Penjelasan KAI Commuter Line Soal Ibu Nyaris Buang Bayi di Stasiun, Ini Fakta dan Kronologinya

Pihak KAI Commuter Line angkat bicara soal insiden ibu nyaris buang bayi di stasiun yang viral. Ternyata, begini fakta dan kronologi yang terjadi di Stasiun Pasar Minggu.

oleh Diviya Agatha diperbarui 05 Sep 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2023, 15:00 WIB
Viral Ibu Nyaris Buang Bayi di Stasiun
Ibu nyaris buang bayi di stasiun viral, diduga tengah mengalami baby blues. (Sumber: TikTok @akaross_)

Liputan6.com, Jakarta - Cuplikan video ibu nyaris buang bayi di stasiun viral selama dua hari belakangan. Tak sedikit yang menyebut sang ibu diduga mengalami baby blues dan berniat ingin mencelakakan bayinya.

Berkaitan dengan hal ini, pihak KAI Commuter sudah angkat bicara. Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan menuturkan jikalau insiden viral itu terjadi pada Sabtu, 2 September 2023 lalu.

Leza mengungkapkan bahwa petugas keamanan di stasiun hanya berupaya untuk mengamankan kejadian yang menyangkut keamanan penumpang. Namun, setelah kejadian, petugas turut mengonfirmasi ibu yang bersangkutan.  

"Setelah petugas kami menggagalkan aksi ibu tersebut, tentu kami mengonfirmasi. Konfirmasi apa yang sebenarnya terjadi. Kenapa ibu itu mau melakukan bunuh diri, melempar anaknya, atau segala bentuk yang beredar," ujar Leza saat dihubungi Health Liputan6.com, Selasa (5/9/2023).

Masalah Keluarga Jadi Pemicu

Menurut Leza berdasarkan konfirmasi yang dilakukan, sang ibu mengaku memiliki masalah keluarga. Sehingga ingin melakukan percobaan bunuh diri, bukan ingin semata-mata membuang bayinya.

"Memang ada masalah keluarga. Jadi memang ibu itu mau melakukan percobaan bunuh diri," kata Leza.  

Leza mengungkapkan bahwa benar ibu yang bersangkutan sebenarnya tengah bersama suaminya saat kejadian untuk melakukan perjalanan menggunakan Commuter Line.

"Sebelumnya pengguna tersebut bersama dengan suaminya hendak melakukan perjalanan Commuter Line. Setelah ditinggal untuk membeli minuman oleh suaminya, pengguna tersebut terlihat berdiri di pinggir peron jalur dua Stasiun Pasar Minggu dengan menggendong anaknya," ujar Leza.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Petugas Bertindak Usai Lihat Posisi yang Membahayakan

Viral Ibu Nyaris Buang Bayi di Stasiun
Ibu nyaris buang bayi di stasiun viral, diduga tengah mengalami baby blues. (Sumber: TikTok @akaross_)

Lebih lanjut Leza mengungkapkan bahwa petugas keamanan yang berdinas di peron satu dan dua Stasiun Pasar Minggu mengamankan ibu yang bersangkutan. Sebab, sang ibu berada di posisi yang membahayakan keselamatannya.

"Petugas mengamankan dan membawa pengguna tersebut ke pos pengamanan stasiun untuk dimintai keterangan," kata Leza.

"Dari hasil keterangan tersebut, diduga karena terdapat masalah keluarga pengguna tersebut berniat untuk melakukan percobaan bunuh diri dengan cara melompat ke rel kereta saat Commuter Line melintas," sambungnya.


Ibu Minta Maaf, Khilaf Ingin Bunuh Diri

Viral Ibu Nyaris Buang Bayi di Stasiun
Ibu nyaris buang bayi di stasiun viral, diduga tengah mengalami baby blues. (Sumber: TikTok @akaross_)

Reza menuturkan bahwa dari hasil mediasi yang dilakukan antara petugas KAI Commuter dengan ibu yang bersangkutan, dirinya memohon maaf karena khilaf.

"Pengguna tersebut memohon maaf karena khilaf dan mencoba untuk mengakhiri hidupnya. Petugas KAI Commuter juga memberikan himbauan kepada yang bersangkutan untuk tidak mengulangi tindakan yang dapat membahayakan keselamatan," ujar Leza.

Leza menambahkan, pihak KAI Commuter turut mengajak seluruh pengguna agar selalu menjaga keselamatan dalam menggunakan Commuter Line.


Imbauan KAI Commuter Line terkait Keamanan

Viral Ibu Nyaris Buang Bayi di Stasiun
Ibu nyaris buang bayi di stasiun viral, diduga tengah mengalami baby blues. (Sumber: TikTok @akaross_)

Leza mengungkapkan bahwa sebaiknya seluruh pengguna KAI Commuter Line selalu berdiri di garis aman peron.

Serta, segera melapor jikalau melihat ada hal yang mencurigakan.

"Selalu berdiri dibelakang garis aman di peron saat menunggu perjalanan kereta. KAI Commuter juga mengajak seluruh pengguna untuk tetap memperhatikan situasi di sekitar mereka, segera laporkan ke petugas jika melihat hal-hal yang mencurigakan," pungkas Leza.

Infografis Journal
Infografis Journal: Jumlah Penumpang KRL di Jabodetabek Tahun 2010-2021 (Liputan6.com/Trie Yasni)

Kontak Bantuan

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

  

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya