Viral Pemuda Pekanbaru Punya Tangan Besar Seperti Popeye, karena Ayah Langgar Larangan Saat Ibu Hamil?

Pemuda asal Pekanbaru viral di media sosial. Pemuda tersebut mempunyai dua lengan besar yang menjadikan sosoknya bak tokoh kartun Popeye Sang Pelaut.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 24 Apr 2023, 22:11 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2023, 22:11 WIB
Pemuda bertangan besar
Melalui akun TIkTok @vandaengsaputra, pemuda Pekanbaru tersebut menjelaskan asal mula tangan besar seperti Popeye yang dimilikinya. (Foto: TikTok @vandaengsaputra)

Liputan6.com, Jakarta - Pemuda asal Pekanbaru viral di media sosial. Pemuda tersebut mempunyai dua lengan besar yang menjadikan sosoknya bak tokoh kartun Popeye Sang Pelaut. Banyak warganet bertanya-tanya apa penyebab pemuda Pekanbaru itu bisa mempunyai lengan dan tangan besar.

Melalui akun TIkTok @vandaengsaputra, pemuda tersebut menjelaskan asal mula tangan besar yang dimilikinya. Menurut penuturannya, dua lengan besarnya berkaitan denga suatu peristiwa saat dia masih dalam kandungan sang ibu.

"Inilah kisah saya. Sewaktu saya masih di dalam kandungan, ayah pernah memukul dan membunuh seekor ketam atau kepiting yang sangat besar," ujar sang pemuda dalam video tersebut.

Sang pemuda memahami bahwa kisahnya memiliki tangan besar berkaitan dengan mitos bahwa seseorang tidak boleh membunuh hewan saat istri sedang hamil.

"Mitosnya, membunuh hewan pada saat istri sedang hamil itu tidak boleh," tuturnya.

Berat Lahir 1,5 Kg dan Kedua Tangan Belum Membesar

Pemuda punya tangan besar itu melanjutkan, berat badannya sangat kecil ketika dilahirkan.

"Setelah dibedong dengan kain berat cuma 1,5 kg. Sangat kecil."

Bahkan sang nenek membandingkan besar tubuh cucunya dengan sebuah botol.

"Kata nenek, ukurannya cuma sebesar botol," ucap pemuda.

Dikhawatirkan Tidak Bisa Bertahan Hidup

Tak hanya itu, bayi pemuda asal Pekanbaru itu pun dikhawatirkan tidak akan bisa bertahan hidup karena sempat menghirup air ketuban.

"Alhamdulillahnya masih bisa diselamatkan," tutur si pemuda.

Namun, karena ukuran tubuh dan mulutnya kecil, semasa bayi, pemuda yang kini punya lengan bak Popeye itu minum ASI dengan alat bantu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berat Badan Meningkat Pesat Setelah Usia 15 Hari

Pemuda bertangan besar
Saat dilahirkan, kedua tangan dan lengan pemuda ini seperti bayi pada umumnya. (Foto: TikTok @vandaengsaputra)

Pemuda itu pun bercerita, ukuran tangannya masih normal ketika dia dilahirkan. Ketika usianya 15 hari, dia pun dibawa ke bidan untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

Mengejutkan, berat badannya meningkat lebih dari dua kali lipat dari sebelumnya saat ditimbang.

"Semua kaget karena dari berat 1,5 kg, usia 15 hari menjadi 4 kg."

Semuanya menjadi lebih terkejut ketika bedong bayi pemuda itu dibuka. "Bahkan bidan tempat saya berobat berteriak karena melihat tangan saya yang besar," cerita akun TikTok vandaengsaputra.

Menurutnya, sang nenek yang memandikan dan merawat setiap hari tidak sadar dan tidak tahu sejak kapan tangan cucunya menjadi besar. 

 


Terbiasa dengan Ejekan

Namun, karena berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di kampung, pemuda vandaengsaputra mengaku tidak bisa memeriksakan kondisinya ke rumah sakit atau dokter spesialis.

"Hanya bisa diperiksakan ke bidan. Katanya kondisi tangan normal, cuma ukurannya yang besar," kata vandaengsaputra.

Karena ukuran tangannya yang tak biasa itu, pemuda vandaengsaputra terbiasa menerima ejekan sedari kecil.

"Ejekan sudah biasa saya dengarkan setiap hari. Saya bersyukur mempunyai keluarga yang mengajarkan saya tetap untuk bersikap baik."

Berbagai julukan pun kerap ditujukan pada sosok pemuda 24 tahun ini, mulai dari Popeye, Hulk, hingga Si Manusia Kepiting. Kini berbagai julukan itu tak lagi mengusiknya. 

"Dewasa ini panggilan itu bukanlah masalah bagi saya, selagi itu bukan perkataan buruk," katanya dalam salah satu unggahan TikTok. 

Kini, akun TikTok @vandaengsaputra memiliki lebih dari 38 ribu pengkut dan mengumpulkan sekitar 1,2 juta likes. Dia kerap membagikan kesehariannya yang menjadi unik lantaran punya dua lengan dan tangan besar. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya