5 Pernyataan Hotma Sitompul sebagai Pengacara Rizky Billar Usai Ditetapkan Tersangka

Hotma Sitompul ditunjuk sebagai pengacara Rizky Billar usai ditetapkan tersangka.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 13 Okt 2022, 18:30 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 18:30 WIB
Rizky Billar Ditahan Polres Jakarta Selatan Terkait Kasus KDRT Lesti Kejora
Artis Rizky Billar dihadirkan saat rilis kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya Lesti Kejora di Mapolres Jakarta, Kamis (13/10/2022). Setalah menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan, polisi secara resmi mengeluarkan surat penahanan terhadap Rizky Billar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Rizky Billar telah menjalani pemeriksaan kasus KDRT yang dilaporkan oleh istrinya, Lesti Kejora. Pria 27 tahun itu mendatangi Polres Jakarta Selatan di luar jadwal yang sudah ditentukan yakni Rabu, 12 Oktober 2022. Saat menjalani pemeriksaan, Billar bertindak sebagai saksi. Setelah diperiksa, Rizky Billar pun ditetapkan menjadi tersangka.

Setelah ditetapkan menjadi tersangka, pemilik nama asli Muhammad Rizky itu menunjuk Hotma Sitompul sebagai kuasa hukumnya. Pengacara kondang tersebut mengatakan dirinya telah menerima penunjukan sebagai kuasa hukum Rizky Billar pada Rabu sore usai kliennya itu mencabut kuasa dari kuasa hukum sebelumnya.

Pengacara 56 tahun itu mengejutkan para wartawan saat akan menemui Rizky Billar. Hotma dicecar awak media terkait strategi setelah Rizky Billar jadi tersangka. Hotma pun menjawab dengan sejumlah pernyataan terkait status tersangka kliennya. Salah satunya, ia siap mengajukan penangguhan penahanan untuk suami Lesti Kejora itu.

Berikut ini beberapa pernyataan Hotma Sitompul sebagai Pengacara Rizky Billar yang telah diulas Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022).


1. Hotma Sitompul resmi jadi kuasa hukum Rizky Billar

Hotma Sitompul bicara soal Kasus Kliennya Pendiri SPI Julianto Eka Putra. (YouTube Deddy Corbuzier)
Hotma Sitompul bicara soal Kasus Kliennya Pendiri SPI Julianto Eka Putra. (YouTube Deddy Corbuzier)

Pengacara kondang Hotma Sitompul resmi menjadi kuasa hukum Muhammad Rizky alias Rizky Billar. Hotma mengatakan dirinya telah menerima penunjukan sebagai kuasa hukum Rizky Billar pada Rabu sore usai kliennya itu mencabut kuasa dari kuasa hukum sebelumnya.

"Saya diminta mendampingi Rizky. Saya tahunya kuasa hukum yang pertama sudah dicabut. Saya tidak menerima kuasa sebelum kuasa sebelumnya dicabut," kata Hotma Sitompul di Polres Metro Jakarta Selatan, dilansir dari News Liputan6.com.

Meski begitu, Hotma menuturkan dirinya akan bekerja satu tim dengan kuasa hukum Rizky Billar sebelumnya, yakni Adek Erfil Manurung.


2. Ajukan permohonan tidak ditahan

Rizky Billar. (Foto: Dok. Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Dok. Instagram @rizkybillar)

Hal yang langsung dilakukan untuk membantu pesinetron tersebut adalah mengajukan surat permohonan supaya tidak ditahan. Sejurus dengan itu, Hotma Sitompul meluruskan kabar mengajukan permohonan penangguhan penahanan. "Bukan surat penangguhan penahanan, (tapi) surat permohonan untuk tidak ditahan," ujarnya.

"Saya mengajukan surat permohonan supaya tidak ditahan. Diajukan hari ini," kata Hotma Sitompul ditemui usai mengunjungi Billar di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (13/10/2022), dilansir KapanLagi.com.

Beredar kabar Rizky Billar ditahan aparat mengingat ia diancam hukuman maksimal 5 tahun penjara. Ancaman hukuman ini tak membuat kuasa hukum berhenti memperjuangkan agar tak ditahan.

 

 


3. Harus membela klien

Tampilan Rizky Billar/dok. Story Instagram @renzilazuardi
Tampilan Rizky Billar/dok. Story Instagram @renzilazuardi

Pengajuan surat permohonan supaya tidak ditahan dilakukan Hotma Sitompul sebagai langkah membela Rizky Billar. Meski kliennya tersebut terancam hukuman kurung lima tahun atas dugaan KDRT terhadap istrinya yakni Lesti.

"Ancaman hukuman kan boleh saja. Saya harus membela klien saya. Sebagai pengacara harus mengajukan surat permohonan yang sesuai dengan hukum," tambah Hotma Sitompul.

Hotma Sitompul juga mengungkap kondisi sang klien setelah menjalani pemeriksaan bersama penyidik di Polres Metro Jakarta Selatan. Rupanya, Rizky Billar kelelahan meladeni banyak pertanyaan.

"(Rizky Billar) letih sekali dan kita minta supaya ditunda dulu sementara," katanya, dilansir dari video klarifikasi di kanal YouTube KH Infotainment melalui Showbiz Liputan6.com.


4. Ingin berakhir damai

Rizky Billar Ditahan Polres Jakarta Selatan Terkait Kasus KDRT Lesti Kejora
Artis Rizky Billar dihadirkan saat rilis kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya Lesti Kejora di Mapolres Jakarta, Kamis (13/10/2022). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tak hanya membahas soal penangguhan penahanan, Hotma Sitompul juga 'menakar' peluang damai antara Rizky Billar dan Lesti Kejora telah dikaruniai seorang anak laki-laki. Lebih lanjut, sebagai kuasa hukum Hotma Sitompul ingin permasalahan hukum yang menimpa Rizky Billar bisa berakhir damai.

"Tolong supaya perkara ini bisa selesai dengan damai. Perang saja bisa damai. Perang dunia tuh, damai. Sekarang kami baru menuju perdamaian. Kita lihat nanti ya," tutup Hotma.

"Kelihatannya begitu. Saya datang. Kalian semua tahu bahwa kami orang yang suka berdamai, itu yang dicatat. Di dalam pembelaan kami selalu menekankan perdamaian," urai Hotma Sitompul.


5. Spekulasi pemindahan Rizky Billar

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Setelah Rizky Billar ditetapkan sebagai tersangka, sejumlah spekulasi mencuat. Salah satunya menyebut, bintang sinetron Cinta Karena Cinta akan dipindahkan ke Polda Metro Jaya.

Hotma Sitompul meluruskan, "Enggak benar itu." Ia menambahkan, "Kita bicara pada semua pihak, kita bicara pada penyidik. Kita tahu bahwa sekarang ada perdamaian yang dianjurkan oleh pihak kepolisian," terangnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya