Tahun Baru Imlek 2023, Tahunnya Kelinci Air yang Tenang dan Penuh Pengharapan

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Minggu 22 Januari 2023 dinobatkan sebagai tahunnya para Kelinci, terutama Kelinci Air.

oleh Diviya Agatha diperbarui 09 Jan 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2023, 11:00 WIB
[Fimela] Tahun Baru Imlek 2023
Ilustrasi Tahun Baru Imlek 2023 | unsplash.com/@good_citizen

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Tahun Baru Imlek sudah semakin dekat. Tak sampai dua minggu lagi, masyarakat Tionghoa dan keturunannya akan saling berjumpa dengan sanak saudara untuk memulai tahun baru ini secara resmi.

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Minggu 22 Januari 2023 dinobatkan sebagai tahunnya para Kelinci, terutama Kelinci Air. Secara historis, kelinci terkenal dengan kelembutannya diantara 12 hewan lainnya yang ada dalam daftar zodiak Cina atau yang lebih dikenal dengan sebutan shio.

Mengutip laman Japan Times, Senin (9/1/2023), tahun 2022 kehidupan ditandai dengan kekuatan, vitalitas, dan pertumbuhan yang ditopang dengan dinamisme macan. Hal tersebut lantaran tahun 2022 memang merupakan tahunnya mereka yang bershio Macan.

Hal tersebutlah yang membuat Anda mungkin bisa merasakan bahwa tahun 2022 adalah tahun yang cepat, berat, dan sibuk. Nah, berbeda dengan Tahun Kelinci kali ini yang diasosiasikan dengan relaksasi, ketenangan, dan kontemplasi.

Tahun 2023 dianggap sebagai kesempatan untuk melakukan perenungan, istirahat, dan pemeliharaan tubuh serta jiwa dalam upaya memberikan keseimbangan.

"Tahun Kelinci ini menawarkan lebih dari sekadar waktu henti dari dampak harimau yang galak, kuat, dan perkasa," kata astrolog China dan negara Barat yang menetap di Hong Kong, Jupiter Lai.

"Kelinci itu lembut, pendiam, jinak, halus, dan baik hati. Namun ia bergerak dengan cepat dan sangat pintar,” sambungnya.

Kelinci sendiri tidak hanya memiliki banyak ide tetapi juga mudah beradaptasi dengan lingkungan yang bergerak sangat cepat. Dari sanalah, kelinci selalu punya kemungkinan melindungi dirinya sendiri saat bahaya dan situasi tidak menguntungkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2023, Tahun dengan Ketenangan dan Kelembutan

Ilustrasi kelinci
Ilustrasi kelinci (Sumber: Pixabay)

Lai mengungkapkan bahwa energi tahun 2023 secara keseluruhan adalah ketenangan dan kelembutan. Menurutnya, masyarakat akan merasa kehidupan lebih seimbang pada tahun ini.

"Mungkin akan ada juga lebih banyak pergerakan dan perjalanan, seperti kelinci yang gesit," ujar Lai.

"Namun di Tahun Kelinci, Anda mungkin akan tidak sadar bagaimana setiap momen yang berjalan saling terhubung dengan momen berikutnya. Tapi Anda bisa menyadari prioritas Anda dan dapat menghindari gangguan untuk tetap fokus pada tujuan," tambahnya.

Pendapat selaras diungkap oleh astrolog, Cathryn Moe. Menurut Cathryn, Tahun Baru Imlek 2023 akan membawa gelombang ketenangan, kepercayaan diri, dan kemudahan.

"Pendekatan lembut di Tahun Kelinci ini akan menenangkan pasang surut Tahun Macan pada tahun lalu. Bahkan dalam menghadapi rintangan di tahun 2023, orang akan mendapatkan banyak manfaat dari keteguhan hati kelinci untuk mengatasinya," kata Moe.


Tahun Kelinci Air yang Lebih Mengalir

Ilustrasi Imlek
Ilustrasi Imlek (dok. pexels)

Lebih lanjut Moe mengungkapkan bahwa karena tahun 2023 adalah tahun Kelinci Air, hari-hari yang berjalan akan terasa cair pula seperti air yang mengalir.

"Bagi orang-orang yang terbiasa membuat dan mengikuti rencana tetap, tahun yang akan datang ini akan membuat Anda lebih bisa melunakkan jadwal, yang mungkin butuh periode penyesuaian sampai orang selaras dengan naluri kelinci mereka," ujar Moe.

Dalam hal kesuksesan karier dan finansial tahun 2023, para astrolog menyarankan rencana perbaikan itu dimulai pada awal tahun. Sedangkan tindakan untuk mendukungnya dapat dimulai per bulan Februari 2023 mendatang.

Begitupun dalam hal sosial dan percintaan. Tahun Kelinci menawarkan peluang karena kelinci sebenarnya merupakan makhluk sosial dan penyayang dalam astrologi China.

"Simbolnya daya tarik dan popularitas. Jadi investasikan lebih banyak waktu untuk membangun jejaring sosial dan berteman. Itu akan bermanfaat di tahun 2023," ujar Lai.


Diprediksi sebagai Tahun Penuh Pengharapan

Ilustrasi Imlek
Barongsai jadi salah satu tradisi dalam Imlek (dok.Pexels/Vladislav Vasnetsov)

Dalam budaya Tiongkok, kelinci adalah yang paling beruntung dari 12 hewan zodiak dan melambangkan energi, keanggunan, dan keindahan. Pada cerita rakyat Korea, kelinci ditampilkan sebagai sosok yang pendiam, pintar, subur, dan sejahtera.

Oleh karena itu, Tahun Kelinci ini juga diharapkan dapat memperkuat ikatan dengan orang-orang terkasih dan memperluas hubungan pertemanan, keluarga, dan kolega. Bahkan, tahun 2023 dianggap menguntungkan untuk membangun sebuah keluarga.

"Dalam hal cinta dan hubungan, para lajang mungkin memiliki lebih banyak kesempatan untuk bertemu potensi hubungan baru, dan mereka yang sudah terikat juga dapat meningkatkan hubungan mereka,” kata Lai.

Sebagai kesimpulannya, Tahun Kelinci diprediksi menjadi tahun penuh harapan. Lagi-lagi, karena Kelinci dikaitkan pula dengan kedamaian, kemakmuran, dan umur panjang terutama di negara-negara Asia.

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek
Tradisi-tradisi saat perayaan Tahun Baru Imlek (dok.Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya