Nekat Konsumsi Dexamethasone Tanpa Resep Dokter, Siap Tanggung Risikonya?

Jika dexamethasone dikonsumsi tanpa resep dokter dapat memicu berbagai efek berbahaya.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 18 Jun 2020, 14:00 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2020, 14:00 WIB
ilustrasi obat /pexels
ilustrasi obat /pexels

Liputan6.com, Jakarta Dexamethasone adalah obat golongan steroid yang berfungsi menekan imun dan anti peradangan. Namun, jika dikonsumsi tanpa resep dokter, obat ini dapat memicu berbagai efek berbahaya.

Menurut Zullies Ikawati, Farmakolog Universitas Gadjah Mada (UGM), obat ini bukan untuk dikonsumsi secara sembarangan karena termasuk golongan obat keras.

“Orang yang menggunakan obat ini dalam jangka waktu lama efeknya dapat berupa osteoporosis, gangguan wajah membulat atau moon face, dan sistem imun berkurang sehingga rentan terkena infeksi,” ujar Zullies melalui sambungan telepon, Kamis (18/6/2020).

“Sekarang kita gencar menguatkan sistem imun tapi kalau kondisi kita sehat terus mengkonsumsi itu malah bisa menurunkan sistem imun. Jadi itu bukan untuk pencegahan juga bukan untuk konsumsi pasien COVID-19 gejala ringan atau sedang.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini:


Risiko Pada Kulit

Ia menegaskan, untuk penggunaan jangka pendek dexamethasone memiliki manfaat yang lebih besar daripada risikonya. Namun, untuk jangka panjang akan ada risiko lain.

Zullies mencontohkan, salah satu risiko penggunaan obat jika digunakan dalam jangka Panjang adalah penipisan pada kulit. Ini dapat terjadi jika obat dipakai di kulit, mengingat obat ini ada juga dalam bentuk krim atau salep.

“Dan pemakaiannya tidak boleh dihentikan secara tiba-tiba, dosisnya harus diturunkan secara bertahap, ini untuk penggunaan jangka panjang.”

“Obat ini bukan untuk pencegahan atau antivirus, itu poin pertama. Ini obat peradangan berat untuk mengurangi risiko kematian.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya