Dinkes Sukabumi Sebut Kelumpuhan Guru Belum Bisa Dipastikan Akibat Vaksinasi COVID-19

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menyebut kebutaan dan kelumpuhan yang dialami guru SMAN 1 Cisolok, Sukabumi Susan Atela belum dapat dipastikan akibat vaksinasi COVID-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Mei 2021, 20:00 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2021, 20:00 WIB
Ilustrasi vaksinasi/ Pexels
Ilustrasi vaksinasi (Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels).

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menyebut kebutaan dan kelumpuhan yang dialami guru SMAN 1 Cisolok, Sukabumi Susan Atela belum dapat dipastikan akibat vaksinasi COVID-19.

“Kami belum bisa memastikan penyebab kebutaan dan kelumpuhan yang dialami guru SMAN 1 Cisolok itu akibat setelah menjalani vaksinasi atau bukan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Harun Al Rasyid, Kamis (29/4/2021), dikutip dari Antara.

Harun mengungkapkan bahwa Susan sedang ditangani para ahli dan dokter di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Selain itu, pihak Pokja Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) masih mendalami kejadian ini karena ditemukan disfungsi beberapa bagian tubuh yang dialami Susan setelah menerima dosis kedua vaksin COVID-19 sekitar satu bulan yang lalu.

Menurut Harun, sebelum ada hasil dari investigasi dari Pokja KIPI, pihaknya tidak mempunyai kewenangan untuk membeberkan keterangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Juga Video Berikut


Ada Dua Kasus Serupa

Kebutaan
Ilustrasi Kebutaan pada Mata Credit: freepik.com

Kepala Puskesmas Cisolok Sukabumi Heri Suherman mengatakan ada dua kasus serupa seperti yang dialami Susan. 

“Kami menerima informasi bahwa penyakit yang dialami Susan ternyata ada dua kasus yang serupa, yakni di Yogyakarta dan DKI Jakarta,” ungkap Heri.

Heri menambahkan pihaknya sudah mendatangi kediaman Susan untuk memantau kondisi kesehatan Susan. Ia menyebut pihaknya akan memberikan pelayanan seperti mempermudah pemberian rujukan dan membantu proses lain yang berkaitan dengan kondisi Susan.

“Kami berharap kesehatan Susan bisa kembali pulih dan sehat seperti sediakala,” ujarnya.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi


Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya