Isi Sumpah Pemuda dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia

Isi Sumpah Pemuda dan maknanya sangat penting dipahami oleh setiap orang Indonesia, tidak hanya pemuda.

oleh Husnul Abdi diperbarui 25 Okt 2022, 19:45 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2022, 19:45 WIB
Ilustrasi Upacara.
Ilustrasi Upacara Bendera. (Photo Copyright by Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Isi Sumpah Pemuda dan maknanya sangat penting dipahami oleh setiap orang Indonesia, tidak hanya pemuda. Pasalnya, Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Sumpah Pemuda membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terurama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu, makna Sumpah Pemuda tentunya sangat penting untuk selalu ditanamkan dalam jiwa.

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Hal ini menilik pada hari lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Sumpah Pemuda terbentuk dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928.

Isi Sumpah Pemuda dan maknanya menegaskan cita-cita akan adanya "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Sumpah Pemuda adalah sebuah ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/10/2022) tentang isi Sumpah Pemuda dan maknanya.


Isi Sumpah Pemuda

Ilustrasi Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober
Ilustrasi Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. (Photo on Freepik)

Isi sumpah pemuda tentu perlu dikenali dan dipahami oleh setiap Warga Negara Indonesia. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Kongres Pemuda II ini diikuti oleh banyak peserta, yaitu perwakilan dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, dan lainnya. Kongres Pemuda II ini dilakukan di sebuah gedung yang terletak di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta Pusat. Kini gedung tersebut diabadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda.

Hadir juga di Kongres Pemuda II ini Wage Rudolf Supratman yang memainkan lagu Indonesia Raya dengan alunan biolanya. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan untuk pertama kalinya dalam kongres ini.

Isi sumpah pemuda mungkin sudah kamu kenali karena selalu dibacakan saat upacara bendera di sekolah. Isi sumpah pemuda tentunya perlu dipelajari dan dipahami oleh setiap pemuda Indonesia. Pasalnya, isi sumpah pemuda merupakan salah satu pemantik semangat memperjuangkan kemerdekaan.

Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana disebut sebagai Sumpah Pemuda:

- Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Air Indonesia.

- Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

- Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar

Ilustrasi Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober
Ilustrasi Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. (Photo on Freepik)

Isi Sumpah Pemuda dan maknanya tentu perlu dipahami oleh setiap pemuda Indonesia. Bagi para pelajar, isi sumpah pemuda dan maknanya tentu tidak boleh diabaikan. Pelajar sebagai pemuda Indonesia harus memahami perjuangan kemerdekan bangsa.

Berikut makna sumpah pemuda bagi pelajar:

Menghargai Perjuangan Bangsa

Makna sumpah pemuda bagi pelajar adalah sebagai wujud menghargai perjuangan bangsa Indonesia memperoleh kemerdekaan. Berkat perjuangan pendiri sekaligus pahlawan bangsa, Indonesia kibi telah mendapatkan hak pendidikan dan kesejahteraan. Sebagai generasi muda, pelajar perlu menghargai perjuangan ini melalui penghayatan sumpah pemuda.

Mencintai Indonesia

Sumpah Pemuda membuat generasi muda lebih mencintai bangsanya. Makna Sumpah Pemuda bisa menggambarkan semangat dan rasa bangga terhadap Indonesia. Hal ini bisa didukung dengan mencintai produk dengan menjunjung tinggi nilai persatuan.

Wujud Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia

Makna sumpah pemuda bagi pelajar merupakan wujud bangga terhadap bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Hal ini tertuang dalam isi sumpah pemuda ketiga yang berbunyi "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia". Melalui Sumpah Pemuda, pelajar akan lebih menghargai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dalam kehidupan sehari-harinya.


Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar

Ilustrasi hari sumpah pemuda, 28 Oktober
Ilustrasi hari sumpah pemuda, 28 Oktober. (Photo Copyright by Freepik)

Mendukung Toleransi

Sumpah Pemuda bisa jadi wujud toleransi untuk mewujudkan persatuan. Indonesia berisi ragam suku dan budaya. Dengan Sumpah Pemuda, generasi muda menjadi lebih menghargai keberagaman bangsanya. Hal ini tertuang dalam isi Sumpah Pemuda pertama dan keduayang berbunyi "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia." dan "Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia."

Semangat Belajar

Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar pastinya menumbuhkan semangat belajar dan terus berkarya. Melalui Sumpah Pemuda, semangat untuk terus belajar akan meningkat. Sumpah Pemuda juga mendorong para generasi muda memberikan yang terbaik untuk bangsanya.

Menjunjung Nama Baik Bangsa

Kesadaran akan satu bangsa dapat diwujudkan dengan perasaan dan sikap kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan cara menjunjung nama baik bangsa dan negara. Tak hanya itu, bisa juga dilakukan dengan meningkatkan nama baik Indonesia melalui perbuatan–perbuatan nyata di masyarakat, serta menggunakan produk dalam negeri.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya