9 Kebijakan Joe Biden Terkait Penanganan COVID-19 di AS

Joe Biden berhasil terpilih menjadi presiden Amerika 2020. Lantas, apa rencananya dalam penanganan COVID-19 kedepannya?

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Nov 2020, 14:00 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2020, 14:00 WIB
Joe Biden, presiden AS terpilih 2020
Joe Biden, presiden AS terpilih 2020 (AP Photo/Matt Rourke)

Liputan6.com, Jakarta Selama kampanye, Joe Biden mengajukan rencana dan strategi untuk menangani COVID-19. Karena itu, kemenangan Joe Biden saat ini adalah kesempatan untuk meningkatkan perawatan dan penanganan virus corona agar menjadi prioritas utama dalam masa kepresidenannya.

Banyak ahli memperkirakan bahwa lonjakan kasus saat ini menjadi yang terbesar dan mungkin paling mematikan di negara itu. Dikutip Antara, pekan lalu (31/1) jumlah kasus harian AS melampaui 100.233 dan menjadi rekor dunia atas pandemi COVID-19 melewati 97.894 kasus di India dalam sehari pada September lalu.

"Kami akan memasuki musim dingin yang gelap," kata Biden pada debat terakhir presiden pada bulan Oktober.

Pada saat Biden mulai menjabat pada bulan Januari nanti, kemungkinan ia akan mewarisi krisis yang lebih buruk. Dilansir dari Business Insider, berikut adalah rencana dan strategi yang Biden rencanakan untuk mengendalikan kasus virus korona AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini:


1. Buat Tes Tersedia Secara Luas

Biden telah berjanji untuk membuat tes tersedia lebih luas melalui program pengembangan tes yang didukung pemerintah. Dia juga bermaksud untuk meningkatkan produksi tes diagnostik di rumah yang cepat dan membangun setidaknya 10 lokasi tes drive-through per-negara bagian.

Selain itu, Biden telah berjanji untuk membuat pengujian gratis untuk semua orang Amerika, termasuk individu yang tidak diasuransikan.

 


2. Perluas Persyaratan Masker

Biden mengatakan dia akan mempertimbangkan mandat masker nasional (national mask mandate). Meskipun para ahli hukum mengatakan dia mungkin hanya memiliki wewenang untuk menerapkan masker di properti federal atau di fasilitas federal. Paling tidak, Biden berencana bekerja sama dengan gubernur untuk menerapkan persyaratan masker.

"Pertama, saya akan pergi ke setiap gubernur dan mendesak mereka untuk mengamanatkan penggunaan masker di negara bagian mereka. Dan jika mereka menolak, saya akan pergi ke walikota dan eksekutif daerah dan mendapatkan persyaratan masker lokal di seluruh negeri," kata Biden dalam bulan Oktober, dikutip dari Business Insider.

Kemudian, Biden telah berjanji untuk menghilangkan tagihan medis yang mengejutkan dan membebaskan pembayaran untuk kunjungan dokter yang diperintahkan untuk melakukan tes virus corona. Dia juga berjanji untuk membuat kode diagnostik darurat untuk pasien virus corona di Medicare dan Medicaid.

 


3. Sesuaikan Lockdown Dengan Area Lokal

Berdasarkan komentarnya menjelang Hari Pemilihan, tampaknya tak memungkinkan bagi Biden untuk memberlakukan lockdown secara nasional. Tetapi presiden terpilih telah berulang kali mengatakan dia akan mengikuti rekomendasi dari pejabat ilmiah.

"Saya akan siap melakukan apa pun untuk menyelamatkan nyawa. Karena kita tidak bisa menggerakkan negara sampai kita mengendalikan virus," kata Biden kepada David Muir dari ABC pada Agustus.

Situs web kampanye Biden pada suatu waktu menyatakan bahwa jika terpilih, ia akan menyesuaikan pedoman pembukaan kembali untuk setiap komunitas berdasarkan tingkat penyebarannya. Itu berarti sekolah dan bisnis lokal akan diizinkan untuk dibuka kembali di area tertentu setelah kasus virus korona rendah.

Biden juga berencana mengalokasikan dana federal untuk membantu meningkatkan keamanan di fasilitas yang memang terbuka, seperti dengan membagikan masker dan meningkatkan ventilasi di sekolah, atau memasang penghalang plastik di restoran.


4. Kembalikan Otoritas CDC

Pendekatan administrasi Trump telah bertentangan dengan pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) beberapa kali. Ilmuwan CDC mengatakan beberapa saran mereka tentang lockdown dan tes COVID-10 diabaikan oleh administrasi federal.

"Memiliki seperangkat pedoman nasional dan pedoman arahan yang jelas dari CDC akan sangat membantu dalam memberdayakan lembaga-lembaga lokal," Dr. Leana Wen, seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas George Washington, dikutip dari Business Insider.

Pada bulan Februari, kurang dari dua minggu setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus corona sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, Trump mengusulkan pengurangan 16% pendanaan CDC untuk tahun fiskal 2021.

Biden telah berjanji untuk membangun kembali otoritas CDC dan mengatakan dia berharap untuk bekerja dengan agensi tersebut untuk membuat waktu nyata yang dapat melacak penerimaan rumah sakit dan ketersediaan APD di seluruh negeri.


5. Bergabung Kembali Dengan WHO

Pada bulan April, Trump menghentikan semua pendanaan ke WHO yang membantu mengoordinasikan tanggapan global terhadap pandemi. Kemudian pada bulan Juli, AS secara resmi menarik diri dari WHO, meskipun keputusan tersebut tidak akan diselesaikan hingga Juli 2021.

Biden mengatakan dia akan bergabung kembali dengan WHO pada hari pertamanya menjabat.

"Orang Amerika lebih aman ketika Amerika terlibat dalam memperkuat kesehatan global," cuitnya pada Juli.


6. Daftarkan Setidaknya 100.000 Pelacak Kontak

Menurut survei bersama dari NPR dan Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins, pada bulan Oktober, AS memiliki 50.000 pelacak kontak. Itu berarti sebagian besar negara bagian tidak memiliki cukup pelacak kontak untuk menyelidiki kasus virus corona.

Selain itu, pemerintahan Trump juga berusaha memblokir dana tambahan untuk pelacakan kontak pada Juli. Karena itu, Biden telah berjanji untuk mengembangkan tenaga kerja pelacakan kontak di AS dengan sekitar 100.000 karyawan.


7. Bagikan Lebih Banyak Ventilator Dan APD Ke Rumah Sakit

Biden telah berjanji untuk lebih banyak bersandar pada Undang-Undang Produksi Pertahanan, yang memungkinkan presiden untuk mewajibkan bisnis untuk memprioritaskan kebutuhan rantai pasokan pemerintah federal.

Trump telah meminta tindakan tersebut juga, tetapi Biden berharap untuk menggunakannya lebih agresif untuk mengurangi masalah rantai pasokan dengan APD, ventilator, dan sumber daya lain yang dibutuhkan oleh rumah sakit.

"Kami telah melihat kegagalan administrasi Trump dalam hal pengujian dan kami kehabisan reagen untuk tes dan SWAB," kata Wen. "Kami juga melihat masalah rantai pasokan dengan APD, dengan obat-obatan kritis."


8. Pastikan Pengobatan COVID-19 Gratis Untuk Semua Orang Amerika

Saat ini, perawatan COVID-19 - yang jumlahnya masih sangat sedikit memiliki kemungkinan. gratis tergantung negara tempat Anda tinggal, perusahaan asuransi, atau perusahaan Anda.

Biden telah berjanji untuk menghilangkan pembayaran bersama, deductible, dan tagihan yang mengejutan untuk orang Amerika yang diasuransikan yang menerima terapi ini. Dia juga berjanji untuk mengganti penyedia layanan kesehatan untuk perawatan COVID-19 untuk pasien yang tidak diasuransikan.


9. Pastikan Vaksin Aman dan Gratis

Program Operation Warp Speed ​​dari administrasi Trump saat ini sedang memproduksi dosis vaksin dalam jumlah besar sementara uji klinis sedang berlangsung. Ini juga mendanai penelitian dan pengembangan kandidat yang menjanjikan. Kongres telah mengarahkan hampir $ 1 miliar dana CARES Act untuk Operation Warp Speed.

Biden belum mengonfirmasi secara terbuka bahwa dia akan memajukan program itu setelah menjabat, tetapi dua perusahaan yang didanai oleh Warp Speed ​​mengatakan kepada STAT pada bulan Oktober bahwa mereka sudah berkomunikasi dengan penasihat Biden. Biden juga menjanjikan investasi $25 miliar lagi dalam pembuatan dan distribusi vaksin.

Pada pidato kampanye beberapa minggu sebelum pemilihan, Biden berjanji bahwa orang Amerika tidak akan dikenakan biaya untuk vaksin di bawah pemerintahannya. Biden juga berjanji bahwa setiap kandidat vaksin akan dianggap aman dan efektif oleh para ilmuwan karir sebelum didistribusikan ke Amerika, dan dia telah meminta data dari uji coba untuk dipublikasikan.

"Begitu kami memiliki vaksin yang aman dan efektif, itu harus gratis untuk semua orang, baik Anda diasuransikan atau tidak," kata Biden.

 

 

 

 

(Vania Accalia)


Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020

Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020
Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya