Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024: 4 Tips agar Bisa Seimbangkan Pekerjaan denga Kehidupan Pribadi

Hari Kesehatan Mental Sedunia ingatkan pentingnya menjaga kesehatan mental di tempat kerja. Salah satunya soal keseimbangan antara kehidupan bekerja dan personal.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 10 Okt 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2024, 10:00 WIB
Potret Para Karyawan Saat Work From Home
Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024 Ingatkan tentang Kesehatan Mental di Tempat Kerja. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Pada tahun ini tema yang diambil tentang kesehatan mental di tempat kerja yakni "Saatnya Memprioritaskan Kesehatan Mental di Tempat Kerja". Kampanye ini bertujuan untuk mengadvokasi kesehatan mental di tempat kerja.

Psikolog klinis Fifi Pramudika mengatakan bahwa kunci untuk bisa memiliki kesehatan mental yang sehat adalah bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan personal.

"Pekerja dapat menerapkan strategi personal untuk menyeimbangkan antara kinerja dengan kehidupan pribadi," kata Fifi bersama Kementerian Kesehatan jelang Hari Kesehatan Mental Sedunia pada Rabu, 9 Oktober 2024.

1. Melakukan Perawatan Diri

Fifi mengungkapkan bahwa di ruang konseling kerap menemukan pekerja yang kehidupannya hanya bekerja. Banyak pekerja melupakan kesenangan untuk diri sendiri seperti melakukan hobi dan hal-hal lainnya.

"Sering saya temukan di ruang konseling, punya hobi apa? Dijawab enggak ada. Sehingga rutinitas berangkat ke kantor terus bekerja lalu jam 18 sudah kembali ke rumah, scroll handphone sebentar lalu tidur. Begitu terus tiap hari," kata psikolog yang mengenyam pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Fifi pun mengatakan bahwa merawat diri adalah hal penting melakukan hobi yang disuka seperti berolahraga, bermain musik, atau jalan-jalan.

"Olahraga, main, itu penting banget. Kan kita kerja itu tegang ya membutuhkan aktivitas untuk melepaskan ketegangan itu dengan melakukan hal disuka," katanya.

 

2. Menentukan Skala Prioritas

Fifi menyarankan bahwa skala prioritas itu bisa berubah. Misalnya di satu waktu fokus pada karier tapi di satu waktu ada kondisi yang perlu memprioritaskan untuk keluarga misal karena anak sakit atau menjaga orangtua yang masuk rumah sakit.

"Hidup itu perlu seimbang, kalau tidak seimbang itu biasanya muncul gejala. Misalnya jadi sakit atau tidak bisa optimal saat bekerja atau tidak achieve target. Bisa juga gejala itu muncul dalam relasi dengan keluarga seperti ada gesekan dengan pasangan atau anak," katanya."Jadi penting untuk mencari titik seimbang."

 

3. Mencari Dukungan Sosial

Saat bekerja maupun di rumah perlu bersosialisasi. Fifi mengatakan kehadiran dukungan sosial seperti dari teman dan keluarga itu penting karena bisa menguatkan kita.

4. Menerapkan Batasan yang Sehat

Fifi menyarankan pekerja untuk memiliki jadwal bekerja atau mengeset jam bekerja. Lalu, penting juga untuk membatasi pekerjaan, misalnya sesudah jam 18 hingga 7 pagi tidak lagi membahas pekerjaan.

"Jangan terus-terusan bekerja, kita harus recharge untuk mengisi baterai kita kan sudah seharian bekerja, bekerja kan capai ya," ungkap Fifi.

Bila perlu membedakan alat komunikasi untuk bekerja dengan yang bukan.

"Biasanya kalau buka aplikasi pesan jadi ingat pekerjaan, dengan alat komunikasi yang berbeda bisa membantu mengondisikan lingkungan kita yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi," katanya.

Mimpi - Vania
Ilustrasi Perempuan Bekerja/https://www.freepik.com/jcomp 
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya