13 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Saat Sakit Tenggorokan Menurut Pakar

Makanan adalah obat yang sangat diremehkan untuk sakit tenggorokan. Padahal makanan kaya nutrisi bisa membantu mempercepat pemulihan.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 12 Des 2022, 19:44 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi sakit tenggorokan
Ilustrasi sakit tenggorokan. Image by Anastasia Gepp from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Makanan adalah obat yang sangat diremehkan untuk sakit tenggorokan. Padahal makanan kaya nutrisi bisa membantu mempercepat pemulihan.

“Makanan padat nutrisi adalah resep dengan risiko rendah dan potensi keuntungan tinggi,” kata Cynthia Li, MD, seorang dokter penyakit dalam dan penulis Brave New Medicine.

Terutama jika Anda berhasil memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral (misalnya vitamin C dan seng) yang akan membantu Anda melawan infeksi yang menyengsarakan Anda.

“Penyebab paling umum dari sakit tenggorokan adalah infeksi virus,” kata Nate Favini, MD, kepala petugas medis di Forward. “Virus dan respons kekebalan Anda terhadap virus menyebabkan lapisan tenggorokan Anda meradang, yang menyebabkan rasa sakit.”

Anda juga harus memperhatikan COVID-19 sebagai faktor penyumbang potensial. “ Manifestasi umum COVID-19 adalah pembesaran amandel, pilek, dan infeksi saluran pernapasan atas, dan semuanya dapat menyebabkan sakit tenggorokan,” kata Michelle Pearlman, MD, seorang internis, ahli gastroenterologi, dan salah satu pendiri dan CEO Prime Institute Miami.

“Banyak virus dan bakteri dapat menyebabkan faringitis (alias sakit tenggorokan), hidung tersumbat, atau batuk, dan itu mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan pembengkakan.”

Kunjungan ke dokter mungkin diperlukan tergantung pada tingkat keparahan dan lamanya gejala, tetapi sangat penting untuk beristirahat dan tetap terhidrasi.

“Air dapat mengencerkan segala jenis sekresi lendir yang mungkin terjadi, dan juga dapat membantu menghidrasi tenggorokan dan menjaganya tetap lembap,” jelas dokter keluarga Jaclyn Tolentino, DO.

Dilansir dari Women's Health Magazine, ketika tiba saatnya Anda merasa tenggorokannya tidak nyaman, cobalah salah satu dari makanan ini untuk merasa lebih baik dan tingkatkan sistem kekebalan Anda untuk mempercepat pemulihan. Dan ya, es krim ada dalam daftar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sup ayam

Sakit tenggorokan adalah hasil dari peradangan dan dehidrasi, jelas Dr. Li. “Cairan seperti kaldu dalam sup ayam tidak hanya menggantikan air yang hilang, tetapi garam juga membantu tubuh mempertahankan cairan di dalam jaringan,” katanya. Hal yang sama berlaku untuk hampir semua kaldu, sayuran bisa digunakan jika Anda vegan.

2. Madu

Madu telah menjadi andalan dalam pengobatan sejak zaman kuno, dan untuk alasan yang baik. “Ilmu modern telah menunjukkan madu Manuka efektif melawan berbagai infeksi, baik bakteri maupun virus, termasuk yang menyebabkan flu biasa, serta beberapa spesies Strep,” kata Dr. Li.

Jangan berlebihan: "Dalam dosis yang lebih besar, kandungan gulanya dapat menekan sistem kekebalan untuk melakukan tugasnya," katanya.

3. Yoghurt

“Yoghurt adalah sumber protein, karbohidrat, dan lemak sehat yang baik, serta bakteri probiotik, kuman bermanfaat yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mencegah kuman berbahaya masuk ke dalam tubuh kita,” kata Dr. Li.

Dia mengatakan mungkin ada hubungan antara konsumsi yogurt dan penurunan tingkat infeksi pernapasan dan sakit telinga. “Selain itu, tekstur yogurt yang sejuk dan lembut menjadikannya makanan yang mudah ditelan saat tidak ada lagi yang menenangkan,” kata Dr. Li.

4. Mashed Potato

Kupas kulit kentang lalu haluskan untuk memperoleh sumber magnesium, vitamin C, dan antioksidan yang kaya, yang semuanya mendukung sistem kekebalan yang kuat. 

5. Telur

Telur memiliki tekstur yang cukup tidak berbahaya, tetapi menyiapkannya dengan orak-arik membuatnya sangat enak. Terlebih lagi, Dr. Li mengatakan telur kaya akan mineral seperti seng, besi, dan selenium, serta vitamin D dan B12, yang dapat membantu menangkis infeksi jahat yang menyebabkan sakit tenggorokan.


6. Oatmeal

Li mengatakan oatmeal kaya akan magnesium, seng, dan antioksidan, yang memulai proses detoksifikasi tubuh, kemudian membersihkan tubuh dari limbah dan infeksi.

7. Jahe

“Jahe telah ditunjukkan dalam percobaan laboratorium memiliki sifat analgesik [pengurang rasa sakit], antioksidan, dan anti-inflamasi,” kata Dr. Li. “Tampaknya juga menghambat pertumbuhan strain bakteri berbahaya tertentu.”

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Journal, kombinasi jahe dan madu terbukti lebih efektif daripada kombinasi keduanya saja. Karena banyak sakit tenggorokan disertai dengan postnasal drip, yang dapat mengiritasi perut dan menyebabkan mual, “sifat terbaik jahe, [yaitu] menangkal mual, adalah alasan kuat lainnya untuk mencobanya,” tambah Dr. Li

8. Smoothie

Smoothie adalah cara yang bagus untuk mengemas produk sayuran dan buah utuh dalam beberapa teguk. Li menyarankan untuk tetap menggunakan bahan-bahan seperti kangkung, seledri, dan beri, yang rendah gula dan tinggi antioksidan penangkal penyakit.

Alih-alih menggunakan jus jeruk sebagai bahan dasar Anda, gunakan air bersama dengan jeruk utuh atau jeruk keprok, yang mengandung serat pengatur insulin, selain vitamin C yang bernilai lebih dari satu hari.

“Untuk orang yang sakit tenggorokan akibat infeksi virus, saya sering merekomendasikan vitamin C dosis tinggi hingga 3.000 miligram setiap hari untuk meningkatkan sistem kekebalan dan membantu Anda pulih lebih cepat,” kata Dr. Favini. Poin bonus untuk tambahan es serut untuk lebih melegakan tenggorokan Anda.

9. Es Krim

Makanan dingin seperti es krim "bisa sangat baik karena membantu meredakan sakit tenggorokan dan bahkan mengurangi peradangan," kata Dr. Favini. Ingatlah untuk tidak terlalu berlebihan dengan gula.

10. Buah beri

Buah beri adalah pilihan bagus lainnya karena dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri di tenggorokan, menurut Harvard Health. Mereka juga bagus untuk dikunyah saat sakit karena rendah gula tetapi tinggi vitamin C, yang dapat membantu melawan penyakit dan memperkuat sistem kekebalan Anda, kata Dr. Pearlman.

11. Blewah

Cantaloupe tidak hanya 90% air, tetapi juga penuh dengan elektrolit yang akan membantu Anda tetap terhidrasi saat sakit. Selain itu, ini adalah buah rendah gula yang kaya akan vitamin C dan A untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan menangkal penyakit, kata Dr. Pearlman.

12. Apel

Apel merupakan makanan antiradang yang mendapat acungan jempol dari Dr. Pearlman. Karena dikemas dengan serat, vitamin C, dan antioksidan, apel dapat membantu mengurangi peradangan di tenggorokan dan mempercepat pemulihan dengan nutrisi penambah kekebalan ini.

Jika menggigit apel segar terlalu menyakitkan, Dr. Pearlman merekomendasikan untuk mencoba saus apel. Berhati-hatilah dengan tambahan gula.

 


Makanan yang Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

“Anda harus menghindari makanan yang renyah dan asam saat Anda sakit tenggorokan karena ini dapat membuat nyeri di sekitar area tenggorokan, yang awalnya sudah menyakitkan,” kata Dr. Tolentino. “Jadi hal-hal seperti kerupuk, kopi, dan alkohol semuanya terlarang.”

Seringkali makanan jenis ini juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung, yang bisa memperparah sakit tenggorokan. Makanan berlemak, berminyak, atau pedas tertentu dapat mengendurkan otot yang bertanggung jawab untuk menahan makanan dan meningkatkan produksi asam, yang menyebabkan isi yang dicerna dari perut mengalir kembali dan menyebabkan iritasi, jelas Dr. Pearlman.

Makanan pedas seperti saus dan bumbu dengan cabai dan cabai juga akan mengiritasi tenggorokan karena dapat mempengaruhi lapisan tenggorokan.

“Untuk orang dengan alergi atau refluks asam tertentu , makanan tertentu seperti susu juga dapat meningkatkan produksi lendir dan bahkan tomat untuk beberapa orang,” tambah Dr. Tolentino. Jadi ia merekomendasikan untuk menentukan penyebab sakit tenggorokan Anda sejak dini, idealnya dengan bantuan dokter.

 


Bagaimana Cara Mengobati Sakit Tenggorokan?

Ada beberapa obat alami dan obat bebas yang tersedia untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan, tetapi tidak semuanya yang paling sehat, menurut Dr. Tolentino.

“Saya tidak terlalu suka sirup obat batuk dan tablet yang dijual bebas karena menurut saya terkadang mereka menambahkan bahan lain, seperti pewarna dan pemanis buatan, yang bukan yang terbaik dan dapat menyebabkan masalah lain,” katanya. Sebagai gantinya, ia merekomendasikan pengobatan rumahan dan pilihan alami di bawah ini:

- Kumur dengan air garam: Satu sendok teh garam meja dalam air hangat, berkumur minimal dua kali sehari, adalah salah satu obat favorit Dr. Tolentino untuk sakit tenggorokan.

“Saya menemukan mereka membantu menenangkan tenggorokan karena sifat mereka yang mengeluarkan bakteri dan virus dari belakang tenggorokan. Anda merendam sel dalam air dan menarik keluar infeksi melalui osmosis,” jelasnya.

- Permen pelega tenggorokan rendah gula: “Banyak pelega tenggorokan mengandung terlalu banyak gula, tapi saya suka yang rendah gula dari Nature's Way and Thieves,” katanya. Mereka membantu mematikan rasa sakit di tenggorokan Anda untuk sementara, yang dapat memberikan kelegaan.

- Semprotan tenggorokan: Semprotan tenggorokan bekerja mirip dengan pelega tenggorokan karena biasanya mengandung agen mati rasa yang membantu mencegah rasa sakit, dan Dr. Tolentino menggunakannya secara bergantian dengan pelega tenggorokan. Dua merek yang ia rekomendasikan adalah B. Immune dan Urban Moonshine.

- Teh lemon, jahe, dan madu: "Saya suka obat ini karena teh memberikan kombinasi vitamin C yang unggul, serta sifat analgesik, antioksidan, anti-inflamasi, dan mikroba," kata Dr. Tol

Delirium, Gejala COVID-19, Gejala Baru COVID-19, Gejala Covid, Gejala Baru Covid
Infografis yang menyebut bahwa delirium merupakan gejala baru dari COVID-19, penyakit yang disebabkan Virus Corona SARS-CoV-2, tersebar di media sosial dan grup WhatsApp. (Sumber: Istimewa)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya