WHO Lagi-Lagi Minta China Bagikan Data COVID-19 yang Akurat

WHO kembali meminta China untuk membagikan data COVID-19 yang akurat.

oleh Diviya Agatha diperbarui 05 Jan 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2023, 17:00 WIB
Hadapi Lonjakan Kasus Covid, China Perbanyak Fasilitas ICU
Seorang perempuan mengumpulkan kit antigen COVID-19 dari seorang pekerja di apotek di Beijing, Minggu (11/12/2022). Sejumlah kota besar mulai membatalkan kendali antivirus dari kebijakan nol-Covid negara tersebut sejak pekan lalu karena protes massa. (AP Photo/Andy Wong)

Liputan6.com, Jakarta China tengah mengalami lonjakan kasus COVID-19, bahkan prediksinya mencapai 4,2 juta per hari pada Maret 2023. Bersamaan dengan itu, pihak Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menilai China tidak menampilkan data COVID-19 yang akurat.

Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus lagi-lagi meminta China untuk menyampaikan data yang cepat dan akurat tentang situasi COVID-19 di sana. Termasuk soal angka rawat inap, kematian, dan sekuensing yang lebih komprehensif dan real-time.

"Kami terus meminta pada China untuk data yang lebih cepat, sesuai, dan dapat dipercaya soal rawat inap dan kematian. Serta, pencatatan kasus yang real-time dan lebih komprehensif," ujar Tedros mengutip laman United Nations, Kamis (5/1/2023).

Tedros menambahkan, pihak WHO sebenarnya mengerti bahwa beberapa negara memang punya kebijakan dan langkah tersendiri yang bisa melindungi warganya. Namun, data yang komprehensif juga dibutuhkan.

Begitupun menurut Direktur Kedaruratan WHO, Dr Mike Ryan. Dalam keterangan terbaru, Ryan menekankan pentingnya lebih banyak informasi dari otoritas kesehatan China.

Ryan mengakui adanya kesulitan pada semua negara soal pencatatan terkait COVID-19. Termasuk soal data yang ada di rumah sakit dan pasien di ICU. Namun, ia menilai bahwa data yang diberikan China tidak cukup mewakili.

"Kami percaya bahwa angka yang saat ini diterbitkan dari China kurang bisa mewakili dampak sebenarnya dari penyakit tersebut dalam hal penerimaan rumah sakit, ICU, dan khususnya dalam hal kematian," ujar Ryan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Definisi Kematian Pemerintah China Terlalu Sempit

Rumah Sakit di China Mulai Kewalahan Akibat Lonjakan COVID-19
Pasien Covid-19 di tempat tidur di Rumah Sakit Tianjin Nankai di Tianjin (28/12/2022). Kota-kota di seluruh China berjuang melawan lonjakan infeksi, mengakibatkan kekurangan obat-obatan dan bangsal rumah sakit serta krematorium yang meluap setelah Beijing tiba-tiba membongkar kuncian nol-Covid dan rezim pengujian. (AFP/Noel Celis)

Lebih lanjut Mike mengungkapkan bahwa definisi kematian yang diterapkan oleh pemerintah China saat ini masih terlalu sempit. Sehingga pihak WHO masih belum memiliki data yang lengkap soal situasi di China.

"Kami masih belum memiliki data yang lengkap," kata Ryan mengutip ABC News.

Pada akhir bulan lalu, negara dengan penduduk 1,4 miliar tersebut mempersempit definisi untuk mengklasifikasikan kematian terkait COVID-19. Mereka hanya menghitung kematian yang melibatkan pneumonia akibat COVID-19, yang cukup membuat para pakar di dunia kesehatan terheran-heran.

WHO mengatakan bahwa kematian seharusnya dikaitkan dengan COVID-19 pada pasien yang kemungkinan terinfeksi atau dinyatakan positif. Serta, tidak ada penyebab kematian lainnya yang terkait seperti pneumonia yang terlibat.


Keprihatinan WHO pada China

Akibat Lockdown, Pekerja Tinggalkan Zona Industri Kota Zhengzhou di China
Pekerja dengan pakaian pelindung mendaftarkan orang untuk tes COVID-19 di tempat pengujian virus corona di Beijing, Rabu (2/11/2022). Para pekerja iPhone Apple Inc meninggalkan pabrik karena lokasinya berada dalam zona industri Kota Zhengzhou yang sedang diberlakukan lockdown setelah adanya 64 laporan kasus virus corona di kawasan tersebut. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Dalam kesempatan yang sama, Tedros pun kembali mengungkapkan keprihatinan terkait kondisi COVID-19 di China. Tak lupa Tedros juga mengangkat kembali pentingnya vaksinasi terutama untuk dosis booster bagi kelompok rentan.

WHO sendiri telah mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan otoritas China dalam seminggu terakhir untuk membahas peningkatan kasus dan rawat inap di sana.

Pihak Technical Advisory Group on Virus Evolution (TAG-VE) yang bertemu dengan pakar kesehatan di China diketahui sudah membahas situasi di sana.

Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar virus yang ada di China adalah BA.5.2 dan BF.7. Kedua varian Omicron tersebut menyumbang 97,5 persen dari kasus keseluruhan.

"Varian ini telah diketahui dan telah menyebar di negara lain, dan saat ini belum ada varian baru yang dilaporkan oleh CDC China," ujar TAG-VE dalam pernyataannya.


Kasus yang Dilaporkan Kebanyakan Infeksi Lokal

Guangzhou Alami Lonjakan Kasus COVID-19
Seorang wanita menjalani swab tenggorokan untuk tes COVID-19 di tempat pengujian virus corona di Beijing, Rabu (9/11/2022). Lonjakan kasus COVID-19 telah mendorong penguncian di pusat manufaktur China selatan Guangzhou, menambah keuangan tekanan yang telah mengganggu rantai pasokan global dan secara tajam memperlambat pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia itu. (Foto AP/Mark Schiefelbein)

Sejauh ini, terdapat setidaknya 773 sekuensing dari China yang telah diserahkan ke GISAID. Kebanyakan kasus yang terjadi di sana disumbang oleh infeksi lokal yakni sebesar 95 persen dan berasal dari garis keturunan Omicron BA.5.2 dan BF.7.

"Ini sejalan dengan hasil genom pelancong dari China yang dimasukkan ke database GISAID EpiCoV oleh negara lain. Tidak ada varian baru atau mutasi signifikansi yang diketahui dicatat dalam data sekuens yang tersedia,” kata pernyataan itu.

Infografis Covid-19 Melonjak, China Bebaskan Warga Melancong, Italia Kena Getahnya
Infografis Covid-19 Melonjak, China Bebaskan Warga Melancong, Italia Kena Getahnya (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya