PKM adalah Program Kreativitas Mahasiswa, Kenali Bidang-bidangnya

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa.

oleh Husnul Abdi diperbarui 17 Feb 2022, 13:35 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2022, 13:35 WIB
ilustrasi kuliah
ilustrasi kuliah (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta PKM adalah istilah yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa. PKM merupakan wujud nyata adanya penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, inovasi teknologi atau karya tulis di kalangan mahasiswa.

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa. Tujuan diadakannya PKM adalah agar kelak mahasiwa mampu menjadi anggota masyarakat dengan kemampuan akademis dan/atau profesional.

PKM adalah suatu wadah dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Ada berbagai macam bidang dalam PKM yang tentunya harus kamu pahami. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/2/2022) tentang PKM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKM adalah

PKM adalah
PKM adalah. Credit: pexels.com/pixabay

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa. Program ini pertama kali digelar tahun 2001. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), menjelaskan kegiatan PKM adalah penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa (PKAM) yang telah dibentuk pada tahun 1997. PKM adalah kegiatan yang dilakukan demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.

Kegiatan PKM adalah program yang secara khusus dibentuk oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) Republik Indonesia. PKM adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi. Tujuan utama PKM adalah agar kelak mahasiswa mampu menjadi anggota masyarakat dengan kemampuan akademis dan/atau profesional.

PKM adalah suatu wadah yang memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.


Bidang-Bidang PKM

PKM adalah
Bidang-Bidang PKM | via: dcu.ie

Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Mengutip laman resmi PKM Universitas Muhammadiyah Jakarta, penjelasan berbagai bidang PKM adalah sebagai berikut:

1. PKM-P (PKM Penelitian)

Program penelitian PKM adalah bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penentu mutu produk, menemukan hubungan sebab-akibat antara dua atau lebih faktor, menguji cobakan sebuah bentuk atau peralatan, merumuskan metode pembelajaran, melakukan inventarisasi sumber daya, memodifikasi produk eksisting, mengidentifikasi senyawa kimia di dalam tanaman, menguji khasiat ekstrak tanaman, merumuskan teknik pemasaran, survey kesehatan anak jalanan, metode pembelajaran aksara Bali di siswa sekolah dasar, laju pertumbuhan ekonomi di sentra kerajinan Kasongan, dan faktor penyebab tahayul yang mewarnai perilaku masyarakat Jawa dan lain-lain kegiatan yang memiliki tujuan semacam itu.

2. PKM-T  (PKM Teknologi)

PKM-T adalah program bantuan teknologi (mutu bahan baku, prototipe, model, peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dan lain-lain) atau manajemen (pemasaran, pembukuan, status usaha dan lain-lain) atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil (industri rumahan, pedagang kecil atau koperasi) dan menengah yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra program.

Mitra program yang dimaksud dalam hal ini adalah kelompok masyarakat yang dinilai produktif. PKM-T mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra terlebih dahulu, karena produk PKM-T merupakan solusi atas persoalan prioritas mitra. Demikian, di dalam usul program harus dilampirkan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama dari Mitra pada kertas bermaterai yang berlaku.

3. PKM-K (PKM Kewirausahaan)

PKM-K merupakan program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar. Jadi pemeran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya.


Bidang-Bidang PKM

PKM adalah
PKM adalah| pexels.com/@olly

4. PKM-M (PKM Pengabdian Masyarakat)

PKM-M merupakan program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam upaya  peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat.

Bagian dari upaya penyembuhan buta aksara dan lain-lain bagi masyarakat baik formal maupun non-formal, yang sementara ini dinilai kurang produktif. Disyaratkan dalam usulan program ini adanya komitmen bekerjasama secara tertulis dari komponen masyarakat yang akan dibantu/menjadi khalayak sasaran.

5. PKM-KC (PKM Karsa Cipta)

PKM-KC  adalah program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya. Karya cipta tersebut mungkin belum memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain.

6. PKM-AI (PKM Artikel Ilmiah)

PKM-AI  merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri (misalnya studi kasus, praktek lapang, KKN, PKM, magang, dan lain-lain).

7. PKM-GT (PKM Gagasan Tertulis)

PKM-GT yaitu  program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu aktual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistis.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya