9 Cara Membuat Presentasi yang Baik dan Efektif, Diskusi Lebih Interaktif

Cara membuat presentasi yang baik, dari menentukan topik, menyusun, dan membuat penutupnya.

oleh Laudia Tysara diperbarui 05 Nov 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi presentasi
Ilustrasi presentasi. (Sumber: Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cara membuat presentasi yang baik dan efektif sangat penting untuk menciptakan suasana diskusi yang interaktif. Presentasi dilakukan di hadapan banyak orang dengan menyampaikan materi, ide, dan gagasan.

Presentasi sama dengan proses diskusi. Bagaimana cara membuat presentasi yang baik dan efektif?

Pertama, cara membuat presentasi yang baik dan efektif adalah mengumpulkan materi yang akan disampaikan. Kedua, membuatnya menjadi satu materi dalam power point untuk memudahkan audiens memahami materi yang disampaikan. Ketiga, pembuatan presentasi harus ditutup dengan ajakan, bukan hanya kesimpulan.

Dalam sebuah presentasi, pahami media presentasi tidak hanya teks dan gambar. Presentasi yang baik, harus seimbang antara teks, video, gambar, grafik, hingga tabelnya. Selain itu, presentasi harus disampaikan dengan benar sesuai dengan keahlian.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara membuat presentasi yang baik dan efektif, Sabtu (5/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Presentasi yang Baik dan Efektif

Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels
Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels

Begini cara membuat presentasi yang baik dan efektif bagian pertama (mengumpulkan materi) dan kedua (membuatnya dalam power point) yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

Bagian Pertama Cara Membuat Presentasi

1. Menentukan Topik

Cara membuat presentasi yang baik dan efektif, harus dimulai dengan penentuan topik yang matang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), menjelaskan penentuan topik sangat penting dan menentukan presentasi akan menarik atau tidak.

Menentukan topik presentasi harus disesuaikan dengan keahlian yang dimiliki. Cara membuat presentasi dengan topik yang sesuai keahlian akan memudahkan dalam proses pengumpulan materi dan tanya-jawab saat presentasi berlangsung.

2. Menentukan Tujuan dan Pesan

Kemdikbud menjelaskan cara membuat presentasi yang baik dan efektif, materinya harus disesuaikan dengan audiens atau pendengar. Kemudian, menentukan tujuan presentasi agar pesan kepada audiens lebih jelas.

Ada tiga tujuan presentasi yang perlu diketahui. Dalam buku berjudul Speak With Power oleh David Pranata, tujuan presentasi adalah melihat dari sudut pandang audiens, harus spesifik, dan realistis untuk dicapai.  

Bagian Kedua Cara Membuat Presentasi

3. Meminimalkan Jumlah Slide

Cara membuat presentasi yang baik dan efektif bagian menyusun materi, pastikan untuk meminimalkan jumlah slide power point. Tujuannya untuk mempertahankan pesan yang jelas dan membuat audiens tetap penuh perhatian dan tertarik.

Penyampaian dan penjelasan yang diberikan menjadi faktor yang sangat penting dalam hal ini. Kemampuan menarik minat audiens dibutuhkan untuk membuat presentasi kamu berhasil memikat banyak orang.

3. Pilih Font yang Mudah Dibaca

Cara membuat presentasi yang baik dan efektif adalah harus memilih jenis font yang mudah dibaca. Memilih gaya font yang tepat, seperti Helvetica atau Arial, membuat pesan lebih mudah diterima.

Hindari font yang sempit, seperti Arial menyempit, dan menghindari font yang menyertakan tepi mewah, seperti kali. Lalu perhatikan juga, apakah font yang dipilih bisa dibaca dari jarak yang jauh.

4. Pilih Ukuran Font yang Pas

Sama seperti pemilihan font, ukuran font juga memiliki peranan yang sangat penting dalam proses membuat presentasi yang efektif.

Melansir dari Microsoft, bisa berpatokan pada ukuran ini untuk menentukan ukuran font di layar komputer. Aktifkan terlebih dahulu mode layar penuh pada tab tampilan, lalu dalam grup tampilan presentasi, klik peragaan slide.

Ini patokan ukuran yang dimaksudkan:

- Huruf satu inci dapat dibaca dari 10 kaki.

- Huruf dua inci dapat dibaca dari 20 kaki.

- Huruf tiga inci dapat dibaca dari 30 kaki.

Pengukuran tersebut menunjukkan ukuran font pada layar komputer, bukan saat diproyeksikan pada layar untuk audiens dalam mode layar penuh.

4. Membuat Teks Tetap Sederhana

Cara membuat presentasi yang baik dan efektif adalah membuat teks tetap sederhana. Gunakan poin atau kalimat singkat, dan cobalah untuk mempertahankan masing-masing satu baris artinya, tanpa kalimat-kalimat teks yang panjang.


Cara Membuat Presentasi yang Baik dan Efektif Selanjutnya

Ilustrasi laptop | Andrea Piacquadio dari Pexels
Ilustrasi laptop | Andrea Piacquadio dari Pexels

5. Menggunakan Grafik untuk Memperkuat Pesan

Memasukkan berbagai jenis grafik art guna membantu menyampaikan presentasi. Grafik akan membantu proses bercerita dalam presentasi, bisa semakin menarik minat audiens.

Meski begitu, cara membuat presentasi yang baik dan efektif dengan grafik adalah jangan membebani audiens dengan menambahkan terlalu banyak grafik ke slide. Audiens justru bisa merasa sangat bosan.

6. Membuat Latar Belakang Slide Halus dan Konsisten

Cara membuat presentasi yang baik dan efektif adalah membuat latar belakang slide tetap halus dan konsisten. Hal ini dilakukan agar audiens lebih nyaman melihat presentasi yang nantinya dipaparkan.

Pilih templat yang menarik, konsisten, atau tema yang tidak terlalu menarik perhatian. Cara membuat presentasi yang baik dan efektif ini tujuannya agar materi tidak kalah menarik dari latar belakang slide power poin.

7. Menggunakan Kontras Tinggi antara Warna Latar Belakang dan Warna Teks.

Masih seputar warna dan latar belakang, cara membuat presentasi yang baik dan efektif adalah disarankan menggunakan kontras tinggi antara warna latar belakang dan warna teks.

Hal ini sangat penting dalam cara membuat presentasi yang baik dan efektif, terutama agar audiens tidak merasa terganggu saat melihat slide presentasi.

8. Memeriksa Ejaan dan Tata Bahasa

Cara membuat presentasi yang baik dan efektif bagian akhir adalah periksa ejaan dan tata bahasa. Agar mendapatkan dan mampu mempertahankan rasa hormat dari audiens, selalu periksa ejaan dan tata bahasa dalam presentasi.

Hal ini kerap dianggap sepele, padahal adanya kesalahan kecil seperti ini sering sekali diperhatikan oleh audiens.

Bagian Ketiga Cara Membuat Presentasi

9. Akhiri Presentasi dengan Penutup dan Catatan

Kemdikbud merekomendasikan cara membuat presentasi yang baik dan efektif harus membuat penutup dan catatan presentasi. Penutupan presentasi bukan hanya menyimpulkan hal-hal yang sudah disampaikan. Melainkan sebuah ajakan bergeran dan melakukan sesuatu yang meyakinkan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya