Debat Capres Keempat Pilpres 2019, Berikut 5 Fakta Menariknya

Kamu selalu nonton debat capres kan?

oleh Tyas Titi Kinapti diperbarui 28 Mar 2019, 12:35 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2019, 12:35 WIB
Peluk Hangat Jokowi - Prabowo Akhiri Debat Perdana Pilpres 2019
Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat capres (calon presiden) keempat Pilpres 2019. Debat capres keempat akan digelar pada Sabtu, 30 Maret mendatang. Dua capres yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto sudah siap mengikuti debat capres.  

Dari tiga rangkaian debat Pilpres yang sudah diselenggarakan, tentunya memiliki tema yang berbeda pada setiap debatnya. Tujuannya, agar para masyarakat lebih mengetahui visi-misi serta program yang akan diberikan oleh calon presiden dan wakil presiden.

Dalam debat keempat kali ini hanya memiliki beberapa perbedaan dengan debat sebelumnya.  Berikut beberapa 5 fakta menarik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/3/2019) tentang debat capres keempat.


Tema Debat

Keakraban Jokowi dan Prabowo Usai Debat Kedua Pilpres
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersalaman usai debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jika pada putaran kedua ini debat capres  mengangkat tema energi dan pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Pada Tema debat keempat mengangkat tema ideologi, pemerintahan, keamanan serta hubungan internasional.

Sama dengan debat sebelumnya memiliki 6 segmen. Pada segmen pertama adalah penyampaian visi-misi, sementara segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis. Selanjutna segmen keempat merupakan debat ekploratif. Segmen kelima menjadi ajang kedua kandidat saling mengajukan pertanyaan bebas yang mengacu pada tema. Ditutup dengan segmen keenam yang merupakan pernyataan penutup dari kedua kandidat.

Beberapa stasiun televisi yang  menyelenggarakan debat  adalah Metro TV, SCTV, dan Indosiar. Debat Capres keempat ini akan digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3) mendatang.


2. Dipandu oleh Retno Pinasti dan Zulfiqar Naghi.

Pakta Integritas Debat Pilpres 2019
Moderator debat keempat Pilpres 2019, Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi saat acara penandatanganan pakta integritas debat keempat Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu (27/3). KPU bersama seluruh panelis dan moderator debat Pilpres 2019 keempat menandatangani pakta integritas. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berbeda dengan debat sebelumnya yang dipandu oleh Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas, pada debat keempat kali ini dipandu oleh Retno Pinasti dan Zulfiqar Naghi.

Retno Pinasti adalah pembawa berita SCTV ini lahir di alumni universita UGM, Yogyakarta. Pada tahun 2014, wanita dengan potongan rambut sebahu ini pernah memperoleh penghargaan Best Talkshow Presenter Nominee dalam KPI Awards.

Sedangkan Zulfiqar Naghi adalah presenter berita FOKUS Indosiar. Ia mengawali kariernya sebagai model, bintang iklan hingga pemain sinetron sebelum akhirnya terjun ke dunia berita.Tahun 2013 ia bergabung dengan Indosiar dan membuat program Jeng Patrol yang kini hadir sebagai salah satu program unggulan di News Indosiar.


3. Debat eksploratif memiliki 8 menit

Seperti dengan debat sebelumnya yang terdiri dari enam segmen, namun pada debat kali ini terdapat perubahan waktu yang berbeda dengan waktu sebelumnya.

Pada debat segmen empat dan lima, dimana KPU menyebutnya sebagai sesi debat eksploratif memiliki waktu delapan menit. Hal ini akan diatur oleh moderator dengan cara membagi waktu bagi setiap kandidat berbicara.

Mekanisme ini diterapkan agar setiap kandidat memiliki kesempatan sama dalam mengemukakan pendapat, sehingga tidak ada kandidat yang kurang memiliki waktu dalam menjawab.

Berikut pembagian segmen pada debat keempat. Segmen pertama adalah segmen penyampaian visi-misi, sementara segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis.

Selanjutnya segmen keempat merupakan debat ekploratif. Dan, segmen kelima menjadi ajang kedua kandidat saling mengajukan pertanyaan bebas yang mengacu pada tema. Ditutup dengan segmen keenam yang merupakan pernyataan penutup dari kedua kandidat.


4. Panelis tidak membocorkan pertanyaan debat

Banner Infografis Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo
Banner Infografis Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo. (Liputan6.com/Triyasni)

KPU juga telah menetapkan sembilan panelis dari kalangan akademisi dan praktisi untuk debat kali ini. Pada saat menandatangani pakta integritas, salah satu isi pakta itu yakni, tidak membocorkan isi pertanyaan debat kepada masing-masing capres.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, penandatangan ini merupakan bentuk komitmen seluruh elemen untuk menjaga independensi dan integritas debat. Arief menegaskan, para pihak tersebut menyatakan akan mematuhi ketentuan yang tertuang dalam pakta integritas.

"Beberapa poin yang disebut dalam pakta integritas kami harap dapat dipatuhi oleh panelis dan moderator. Terutama yang sering dipertanyakan banyak orang, apakah memberikan atau membocorkan kisi-kisi," kata Arief di Hotel Saripan Pasific, Jakarta, Rabu (27/3/2019).


5. Jadwal debat selanjutnya

Sementara itu, debat terakhir pilpres atau debat kelima  akan dihelat di Hotel Bidakara pada 13 April 2019 mendatang. Peserta pada debat kelima ialah seluruh pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Tema yang diusung pada debat terakhir dari tahapan Pilpres 2019 ini ialah  ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya