10 Cara Menjadi Penulis Sukses, Pemula Wajib Tahu

Menjadi penulis memerlukan ketekunan yang kuat.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 21 Mar 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2022, 19:00 WIB
Jenis-Jenis Puisi
Ilustrasi Menulis Puisi Credit: pexels.com/Judit

Liputan6.com, Jakarta Cara menjadi penulis memerlukan ketekunan yang kuat. Penulis merupakan pilihan luar biasa untuk berkarya. Mulai dari menjadi sastrawan, penulis konten, copywriter, hingga jurnalis, pekerjaan penulis begitu dikagumi.

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi penulis, cara menjadi penulis pastinya penting diketahui. Cara menjadi penulis bisa dimulai untuk para pemula. Ada kebiasaan-kebiasaan yang perlu diterapkan dalam cara menjadi penulis.

Cara menjadi penulis membutuhkan kemampuan merangkai kata menjadi sebuah cerita yang menarik. Cara menjadi penulis tentunya tak instan. Diperlukan banyak latihan untuk bisa menjadi penulis yang sukses.

Berikut cara menjadi penulis, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(21/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara menjadi penulis sukses

Pengertian Kalimat Efektif Menurut Para Ahli
Ilustrasi menulis Credit: pexels.com/Dean

Tentukan ingin jadi penulis apa

Cara menjadi penulis yang pertama adalah menentukan penulis seperti apa yang kamu ingin geluti. Penulis bisa bersifat profesional atau hanya untuk kesenangan pribadi. Banyak juga penulis profesional yang berawal dari melakukan kesenangan pribadinya.

Jika Anda telah memutuskan ingin menjadi penulis profesional, tentukan jenis penulis apa yang akan kamu pilih. Jenis penulis ini seperti copywriter, penulis konten, penulis ilmiah, penulis komunikasi, jurnalis, kolumnis, pengarang, atau penyair.

Buat tujuan realistis

Seperti setiap pengejaran lainnya, karier menulis adalah sesuatu yang dikembangkan dari waktu ke waktu. Saat pertama kali memulai, tetapkan tujuan yang realistis untuk diri sendiri. Misalnya, untuk mengawali, kamu bisa mulai membuat blog.

Kenali juga mengapa kamu ingin menjadi penulis. Kamu bisa mengasah keahlian dan menjadi lebih baik dalam keterampilan jika memiliki motivasi yang tepat di baliknya.


Cara menjadi penulis sukses

Parafrase
Ilustrasi Menulis Menggunakan Teknik Parafrase Credit: unsplash.com/Corrine

Banyak membaca

Cara menjadi penulis ini termasuk kunci utamanya. Jika kamu ingin menjadi penulis, kamu harus menjadi pembaca yang baik. Membaca banyak jenis tulisan yang berbeda akan membantumu menjadi penulis yang lebih kuat. Dengan membaca sebanyak mungkin, kamu akan mulai secara tidak sadar memasukkan konsep-konsep baru atau taktik menulis yang telah kamu serap ke dalam tulisan sendiri.

Kembangkan kebiasaan menulis

Mungkin bagian tersulit tentang menjadi seorang penulis adalah membangun kebiasaan menulis. Kamu bisa mulai membiasakan menulis setiap hari. Mengembangkan kebiasaan menulis setiap hari adalah cara terbaik untuk mengasah keterampilan menulis. Ini juga bisa membantu mengatasi hambatan saat menulis dan membuka potensi penuh kreativitas. Cara yang bagus untuk melakukan ini adalah dengan berkomitmen pada sejumlah kata tertentu setiap hari.


Cara menjadi penulis sukses

Ilustrasi menulis essay
Ilustrasi menulis essay (Sumber: Istockphoto)

Buat blog atau jurnal

Membuat blog atau jurnal reguler dapat memberimu inspirasi tanpa akhir sambil juga membantu melatih keterampilan menulis. Baik menulis blog tentang kehidupan sehari-hari, mencatat inspirasi kecil untuk diingat nanti, atau membuat jurnal tentang harapan dan impian, melatih tulisan sangat penting.

Menulis jurnal tidak hanya akan membantumu mengatur pikiran dan memprioritaskan tugas atau inisiatif, tetapi dengan menulis di dalamnya secara teratur, kemampuan menulis akan mulai meningkat. Kamu juga dapat menulis blog tentang topik tertentu yang menarik minat jika berharap untuk mengejar menulis di industri tertentu.

Bagikan hasil karya

Setelah kamu merasa yakin dengan kemampuan menulis, pertimbangkan untuk membagikan karyamu dengan teman atau profesional menulis lainnya. Dengan begitu, teman atau profesional lainnya bisa menilai sejauh apa kemampuanmu.


Cara menjadi penulis sukses

Kaidah Kebahasaan dalam Teks Eksplanasi
Ilustrasi Menulis Credit: pexels.com/Julia

Bergabung ke grup penulis

Temukan orang-orang yang berada pada titik yang sama dalam karir menulis. Kamu bisa bertemu secara teratur untuk membaca karya satu sama lain dan memberikan umpan balik satu sama lain. Grup penulis dapat membantumu tetap disiplin dan memberimu catatan bermanfaat, kiat menulis, dan pengeditan.

Cari mentor

Temukan rekan bisnis atau mentor yang kamu percayai, atau kamu dapat menemukan komunitas online untuk mendapatkan umpan balik yang nyata. Jika kamu memiliki hubungan dengan penulis yang sudah diterbitkan karyanya, mereka kemungkinan akan memberimu saran menulis jika kamu bertanya dengan cara yang sopan dan bijaksana. Seorang mentor juga dapat membantu menavigasi sisi bisnis penulisan, menawarkan sumber nasihat tentang segala hal mulai dari industri penerbitan.


Cara menjadi penulis sukses

menulis 2
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/alexa mazzarello

Ikut kursus online

Ada banyak kursus online yang berbeda untuk orang-orang yang ingin menjadi penulis. Bahkan beberapa kursus online gratis dan bisa diikuti umum. Mengambil kelas menulis memberi kesempatan untuk fokus menulis selama jangka waktu tertentu, apakah itu hari libur sekali atau beberapa minggu.

Dapatkan kritik yang jujur

Sering kali sulit untuk mendapatkan umpan balik yang nyata dari orang-orang karena orang-orang terdekat. Mereka lebih suka bersikap baik dan sopan daripada memberi tahumu apa yang benar-benar perlu kamu dengar.

Memiliki seseorang yang memeriksa pekerjaanmu dan memberi nasihat tidak hanya dapat meningkatkan tulisan, tetapi juga dapat mengajarimu bagaimana menjadi lebih baik dalam menerima kritik. Setelah mengetahui cara meningkatkannya, kamu dapat menggunakan saran yang kamu terima untuk menciptakan karya yang lebih hebat lagi di masa mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya