Cara Rekam Suara dari Rumah Modal HP, Hasil seperti Rekaman Studio

Berikut adalah cara rekam suara di rumah dengan menggunakan HP dengan hasil seperti rekaman studio.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 30 Agu 2022, 18:20 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2022, 18:20 WIB
Mutia Ayu
Ternyata Mutia juga bisa memainkan alat musik seperti gitar. Mutia memainkannya bersamaan dengan rekaman. (Liputan6.com/IG/@mutia_ayuu)

Liputan6.com, Jakarta Cara rekam suara dari rumah memang memungkinkan untuk dilakukan. Bahkan cara rekam suara dari rumah tidak memerlukan peralatan yang ribet, seperti perangkat komputer atau soundcard yang mahal.

Dengan ponsel saja, Anda bisa menerapkan cara rekam suara dari rumah. Tentu saja, cara rekam suara dari rumah dengan menggunakan ponsel atau hp saja, tidak akan menghasilkan hasil rekaman sebagus rekaman di studio.

Namun, bukan berarti cara rekam suara dari rumah akan selalu menghasilkan hasil yang jelek. Setidaknya, Anda masih bisa menghasilkan suara yang jernih dan jelas, meski hanya melakukan proses rekaman dengan menggunakan hp dari rumah.

Bahkan bagi Anda yang seorang musisi, cara rekam suara dari rumah ini juga bisa Anda terapkan untuk menghasilkan rekaman yang layak, dan bisa disebarluaskan melalui layanan streaming.

Berikut adalah cara dan apa saja yang dibutuhkan dalam cara rekam suara dari rumah dengan modal HP, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (30/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Rekam Suara dari Rumah dengan Ponsel

Relatif mudah untuk rekaman di rumah dengan smartphone. Sebagian besar ponsel dilengkapi dengan memo suara atau aplikasi perekaman internal, dan mudah untuk merekam, memutar, dan merekam musik Anda, dan membagikan rekaman Anda ke komputer atau aplikasi lain. Ini adalah cara tercepat untuk merekam demo.

Jika Anda menginginkan suara rekaman yang lebih profesional, tentu saja aplikasi rekaman bawaan ponsel tentu tidak cukup. Meski demikian, Anda masih dapat menghasilkan rekaman profesional meski hanya menggunakan ponsel. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi yang tepat.

Selain aplikasi yang tepat, diperlukan pula software editing, mikrofon, dan alat musik yang memadai. Dengan kombinasi tersebut, Anda dapat menghasilkan musik yang bagus meski hanya direkam dengan ponsel.


Cara Rekaman dari Rumah dengan iPhone

iPhone 12
Para pembeli pertama iPhone 12 memamerkan perangkat yang baru dibelinya di Apple Store Orchard Road Singapura (Foto: Apple Newsroom)

iPhone sendiri telah dilengkapi dengan perekam suara bawaan yang disebut Voice Memo. Itu merupakan aplikasi bawaan. Jika Anda telah menghapusnya atau tidak memilikinya, aplikasi tersebut juga dapat diunduh secara gratis di app store.

Voice Memos merupakan aplikasi yang masih cukup layak untuk merekam vokal, ide, atau demo.

Berikut adalah cara rekaman di rumah dengan menggunakan iPhone:

1. Buka aplikasi, tekan tombol "rekam" merah, dan mainkan musik Anda. Anda tidak bisa menambahkan lebih banyak trek dari rekaman Anda sebelumnya, tetapi aplikasi akan secara otomatis menyimpan apapun yang Anda buat.

2. Anda kemudian dapat mengirim memo ke perangkat lain atau membukanya di aplikasi lain untuk diedit.

3. Pastikan mikrofon ponsel Anda menghadap ke arah Anda, dan rekam di lokasi yang tenang dan tidak berisik untuk hasil terbaik.


Cara Rekaman dari Rumah dengan Ponsel Android

Eksplorasi Bunyi Seniman Muda Singkawang, dari Warung Kopi hingga Jalanan Ramai
Fadli Hasan (mengenakan headphone) sedang memproduksi musik hasil perekaman di lapangan dalam kegiatan "Studio Jalanan", di Warung Kopi Rusen, Singkawang, 18 Agustus 2019. (dok. Studio Jalanan/Dinny Mutiah)

Sama halnya seperti iPhone, Android pun memiliki aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk mereka. Aplikasi itu disebut Voice Recorder. Namun jangan berharap kalau aplikasi itu akan menghasilkan rekaman dengan kualitas profesional. Namun, aplikasi itu bisa menghasilkan rekaman audio yang layak untuk cokal dan demo.

Cara rekaman di rumah dengan ponsel Android adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi perekam suara dan ketuk lingkaran merah untuk memulai perekaman Anda.

2. Tekan tombol abu-abu untuk menyelesaikan, memberi nama, dan menyimpan rekaman Anda.

3. Anda dapat menyimpan rekaman Anda ke daftar atau mengirimkannya ke aplikasi lain. Selalu pastikan bahwa Anda berada di ruangan yang tenang.


Rekomendasi Aplikasi Rekaman untik Android dan iPhone

[Bintang] DM Project
Masih pada seperti sebelumnya, DM Project kembali mengusung konsep musik pop EDM untuk single barunya yang sedang dalam proses rekaman. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Aplikasi bawaan ponsel mungkin sudah cukup dan berfungsi untuk digunakan rekaman. Namun, sekali lagi, aplikasi itu tidak akan menghasilkan rekaman audio yang mendekati kualitas profesional.

Namun, Anda bisa meningkatkan hasil rekaman ponsel Anda dengan menggunakan aplikasi rekaman yang lebih baik. Berikut adalah rekomendasi aplikasi rekaman untuk Android dan iPhone.

BandLab

BandLab adalah platform kreasi dan kolaborasi musik yang memungkinkan pengguna untuk menulis, merekam, mixing, dan berbagi musik mereka dengan orang lain di seluruh dunia. Aplikasi ini dapat diunduh gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet, dan tidak ada batasan pada jenis atau durasi musik yang dapat dibuat.

Dolby On

Dolby On dengan mudah membantu Anda merekam siaran langsung seperti musik, suara, video, dan podcast. Aplikasi ini memiliki pilihan efek studio otomatis dengan perekam audio. Anda dapat menggunakan editor audio untuk meningkatkan dan mengembangkan single dengan teknologi Dolby.

Easy Voice Recorder

Easy Voice Recorder adalah alternatif sederhana yang dapat Anda gunakan untuk merekam trek musik di ponsel Anda. Ini sangat ideal untuk latihan dan merekam melodi. Anda dapat dengan cepat mendengar hasilnya dan membuat perubahan di aplikasi ini.

FL Studio Mobile

FL Studio Mobile dibuat oleh merek yang sangat terkenal di industri. Aplikasi ini juga menyediakan pembelian dalam aplikasi serta konten yang disertakan juga. Dengan aplikasi ini, Anda dapat merekam, mengurutkan, mengedit, mencampur, dan merender trek lengkap.

Hi-Q MP3 Voice Recorder

Hi-Q MP3 Voice Recorder adalah aplikasi gratis yang menyediakan opsi penyesuaian dan pengambilan sampel audio 44kHz dengan high fidelity, yang tidak dimiliki banyak aplikasi gratis lainnya.

Music Maker Jam

Ini adalah aplikasi gratis yang dirancang untuk produser musik, DJ, dan artis. Anda dapat membuat atau remix trek menggunakan loop dari genre yang berbeda.

Smart Recorder

Ini adalah perekam audio dasar gratis untuk Android yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini dibuat khusus untuk menghasilkan rekaman berkualitas tinggi dan panjang.

Walk Band

Walk Band adalah aplikasi studio musik gratis yang menyediakan kumpulan alat musik virtual untuk menghasilkan musik. Anda dapat mengunggah trek ke cloud dan berbagi rekaman musik midi.

RecForce II

RecForge II adalah perekam audio yang sangat dapat disesuaikan sehingga Anda dapat dengan mudah mengedit, mengonversi, merekam, dan membagikan trek Anda dalam codec audio yang berbeda.

ASR Voice Recorder

ASR Voice Recorder adalah aplikasi yang memungkinkan Anda merekam trek dalam berbagai format. Ada juga versi Pro di mana Anda dapat mengintegrasikannya untuk pengunggahan cloud seperti Google Drive, DropBox, OneDrive, dan lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya