Jangkau Kelompok Rentan, Posko PPKM Bisa Lakukan Jemput Bola Vaksinasi

Upaya jangkau kelompok rentan dengan Posko PPKM bisa lakukan 'jemput bola' vaksinasi.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 15 Sep 2021, 09:00 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2021, 09:00 WIB
Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Disabilitas dan ODGJ
Petugas Puskesmas Gembor memeriksa kesehatan ODGJ sebelum melakukan vaksinasi Covid-19 dengan mendatangi langsung dari rumah kerumah di kecamatan Priuk, Kota Tangerang, Selasa (8/6/2021). Vaksinasi diberikan untuk memberikan kekebalan tubuh agar terhindar dari Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Demi menjangkau kelompok rentan, Posko Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat bisa lakukan 'jemput bola' vaksinasi COVID-19. Upaya ini mendukung perluasan cakupan vaksinasi.

Posko PPKM di desa dan kelurahan diharapkan dapat melakukan sistem 'jemput bola' dengan mendatangi dan memberikan kemudahan akses bagi kelompok khusus," kata Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 Alexander Ginting saat dialog Percepatan Vaksinasi, Solusi Jitu Cegah Virus Baru? pada Selasa, 14 September 2021.

“Vaksinasi bukan hanya hak mereka yang sehat sensorik dan motorik. Justru harus menjangkau kelompok rentan. Misalnya, para lansia yang memiliki angka mortalitas tinggi."

Menurut Alex, setiap daerah sebaiknya memiliki strategi, mekanisme, dan pendekatan berbeda dalam rangka akselerasi vaksinasi COVID-19. Setiap daerah mempunyai kondisi alam, karakteristik, dan pola hidup warga masing-masing.

"Karena itu, pelaksanaan vaksinasi di daerah sangat membutuhkan kerja sama dari pemimpin daerah juga keterlibatan operasional dari dinas kesehatan setempat," imbuhnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Vaksin Tekan Penularan Virus Corona

Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Disabilitas dan ODGJ
Petugas Puskesmas Gembor memeriksa kesehatan penyandang disabilitas dengan mendatangi langsung dari rumah kerumah di kecamatan Priuk, Kota Tangerang, Selasa (8/6/2021). Vaksinasi diberikan untuk memberikan kekebalan tubuh agar terhindar dari Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Terkait manfaat vaksinasi, COVID-19, dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog Dirga Sakti Rambe menambahkan, vaksin juga memiliki andil dalam menekan angka penularan Virus Corona.

“Orang yang sudah divaksinasi, replikasi virus di dalam tubuhnya lebih sedikit. Karena itu, kemampuannya dalam menularkan virus akan lebih rendah,” jelasnya melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

Dirga mengingatkan, masyarakat tidak perlu tergesa-gesa mengejar vaksin booster. Ini karena memperluas dan memperbanyak cakupan vaksin lebih penting daripada kekebalan yang terpusat pada satu orang.

“Yang mengendalikan pandemi adalah kekebalan komunitas, bukan individu,” tegas dokter yang aktif mengajak masyarakat melakukan vaksinasi COVID-19.


Infografis 10 Titik Lengah Penularan Covid-19 di Lingkungan Rumah

Infografis 10 Titik Lengah Penularan Covid-19 di Lingkungan Rumah
Infografis 10 Titik Lengah Penularan Covid-19 di Lingkungan Rumah (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya