AS Bakal Mulai Program Vaksinasi COVID-19 Anak di Bawah 5 Tahun

Vaksinasi COVID-19 anak di AS rencananya dimulai pada 21 Juni 2022

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 03 Jun 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2022, 10:00 WIB
AS Vaksinasi COVID Anak-Anak Usia 5-11 Tahun
Pasien transplantasi ginjal Sophia Silvaamaya (5) disuntik vaksin COVID-19 saat hari pertama vaksinasi untuk anak 5 - 11 tahun di Children's National Hospital di Washington, Rabu(3/11/2021). Ini menjadi langkah perdana vaksinasi Covid-19 bagi anak kecil di Amerika Serikat. (AP Photo /Carolyn Kaster)

Liputan6.com, Jakarta Koordinator respons COVID-19 Gedung Putih Ashish Jha mengatakan, Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengharapkan vaksinasi anak di bawah usia 5 akan benar-benar dimulai pada 21 Juni 2022.

Menurutnya, ini bisa dilakukan jika otoritas federal menyetujui penggunaannya dalam beberapa minggu mendatang.

Jha mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah AS memiliki cukup vaksin COVID-19 dari Pfizer dan Moderna untuk memulai program untuk anak kecil jika dan ketika vaksin disetujui.

“Pemerintah federal akan menyediakan 10 juta vaksin untuk pemerintah negara bagian dan lokal untuk memulai vaksinasi berbasis luas untuk anak-anak di bawah umur 5 tahun,” kata Jha pada 2 Juni mengutip CNA Jumat (3/6/2022).

Pfizer dan mitranya BioNTech pada Rabu (1/6) menyelesaikan pengajuan mereka ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk meminta otorisasi vaksin COVID-19 mereka pada anak kecil.

Belum ada suntikan COVID-19 yang disetujui untuk anak-anak dalam kelompok usia tersebut di sebagian besar dunia. Masih belum jelas berapa banyak orangtua yang akan memvaksinasi anak-anak mereka karena permintaan pada anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun masih rendah.

Moderna pada bulan Maret merilis data uji coba yang menunjukkan formulasi dua dosis vaksinnya aman dan menghasilkan respons imun yang serupa pada anak kecil seperti pada orang dewasa.

Penasihat independen Food and Drug Administration (FDA) akan membahas dua aplikasi dalam pertemuan yang ditetapkan pada 14 hingga 15 Juni, dengan FDA diharapkan untuk membuat keputusan segera setelah itu, kata Jha.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perlu Rekomendasi CDC

AS Vaksinasi COVID Anak-Anak Usia 5-11 Tahun
Finn Washburn (9) disuntik vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech saat adiknya, Piper Washburn (6) menunggu giliran saat vaksinasi anak 5 - 11 tahun di San Jose, California, Rabu (3/11/2021). Ini menjadi langkah perdana vaksinasi Covid-19 bagi anak kecil di Amerika Serikat. (AP Photo Noah Berger)

Jha mencatat bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga perlu membuat rekomendasi jika FDA mengesahkan vaksin, dan mengatakan badan tersebut akan menetapkan tanggal untuk pertemuan komite penasihatnya "segera."

Banyak fasilitas kesehatan dapat ditutup pada 20 Juni untuk liburan Juneteenth, lanjutnya, tetapi jika FDA dan CDC menyetujui vaksin, maka vaksinasi anak-anak akan dimulai "dengan sungguh-sungguh" pada 21 Juni.

“Harapan kami dalam beberapa minggu ini setiap orangtua yang ingin anaknya divaksinasi bisa membuat janji,” katanya. "Kami akan mengirimkan dosis secepat mungkin."

Penasihat Badan Pengawas Obat dan Makanan AS akan bertemu pada bulan Juni untuk memutuskan apakah akan merekomendasikan otorisasi vaksin Moderna Inc untuk anak di bawah 6 tahun, dan vaksin COVID-19 Pfizer dan BioNTech untuk anak di bawah 5 tahun.

Moderna telah mengajukan ke FDA untuk meminta otorisasi rejimen dua dosis vaksinnya, yang disebut Spikevax, pada anak-anak usia 6 bulan hingga 6 tahun. Pfizer belum menyelesaikan aplikasi otorisasi FDA, tetapi uji klinisnya menguji tiga dosis vaksin untuk anak usia 6 bulan hingga di bawah 5 tahun.


Rencana Dosis

FOTO: Vaksinasi COVID-19 untuk Anak-Anak
Pensiunan perawat Jill Rill (kanan) membalut Jackson Stukus, 11, usai dia menerima vaksin COVID-19 Pfizer di Franklin County, Rumah Sakit Anak Nasional, Columbus, Ohio, Amerika Serikat, 3 November 2021. AS gelar vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak berusia 5-11 tahun. (AP Photo/Paul Vernon)

Moderna berencana untuk menggunakan dosis 25 mikrogram untuk kelompok anak usia 6 bulan hingga 6 tahun.

Ini lebih rendah dari 100 mikrogram yang digunakan dalam dua dosis pertama pada orang dewasa dan 50 mikrogram yang digunakan sebagai dosis penguat untuk orang dewasa yang tidak mengalami gangguan kekebalan. Dalam uji klinisnya, Moderna memberikan dua dosis dengan jarak 28 hari.

Sementara, vaksin Pfizer dan BioNTech, yang disebut pula Comirnaty, diuji sebagai formulasi 3 mikrogram pada anak di bawah 5 tahun, dibandingkan versi 10 mikrogram yang digunakan pada anak usia 5-11 dan dosis 30 mikrogram yang digunakan untuk orang berusia 12 tahun ke atas.

Dalam uji klinis mereka, anak-anak diberi dua dosis pertama sekitar tiga minggu terpisah, dengan dosis ketiga diberikan setidaknya tiga bulan setelah yang kedua.

“Versi dosis rendah diharapkan dapat mengurangi efek samping yang terkait dengan vaksin,” kata Jha.


Efektivitas dan Keamanan Vaksin

FOTO: Vaksinasi COVID-19 untuk Anak-Anak
Courtney Martin (kiri) seorang perawat di University of Washington Medical Center bersiap untuk memberikan suntikan pertama vaksin COVID-19 Pfizer kepada Ani Hahn (7) di Seattle, Amerika Serikat, 9 November 2021. AS gelar vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak berusia 5-11 tahun.(AP Photo/Ted S. Warren)

Dari sisi efektivitas, untuk vaksin Moderna dalam uji klinis yang melibatkan sekitar 6.700 anak, kemanjuran dalam mencegah infeksi simtomatik di antara anak-anak berusia 6 bulan hingga 2 tahun adalah 43,7 persen.

Sedangkan kemanjuran adalah 37,5 persen untuk anak-anak berusia 2-6 tahun.

Sedangkan, belum ada cukup kasus gejala COVID-19 di antara anak-anak dalam uji coba Pfizer-BioNTech untuk menghasilkan angka kemanjuran akhir.

Analisis awal berdasarkan 10 kasus COVID-19 bergejala yang diidentifikasi ketika varian virus Corona Omicron dominan menunjukkan kemanjuran vaksin 80,3 persen pada kelompok usia di bawah 5 tahun. Pfizer dan BioNTech berencana untuk memperbarui angka tersebut setelah setidaknya 21 anak dalam uji coba mendapatkan gejala COVID-19.

Data keamanan yang mencakup 1.678 anak-anak dalam uji coba Pfizer menunjukkan bahwa efek samping umumnya sebanding dengan yang diamati pada orang dewasa. Pfizer mengatakan memilih versi 3-mikrogram dosis rendah karena profil keamanannya.

Meskipun tidak mengungkapkan data keamanan spesifik, dikatakan vaksin pada dosis ini umumnya seaman plasebo yang digunakan dalam penelitian ini.

Data Moderna menunjukkan bahwa setiap efek samping sebagian besar ringan dan sedang, dengan suhu demam yang serupa dengan yang dialami setelah vaksinasi dengan vaksin pediatrik lainnya. Demam yang lebih besar dari 104 derajat Fahrenheit diamati pada 0,2 persen anak usia 2-6 tahun dan mereka yang berusia 2 bulan hingga 2 tahun.

Infografis Anak Indonesia Usia 6-11 Tahun Siap Terima Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Anak Indonesia Usia 6-11 Tahun Siap Terima Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya