Efisien adalah Ketepatan Kerja, Kenali Contohnya

Efisien bisa mendukuk efektivitas.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 28 Mar 2022, 12:15 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2022, 12:15 WIB
Pengaruh Lingkungan
Ilustrasi bekerja Credit: unsplash.com/Jason

Liputan6.com, Jakarta Efisien adalah salah satu bentuk upaya untukmenghasilkan hasil yang diinginkan. Efisien biasanya sering terukur oleh ukuran tertentu. Efisien adalah langkah yang bisa mendukuk efektivitas.

Sering kali, efisien dan efektif sering disamakan. Padahal, efisien adalah istilah yang berbeda dengan efektif. Efisien adalah jalan menuju efektivitas. Selain itu, efisien adalah salah satu upaya yang bisa mencegah pemborosan.

Efisien adalah upaya yang bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Memahami istilah efisien adalah cara untuk bisa menerapkannya. Berikut pengertian efisien dan contohnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Asal usul kata

Menjelaskan Kelebihan dan Kekurangan
Ilustrasi efisien Credit: unsplash.com/Amy

Efisien adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin efisienem yang berarti "berhasil" atau "menyelesaikan". Kata sifat efisien menggambarkan fungsi dan penggunaan dengan jumlah usaha paling sedikit dan paling ekonomis.

Menurut KBBI, efisien adalah tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya). Efisien juga berarti mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat. Efisien berkaitan dengan berdaya guna atau tepat guna.


Pengertian efisien

Ilustrasi Bekerja Online
Ilustrasi bekerja. (dok. Unsplash.com/Andrew Neel @andrewtneel)

Seperti menurut asal usul katanya, efisien berarti menjadi hemat dan menghindari pemborosan dalam tindakan atau penggunaan. Dalam pengertian yang lebih umum, efisien adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik, berhasil, dan tanpa pemborosan.

Efisien adalah kemampuan untuk menghindari pemborosan bahan, energi, tenaga, uang, dan waktu dalam melakukan sesuatu atau dalam menghasilkan hasil yang diinginkan. Dengan demikian, efisiensi bukanlah tujuan itu sendiri.

Efisiensi bukanlah sesuatu yang diinginkan untuk kepentingannya sendiri, melainkan karena efisiensi membantu mencapai lebih banyak hal yang dihargai. Dalam istilah yang lebih matematis atau ilmiah, efisiensi menandakan tingkat kinerja yang menggunakan input paling sedikit untuk mencapai jumlah output tertinggi.


Beda efisien dan efektif

Menggampangkan Beban Kerja
Ilustrasi Bekerja Credit: unsplash.com/Christine

Efisiensi sangat sering dikacaukan dengan efektivitas. Melansir Britannica, kata efektif dan efisien sama-sama berarti "mampu menghasilkan hasil", tetapi ada perbedaan penting.

Efektif berarti “menghasilkan hasil yang diinginkan”. Efisien berarti “mampu menghasilkan hasil yang diinginkan tanpa membuang bahan, waktu, atau tenaga”.

Perbedaannya adalah bahwa ketika sesuatu efektif, itu menghasilkan hasil bahkan jika diperlukan beberapa sumber daya yang tidak perlu untuk melakukannya. Ketika sesuatu efisien, tidak hanya menghasilkan hasil, tetapi juga dengan cara yang cepat atau sederhana dengan menggunakan bahan, waktu, tenaga, atau energi sesedikit mungkin.

Kata efektif memberi perhatian lebih pada kemampuan aktual untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Kata efisien lebih menekankan pada minimnya pemborosan dalam menghasilkan hasil tersebut.


Pengertian efisiensi dalam berbagai bidang

Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor
Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor. (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)

Efisiensi ekonomi

Efisiensi ekonomi menyiratkan keadaan ekonomi di mana setiap sumber daya dialokasikan secara optimal untuk melayani setiap individu atau entitas dengan cara terbaik sambil meminimalkan pemborosan dan inefisiensi. Efisiensi ekonomi menyiratkan keadaan ekonomi di mana setiap sumber daya dialokasikan secara optimal untuk melayani setiap individu atau entitas dengan cara terbaik sambil meminimalkan pemborosan dan inefisiensi. Ketika ekonomi efisien secara ekonomi, setiap perubahan yang dilakukan untuk membantu satu entitas akan merugikan entitas lain.

Efisiensi bisnis

Dalam bisnis, efisien adalah tentang memanfaatkan sumber daya sebaik mungkin. Perusahaan yang efisien memaksimalkan output dari input yang diberikan, dan dengan demikian meminimalkan biaya mereka. Dengan meningkatkan efisiensi bisnis dapat mengurangi biaya dan meningkatkan daya saing.


Pengertian efisiensi dalam berbagai bidang

Firma
Ilustrasi Tim Kerja Credit: pexels.com/fauxels

Efisiensi pasar

Efisiensi pasar mengacu pada sejauh mana harga pasar mencerminkan semua informasi yang tersedia dan relevan. Jika pasar efisien, maka semua informasi sudah dimasukkan ke dalam harga, sehingga tidak ada cara untuk "mengalahkan" pasar karena tidak ada sekuritas yang dinilai terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Efisiensi energi

Efisiensi energi berarti menggunakan lebih sedikit energi untuk melakukan tugas yang sama. Ini artinya menghilangkan pemborosan energi. Efisiensi energi membawa berbagai manfaat: mengurangi emisi gas rumah kaca, mengurangi permintaan impor energi, dan menurunkan biaya kita di tingkat rumah tangga dan ekonomi.

Efisiensi kerja

Efisiensi di tempat kerja berarti ketika karyawan melaksanakan tugas yang benar dengan cara yang benar, dengan sedikit membuang waktu dan tenaga. Intinya, meningkatkan efisiensi tempat kerja adalah tentang membantu karyawan bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.


Contoh efisiensi

Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Firma
Ilustrasi Tim Kerja Credit: pexels.com/Fox

Efisiensi bisnis

Dalam bisnis, contoh efisiensi adalah pengurangan jumlah pekerja yang dibutuhkan untuk membuat mobil. Rasio energi yang diberikan (atau kerja yang dilakukan) oleh mesin dengan energi yang dibutuhkan (atau kerja yang dibutuhkan) dalam mengoperasikan mesin.

Efisiensi kerja

Contoh dari efisiensi kerja adalah membagi tugas dengan penuh perhatian dan responsif. Meningkatkan efisiensi tempat kerja adalah tentang membantu karyawan bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.

Efisiensi energi

Contoh efisiensi adalah menggunakan lampu energi untuk menghemat penggunaan listrik. Contoh lainnya adalah mematikan lampu dan barang elektronik yang sedang tidak digunakan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya