 18:00 WIB
Pitbull Tewaskan Bocah, Ini Fakta Si Bodyguard Handal Sekaligus Pemburu Mematikan
Terlepas dari karakteristik yang dinilai garang, ternyata pitbull merupakan anjing yang penyayang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2001, pitbull termasuk dalam 5 anjing dengan emosi paling stabil di Amerika Serikat. (istockphoto.com)

Liputan6.com, Jakarta Ternyata bukan hanya manusia yang bisa terkena penyakit kanker, hewan peliharaan juga dapat mengalaminya. Kanker dapat menyerang anjing Anda, terutama jika anjing Anda telah menginjak usia yang tak lagi muda.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami lebih dalam mengenai penyakit kanker pada hewan peliharaan, terutama anjing. Berikut ini adalah tipe-tipe kanker pada anjing secara umum:

1. Melanoma

Seperti yang dilansir dari Drake Center for Veterinary Care, melanoma umumnya terjadi pada gigi taring dan kulit. Melanoma dapat terjadi di area kulit yang berambut dengan membentuk benjolan kecil dan berwarna cokelat hingga hitam.

Melanoma yang berkembang pada mulut dan tungkai kuku jari kaki adalah tipe kanker yang tak bisa disembuhkan dan dapat menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya pada anjing.

2. Hemangiosarcoma

Tipe kanker pada anjing ini adalah tumor sel yang melapisi pembuluh darah dan tak dapat disembuhkan. Tipe kanker ini juga lebih sering terjadi pada anjing yang sudah berusia tua. Hemangiosarcoma berkembang dengan lambat dan pada dasarnya tidak menimbulkan rasa sakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video menarik berikut:


3. Limfoma

Tipe kanker ini tak mengenal jenis anjing dan usia. Tipe kanker ini dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kesulitan bernapas. Umumnya, tipe kanker pad anjing ini dapat diobati jika telah diketahui gejala-gejalanya lebih awal. Jenis anjing Pudel, Golden Retrievers, dan Gembala Australia memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker tipe ini.

4. Kanker Mulut dan Hidung

Pada umumnya, yang sering terjadi pada anjing adalah kanker mulut. Anda dapat memperhatikan gejalanya, seperti gusi mengalami pembengkakan, pendarahan, bau yang tak sedap, dan sulit makan.

Kanker ini dapat berkembang di dalam hidung Anjing dengan gejala-gejala, seperti pendarahan dari hidung, kesulitan bernapas, dan pembengkakan wajah. Anda dapat mengetahui gejala-gejala tersebut dan menghubungi tenaga medis profesional untuk mendapatkan penanganan yang serius.


5. Kanker Tulang (Osteosarcoma)

Tipe kanker ini mengacu pada tumor tulang yang paling umum ditemukan pada anjing. Osteosarcoma dapat menyerang setiap jenis anjing, namun biasanya ditemukan pada ras anjing yang lebih besar. Hal ini sesuai dengan yang dilansir dari Cancer Veterinary Centers.

6. Tumor Sel Mast

Tipe kanker ini termasuk dalam bentuk kanker kulit pada anjing. Sel mast berada pada pembuluh dan saraf yang dekat dengan kulit, paru-paru, hidung, dan mulut. Gejala pertama tipe kanker ini dengan adanya peradangan pada kulit.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya