Pengertian Eksistensi adalah Pemahaman Sesuatu Benar-Benar Ada, Begini Konsepnya

Arti eksistensi adalah keberadaan.

oleh Laudia Tysara diperbarui 05 Sep 2022, 10:15 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2022, 10:15 WIB
Penerapan Epilog dalam Cerita
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Melanie

Liputan6.com, Jakarta - Pengertian eksistensi adalah pemahaman pada sesuatu yang benar-benar ada. Seorang individu yang menjunjung tinggi eksistensi dalam hidupnya, memiliki pemahaman bahwa eksistensi tentu lebih penting daripada sandang, pangan, dan papan.

Dalam buku berjudul Etika dan Filsafat Komunikasi (2015) oleh Muhammad Mufid, pengertian eksistensi adalah bukan hanya ada atau berada seperti atau beradanya sesuatu hal, tetapi pengertian eksistensi selalu berhubungan dengan manusia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian eksistensi adalah hal berada atau keberadaan. Individu yang memegang eksistensi dan melihat manusia dari eksistensi serta menjunjung tinggi sebuah eksistensi adalah mereka penganut aliran eksistensialisme.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian eksistensi dan konsep eksistensi, Senin (5/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Eksistensi adalah Pemahaman Sesuatu Benar-Benar Ada

Ciri Teks Biografi
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Proverbs

Memahami pengertian eksistensi adalah segala yang berhubungan dengan keberadaan atau sesuatu yang ada. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian eksistensi adalah hal berada atau keberadaan. Individu yang memegang eksistensi dan melihat manusia dari eksistensi adalah mereka penganut aliran eksistensialisme.

Dalam buku berjudul Etika dan Filsafat Komunikasi (2015) oleh Muhammad Mufid, pengertian eksistensi adalah bukan hanya ada atau berada seperti atau beradanya sesuatu hal, tetapi pengertian eksistensi selalu berhubungan dengan manusia. Pengertian eksistensi adalah manusia dalam keberadaannya itu sadar akan dirinya sedang berada.

Individu yang menjunjung tinggi eksistensi adalah mereka yang membutuhkan pengakuan keberadaan sebagai kebutuhan tertinggi lebih daripada kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan sandang, kebutuhan pangan, dan kebutuhan papan. Abraham Maslow menjelaskan eksistensi demikian, eksistensi sebagai kebutuhan tertinggi manusia.

Pengertian eksistensi adalah berhubungan dengan banyak hal dan bukan hanya tentang manusia yang membutuhkan pengakuan. Pengertian eksistensi adalah berhubungan pula dengan sesuatu hal untuk mempertahankan keberadaannya. Seperti masalah eksistensi dalam dunia bisnis, eksistensi dalam bidang ekonomi, eksistensi budaya, eksistensi norma, dan masih banyak lagi lainnya.

Apa lagi yang bisa mendefinisikan pengertian eksistensi?

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, pengertian eksistensi adalah memahami sesuatu itu benar-benar ada. Pengertian eksistensi adalah tentang sebuah kesempurnaan. Pengertian eksistensi adalah sesuatu yang sifatnya aktual atau memiliki aktualitas. Pengertian eksistensi adalah apa yang ada sebenarnya.


Konsep Utama dari Eksistensi dan Penjelasannya

Ilustrasi membaca sinopsis, buku
Ilustrasi membaca buku. (Photo by Nathan Aguirre on Unsplash)

Apabila sudah memahami tentang pengertian eksistensi adalah sesuatu itu benar-benar ada, kemudian ketahui tentang konsep utama dari eksistensi.

Dalam penelitian berjudul Eksistensi Komunitas Waria di Tengah Perkembangan Media Informasi (Facebook) di Kota Palembang oleh Irwansyah, mengutip dari Rollo May dijelaskan ada lima konsep eksistensi yang perlu diketahui.

Ini penjelasan lima konsep eksistensi dan penjelasannya:

1. Sikap Eksistensial

Konsep eksistensi adalah berhubungan dengan gerakan filsafat dan psikologi kontemporer yang fokusnya pada manusia ketika ia menjadi sesuatu.

2. Keadaan Sulit atau Predicament

Konsep eksistensi adalah berhubungan dengan berhubungan dengan masalah yang sangat besar dalam budaya, sosial, dan ekonomi. Adanya konsep eksistensi ini berhubungan dengan kecemasan dan hilangnya nilai-nilai tradisional.

3. Ketidakberdayaan

Konsep eksistensi adalah berhubungan dengan suatu situasi di mana tidak ada seorang pun atau sekelompok orang yang memiliki kekuasaan signifikan.

4. Kecemasan

Konsep eksistensi adalah gambaran dari manusia yang tidak bisa hidup dalam kondisi kosong secara berkelanjutan selama periode waktu tertentu.

5. Nilai yang Hilang

Konsep eksistensi adalah berhubungan dengan hilangnya pusat nilai-nilai dalam masyarakat. Nilai dominan dalam sebuah masyarakat semakin kompetitif. Konsep eksistensi adalah mulai diukur dari pekerjaan dan kesuksesan.


Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Cerita Fiksi
Ilustrasi Membaca. Credit: pexels.com/Enzo

Adanya konsep eksistensi sebenarnya berhubungan dengan kepercayaan diri seseorang. Apa hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri? Ini penjelasan dari cara meningkatkan kepercayaan diri melansir dari Bright Side:

1. Hadapi Ketakutanmu dan Kendalikan Hidupmu

Ketika kita membiarkan rasa takut menguasai kita, kita cenderung kehilangan kendali atas hidup kita dan juga kehilangan kepercayaan diri.

Jadi, alih-alih menyerah pada ketakutan terbesar kita, kita bisa memutuskan untuk menatap langsung ke matanya. Ini satu-satunya cara kita bisa menaklukkan mereka dan meninggalkan mereka untuk selamanya.

Ini adalah kemenangan pribadi yang menunjukkan kepada kita bagaimana kita bisa memiliki kendali atas hidup kita, apa pun yang terjadi.

2. Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Dalam sebuah studi tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa individu yang membandingkan diri mereka dengan orang-orang di media sosial merasa sangat iri.

Dan ketika mereka merasa iri terhadap orang lain, mereka juga merasa buruk tentang diri mereka sendiri. Untuk mengalahkan itu, Anda harus selalu mengingatkan diri sendiri tentang kesuksesanmu dalam hidup dan hal-hal yang telah Anda capai sejauh ini.

3. Bersikaplah Tegas

Stres dan kurangnya harga diri inilah yang seringkali membuat individu kurang asertif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Tapi ini adalah keterampilan komunikasi yang sangat penting yang membuat orang lain menghormati Anda dan menunjukkan bahwa Anda selalu membela hak-hakmu.

Cara Anda berdiri dan cara mereka mengucapkan kata-kata Anda memainkan peran besar dalam membuat poin Anda didengarkan dan dihormati. Anda tidak perlu malu atau santai saat meminta hak dasarmu.

4. Jaga Pikiran dan Tubuhmu

Ada empat hal yang dibutuhkan otak dan tubuhmu untuk mencapai kemampuan terbaiknya, diet yang baik, olahraga, tidur dan meditasi. Dan ini juga merupakan kegiatan yang membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri dan terlihat lebih tegas di masyarakat.

Keempat kegiatan ini terbukti bisa meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri, sekaligus memberikan sikap yang lebih positif.

5. Jangan Takut untuk Memuji

Beberapa individu takut bahwa membual tentang prestasinya akan membuat mereka terlihat sombong. Tapi, ini salah, karena memberi tahu atasanmu bahwa sesuatu yang Anda lakukan menghasilkan sesuatu yang luar biasa bisa sangat bermanfaat bagi Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga akan merasa nyaman dengan diri sendiri karena mengetahui bahwa pekerjaan baik Anda diketahui oleh orang-orang yang paling berarti. Tentu saja, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan bahasa dan sikap yang benar.

6. Lakukan Kontak Mata

Jika ini sulit bagi Anda, Anda bisa mulai dengan rasio 80/20 dan berkonsentrasi pada mata mereka selama 80% dari waktu dan pada hal lain selama 20% dari waktu.

Mungkin sulit pada awalnya, tapi seiring waktu Anda akan melihat bahwa tingkat kepercayaan dirimu akan meningkat. Anda juga akan melihat bahwa hubunganmu akan menjadi lebih kuat dan bertahan lebih lama.

 7. Pelajari Keterampilan Baru

Tidak ada yang tahu segalanya atau sempurna dalam apa yang sudah mereka ketahui, yang berarti bahwa pertumbuhan selalu menjadi pilihan.

Anda bisa beralih ke podcast dan buku bimbingan untuk mendapatkan inspirasi dan mulai mengembangkan keterampilanmu.

Ketika pengetahuan Anda terus berkembang, Anda akan melihat bahwa kepercayaan diri Anda juga meroket dengan cara terbaik. Mengisi kekosongan yang Anda rasa tidak hanya akan membangunmu di mata Anda sendiri, tapi juga mata orang lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya