Jangan Salah, Jamu Juga Bisa Sebabkan Kematian, Lho!

Obat tradisional seperti jamu dapat menyebabkan risiko kematian jika penggunaannya salah.

oleh Kusmiyati diperbarui 08 Nov 2013, 11:30 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2013, 11:30 WIB
jamu-mematikan-131108a.jpg

Obat tradisional seperti jamu dapat menyebabkan risiko kematian jika penggunaannya salah. Jadi Anda harus memahami sifat dan tanaman dan hati-hati dalam memilih jamu.

"Jamu memang bermanfaat bagi kesehatan namun jika salah bisa bahaya. Misalkan mencampur bahan jamu dengan bahan jamu lainnya yang tidak serupa itu tidak dianjurkan atau makanan yang mengandung senyawa tertentu," ujar Ketua Unit Pengobatan Integratif Rumah Sakit Darmais, dr. Akdrib Nelwan, Sp.AK., MARS., M.Kes., M.Biomed saat acara Pembinaan Terhadap Pelaku Usaha Jamu Racikan dan Jamu Gendong, ditulis Jumat (8/11/2013).   Menurut dr. Aldrin jamu bisa menyebabkan kalium pada tubuh terkuras sehingga badan menjadi lemas dan terjadi kontraksi otot yang berlebihan.

"Jamu bisa menguras kalium jika seseorang minum jamu kumis kucing dengan makanan yang mengandung kalium atau bawang putih dengan kurkumin yang berpengaruh pada enzim tubuh," kata dr. Aldrin.

Dr. Aldrin mengharapkan masyarakat memahami dengan benar obat-obatan tradisonal seperti jamu. "Masyarakat harus mengerti dulu obat tradisional itu apa dan manfaatnya bagaimana serta paham pencampurannya, agar tidak terjadi kesalahan," ujarnya.

Selain memahami sifat dan kerja jamu, masyarakat juga perlu berhati-hati dalam memilih jamu. "Kini banyak juga pedagang yang ingin instan sehingga mencampurnya dengan bahan kimia obat. Itu bahaya jadi hati-hati. Memang masih banyak yang jujur, tapi bersikap waspada tidak ada salahnya."

(Mia/Abd)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya