Kejutan Para Chef di Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN, Sajian Bertemakan Nusantara on The Forest

Sajian Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN bertemakan 'Nusantara on The Forest.'

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 07 Sep 2023, 10:14 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2023, 16:00 WIB
Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Para chef akan menyajikan sajian Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN bertemakan 'Nusantara on The Forest.' (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Para chef bersiap memberikan kejutan dalam Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN yang akan digelar pada Rabu (6/9/2023) di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Peninjauan persiapan Gala Dinner KTT ASEAN dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan juru masak Arnold Poernomo.

Jokowi dan Retno Marsudi mengecek makanan yang nantinya akan dihidangkan bagi seluruh tamu KTT ASEAN 2023.

"Untuk mendapatkan inspirasinya, kan kita sudah ada temanya 'Nusantara on The Forest', tapi untuk inspirasi setiap hidangannya itu kita lempar untuk setiap tim menyediakan menunya," terang Chef Arnold Poernomo dalam tayangan video Sekretariat Presiden, Rabu (6/9/2023).

"Request-nya itu adalah makanan dengan tampilan mewah, megah, serta nikmat."

Chef Muda Diberi Panggung

Arnold menuturkan, tim chef yang dibawanya, termasuk para chef yang terdiri dari chef-chef muda. Mereka akan diberikan panggung untuk menunjukkan kemampuan dalam helat acara Gala Dinner KTT ASEAN.

"Yang pasti chef-chef muda seperti teman-teman kami yang ada di sini, akan diberi panggung di acara internasional KTT ASEAN ini dengan makanan Indonesia dan juga setiap teman-teman yang ada di sini untuk showcase culinary skill dengan acara yang luar biasa ini," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masakan Indonesia Bisa Go International

Pada video yang sama juga ada penuturan dari Chef Degan Saptoadji yang menjadi salah satu chef pada sesi Gala Dinner KTT ASEAN 2023.

"Kita ingin menunjukkan masakan Indonesia sekarang sudah bisa go international," tuturnya.

Sajian yang akan disajikan kepada tamu-tamu negara pun tetap otentik.

"Dari segi rasanya tetap rasa otentik, dan dari segi tampilan serta teknik masaknya harus bisa sama dengan standar internasional,” sambung Degan.


Masakan Indonesia Pantas Bersaing di Dunia

Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN
Para chef akan menyajikan sajian Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN bertemakan 'Nusantara on The Forest.' (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pada kesempatan itu, Chef Degan Saptoadji berharap para kepala negara yang hadir dan juga sederet tamu penting perhelatan KTT ke-43 ASEAN 2023 dapat menerima dengan baik masakan Indonesia.

“Semoga tamu-tamu yang hadir di KTT ASEAN ini bisa melihat bahwa masakan Indonesia ini sangat pantas untuk bersaing di dunia dan memang sudah waktunya makanan kita itu mendunia,” pungkasnya.

Pemimpin Negara yang Hadir

Adapun para pemimpin negara yang sudah hadir di Jakarta adalah Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone, PM Kamboja Hun Manet, Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan, dan Presiden Filipina Ferdinan Marcos Jr.

Kemudian, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Timor Leste Xanana Gusmao, PM Kepulauan Cooks Mark Brown, Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin, dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Lalu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri China Li Qiang, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.


Sterilisasi Ruas Jalan Menuju Hutan Kota GBK

Gala dinner atau jamuan makan malam para kepala negara dan tamu-tamu VVIP delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN akan berlangsung di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta pada Rabu (6/8/2023) malam.

Lokasinya berada di dalam kawasan Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun melakukan sterilisasi di beberapa ruas jalan menuju ke lokasi sejak Rabu pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB dilanjutkan kembali sampai pukul 22.00 WIB.

"Jadi mulai 16.00 WIB sampai selesai acara gala dinner ke plataran akan disterilkan, mungkin sampai jam 22.00 WIB," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, Selasa (5/9/2023).

Pengalihan Kendaraan

Latif menerangkan, pihaknya melakukan sterilisasi di ruas Jalan mulai dari arah Semanggi sampai Bundaran Senayan. Skenario rekayasa arus lalu lintas telah disiapkan.

Kemudian, kendaraan dari arah Jalan Gatot Subroto yang mau belok kiri masuk Sudirman-Thamrin dialihkan lewat Slipi atau diluruskan. Begitu juga dari Sudirman-Thamrin yang mau masuk ke arah Semanggi akan dibelokkan masuk ke kuningan atau ke arah timur.

Sementara itu, kendaraan dari arah Slipi yang akan ke arah selatan diputarkan ke kiri, yaitu dari Semanggi ke arah utara.

"Jadi mulai 16.00 WIB sampai selesai acara gala dinner ke plataran, jalur ini steril," ujar dia.

Infografis Ragam Tanggapan KTT ASEAN Ke-43 2023 Digelar di Jakarta. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan KTT ASEAN Ke-43 2023 Digelar di Jakarta. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya