8 Cara Efektif Hilangkan Kantuk Saat Bekerja, Tanpa Minum Kopi

Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasi rasa kantuk ketika bekerja.

oleh Mardella Savitri Murtisari diperbarui 09 Nov 2020, 14:00 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2020, 14:00 WIB
Ngantuk Usai Makan Siang di Kantor? Ini Penyebabnya (WAYHOME-studio/Shutterstock)
Ngantuk Usai Makan Siang di Kantor? Ini Penyebabnya (WAYHOME-studio/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Ketika sudah sudah seharian bekerja tentu kadang kala rasa kantuk menyerang. Hal ini merupakan kondisi yang wajar karena tubuh sudah kelelahan dan merasa butuh istirahat. Namun, disaat hal tersebut terjadi, kadang kala kita tidak bisa lantas langsung beristirahat dan harus menyelesaikan beberapa pekerjaan yang tertinggal.

Rasa kantuk yang datang ketika saat bekerja tentu saja dapat mengganggu aktivitas. Sebuah pekerjaan yang dikerjakan jadi tidak bisa maksimal karena daya konsentrasi pun menurun. Rasa kantuk juga dapat menimbulkan rasa malas sehingga semangat bekerja menjadi luntur.

Selama ini, banyak orang-orang yang menghalau rasa kantuk ketika bekerja dengan meminum kopi. Dalam kopi mengandung kafein yang bisa mencegah rasa kantuk. Namun, terlalu banyak kafein dalam darah tentu tak baik untuk kesehatan.

Maka dari itu, berikut ini merupakan cara efektif untuk mengusir rasa kantuk tanpa minum kopi. Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (9/10/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Efektif Hilangkan Kantuk Saat Bekerja

ngantuk
Ilustrasi/copyrightshutterstock/AnemStyle

1. Kondisi Ruangan Terang

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan kantuk adalah dengan menyalakan lampu yang terang selama bekerja. Ketika bekerja dengan lampu yang padam atau remang-remang dapat memicu otak untuk beristirahat sehingga rasa kantuk pun menyerang. Kondisi ruangan yang terang dapat memicu otak untuk lebih produktif dan meningkatkan konsentrasi dalam bekerja.

Sehingga sebaiknya ketika Anda sedang bekerja di rumah ataupun di kantor, usahakan lampu untuk tetap menyala terang sehingga dapat menghalau rasa kantuk.

 

2. Aktif Bergerak

Selanjutnya, salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk yakni dengan aktif bergerak. Tetap berdiam diri dalam satu posisi di jangka waktu yang lama dapat membuat Anda cepat mengantuk. Maka dari itu, supaya dapat mengusir rasa kantuk, sebaiknya Anda tetap aktif bergerak.

Usahakan beristirahat setiap 30 menit dan melakukan kegiatan seperti berjalan di dalam ruangan atau melakukan peregangan. Selain dapat mengusir rasa kantuk, hal ini juga dapat mereduksi stres akibat tekanan pekerjaan.

 

 

 


Cara Efektif Hilangkan Kantuk Saat Bekerja

Mengonsumsi Banyak Air Putih
Ilustrasi Meminum Air Putih Credit: pexels.com/Daria

3. Minum Air Putih

Cara untuk menghilangkan kantuk yang kelima yakni adalah dengan tetap terhidrasi. Meskipun tidak melakukan kegiatan outdoor, namun Anda harus tetap ingat untuk terus minum air putih secara cukup. Hal ini lantaran ketika sedang bekerja, otak sedang digunakan secara maksimal dan dapat menguras energi Anda. Dengan minum air putih dapat membuat Anda tetap fokus dan mencegah rasa kantuk.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, disebutkan bahwa dehidrasi membawa pengaruh terhadap fungsi otak. Para peneliti melaporkan bahwa tingkat dehidrasi ringan dapat merusak memori jangka pendek, konsentrasi, kemampuan matematika, kewaspadaan, dan persepsi.

Untuk memastikan tetap terjaga, fokus, dan konsentrasi ketika belajar, maka tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

4. Posisi Duduk Benar

Ketika sedang fokus bekerja, kadang kala kita tidak memperhatikan cara kita duduk. Padahal cara duduk ketika bekerja sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan. Sebaiknya Anda tetap duduk dengan posisi tegak di kursi. Dengan menjaga postur tubuh saat duduk juga dapat mengurangi rasa kantuk. 

Jika Anda sedang bekerja di rumah, hindari untuk duduk di kasur atau di lantai. Hal ini dapat memicu keinginan Anda untuk berbaring sehingga menimbulkan rasa kantuk. Sebaiknya tetaplah duduk di kursi sehingga membantu Anda untuk tetap fokus dan waspada

 

 


Cara Efektif Hilangkan Kantuk Saat Bekerja

diet makan sehat sayur buah
ilustrasi diet/copyright by Beboopai (Shutterstock)

5. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat memiliki berbagai dampak yang baik untuk tubuh. Makanan sehat memberikan banyak energi untuk tubuh sehingga mempengaruhi tingkat konsentrasi yang kita miliki. Selain itu, dengan energi tubuh yang tetap terjaga, juga membuat kita terhindar dari rasa kantuk dan tubuh yang mudah kelelahan.

Makanan ringan yang manis dan junk food merupakan makanan yang dapat meningkatkan gula darah. Meskipun enak dan membuat kenyang, namun makanan tersebut tidak dapat menjadi energi yang baik untuk tubuh. Makanan tersebut bahkan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak serat, protein, dan karbohidrat kompleks. Sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga meskipun memiliki aktivitas yang padat. Berikut ini merupakan rekomendasi makanan yang dapat Anda konsumsi:

1. Protein: Daging putih (ayam, bebek, dan lain sebagainya) dan ikan putih (cod, flounder, halibut, nila), kacang, tahu, telur, greek yogurt.

2. Karbohidrat kompleks: buah-buahan, sayur, gandum, beras merah

3. Lemak sehat: salmon, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak kelapa, selai kacang.

 

6. Mengunyah Permen Karet

Ketika sedang mengantuk, mengunyah permen karet bisa menjadi salah satu solusi yang ampuh. Hal ini karena ketika mengunyah permen karet, otot-otot rahang dan wajah akan bergerak, sehingga ketika otot aktif bergerak dapat mengurangi rasa kantuk. Selain itu, mengunyah permen karet juga tidak akan mengganggu konsentrasi Anda selama bekerja.

 

 


Cara Efektif Hilangkan Kantuk Saat Bekerja

Pilih 7 Camilan Sehat Ini Saat di Kantor
Tak selamanya kebiasaan ngemil membuat berat badan kian meningkat. Ini dia 7 camilan tepat untuk mengisi perut saat di kantor.

7. Interaksi dengan Rekan Kerja

Ketika berada di kantor dan rasa kantuk mulai menyerang, maka Anda bisa sesekali untuk mengobrol dengan rekan kerja. Hal ini dapat mengembalikan semangat kerja dan menstimulasi kerja otak.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa percakapan singkat selama 10 menit dapat meningkatkan memori ingatan jangka pendek. Lakukanlah hal ini selama jam istirahat atau sesekali saat sedang bekerja sehingga tidak akan mengganggu rekan ketika sedang bekerja.

 

8. Makan Camilan Sehat

Selain cara-cara di atas, ngemil selama bekerja juga dapat mengusir rasa kantuk. Namun, usahakan untuk tidak memakan makanan kemasan. Sebagai alternatif, Anda bisa memakan camilan sehat seperti almond, kuaci, irisan buah, dan lain sebagainya.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya