Idiom adalah Ungkapan Kiasan, Kenali Jenis dan Contohnya

Idiom adalah wujud bahasa yang unik.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 10 Feb 2022, 10:30 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2022, 10:30 WIB
Kalimat Persuasif
Ilustrasi Menulis Credit: pexels.com/John

Liputan6.com, Jakarta Idiom adalah salah satu jenis bahasa yang berkembang di masyarakat. Idiom dikaitkan dengan ungkapan yang mengandung arti yang mungkin tidak jelas hanya dengan melihat kata-kata individual yang terkandung di dalamnya. Idiom adalah wujud bahwa setiap bahasa memiliki koleksi ucapan dan frasa yang unik. 

Dalam penggunannya, idiom adalah jenis bahasa kiasan. Biasanya, idiom adalah bahasa yang membantu mengekspresikan ide besar atau abstrak dengan cara yang ringkas dan mudah dimengerti. Idiom adalah ungkapan yang umum digunakan yang maknanya tidak berhubungan dengan makna literal kata-katanya.

Idiom adalah penggunaan kata-kata dengan cara yang tidak biasa atau imajinatif. Idiom adalah frasa yang digunakan secara luas dalam bahasa tetentu. Berikut pengertian idiom dan contohnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(10/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa itu idiom?

Jenis paragraf menurut letak kalimat utamanya
Ilustrasi Menulis Credit: pexels.com/Jill

Kata idiom berasal dari bahasa Yunani idios yang berarti pribadi. Idiom awalnya berarti "pidato khas atau tepat untuk orang atau negara". Kini idiom digunakan sebagai istilah untuk kosakata khusus atau ekspresi yang tidak jelas.

Menurut KBBI, idiom adalah konstruksi yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna unsurnya. Idiom juga berarti bahasa dan dialek yang khas menandai suatu bangsa, suku, kelompok, dan lain-lain. Idiom adalah bentuk ekspresi yang khusus untuk orang atau kelompok orang tertentu.


Makna idiom

Pengertian Kalimat Efektif Menurut Para Ahli
Ilustrasi menulis Credit: pexels.com/Dean

Idiom adalah ucapan atau ungkapan yang banyak digunakan yang mengandung makna kiasan yang berbeda dari makna harfiah frasa tersebut. Idiom sering meringkas atau mencerminkan pengalaman budaya yang umum dipegang, bahkan jika pengalaman itu sudah ketinggalan zaman atau kuno.

Secara umum, idiom adalah frasa yang digunakan secara luas yang, jika diambil secara keseluruhan, memiliki arti tertentu yang tidak dapat disimpulkan dari arti kata-kata individual. Sebuah idiom adalah ekspresi yang mengambil makna kiasan ketika kata-kata tertentu digabungkan, yang berbeda dari definisi literal dari kata-kata individu.


Jenis idiom: menurut unsur pembentuknya

Mengasah Kemampuan Otak dan Daya Ingat
Ilustrasi Menulis Buku Harian Credit: pexels.com/Fauxels

Idiom penuh

Idiom penuh adalah idiom yang unsur-unsur yang membentuknya merupakan satu kesatuan makna. Setiap unsurnya sudah kehilangan makna leksikalnya sehingga yang ada adalah makna keseluruhan bentuk tersebut. Contoh: membanting tulang, menjual gigi, dan meja hijau.

Idiom sebagian

Idiom sebagian adalah idiom yang salah satu unsur dari kesatuan bentuk tersebut masih tetap berada dalam makna leksikalnya. Misalnya daftar hitam yang berarti daftar yang berisi nama-nama orang yang mencurigai atau dianggap bersalah. Koran kuning yang berarti koran yang seringkali memuat berita sensasi dan menunjukkan gigi yang berarti menunjukkan kekuasaan.


Jenis idiom: menurut jenis unsur yang membentuknya

Parafrase
Ilustrasi Menulis Credit: unsplash.com/Corrine

Idiom yang terdiri dari bagian tubuh

Idiom yang terdiri dari bagian tubuh terbentuk dari unsur-unsur yang membentuk diri manusia (tubuh manusia), misalnya hati, jantung, mata dan lain sebagainya. Misalnya tinggi hati, panjang tangan, dan angkat kaki.

Idiom yang menggunakan jenis warna

Idiom yang menggunakan jenis warna adalah idiom yang menggunakan nama-nama warna sebagai unsur leksikalnya. Misalnya meja hijau, jago merah, dan darah biru.

Idiom yang terdiri dari kata indra

Idiom yang terdiri dari kata indra adalah idiom yang dibentuk dari perubahan kegiatan tanggapan indra satu ke indra yang lain. Contohnya "berdarah dingin" yang berarti kejam.

Idiom nama benda alam

Idiom nama benda alam adalah idiom yang menggunakan nama-nama benda alam sebagai unsur leksikalnya, seperti matahari, bumi, bulan dan lain sebagainya. Contohnya: "bulan terang" yang berarti mujur.

Idiom nama-nama binatang

Idiom nama-nama binatang membentuk idiom berhubungan dengan binatang, bagian-bangiannya dan sifat binatang tertentu yang diperbandingkan dengan sifat-sifat manusia yang Nampak dengan unsur-unsur tubuh hewan. Misalnya kambing hitam, kabar burung, dan lintah darat.

Idiom nama atau bagian tumbuhan

Idiom nama atau bagian tumbuhan Idiom ini menggunakan leksikal yang dibentuk dari nama-nama tumbuhan maupun bagian dari tumbuhan seperti daun, cabang, buah, batang dan lain sebagainya. Contohnya: "Lidah bercabang" yang berarti tidak dapat dipercaya.

 


Jenis idiom: menurut berbagai kelas kata

Ilustrasi menulis
Ilustrasi menulis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Idiom numeralia

Idiom numeralia adalah idiom yang dibentuk dengan menggunakan kata bilangan seperti satu, dua, tiga dan seterusnya sebagai unsur pembentuknya. Contohnya, mendua hati yang berarti ragu-ragu.

Idiom verba

Idiom verba adalah idiom yang menggunakan kata kerja seperti pergi, datang, mencari dan lain sebagainya sebagai unsur pembentuk idiom. Contohnya "mencari muka" yang artinya mencari perhatian.

Idiom nomina

Idiom nomina adalah idiom yang dibentuk dari gabungan kata benda sebagi unsur leksikalnya. Contohnya "kepala batu" yang berarti keras kepala.

Idiom Adverbia

Idiom adverbia adalah idiom yang menggunakan kata keterangan sebagai unsur leksikalnya. Kata keterangan berupa kata keterangan tempat, keterangan waktu, keterangan sifat dan keterangan keadaan.

Idiom adjektiva

Idiom adverbia adalah idiom yang dibentuk dari kata sifat sebagai unsur leksikalnya. Contohnhya "hitam manis" yang berarti elok. Idiom tersebut menggunakan kata sifat yaitu manis.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya