Dapodik Adalah Pendataan dalam Bidang Pendidikan, Lengkap dengan Fungsinya

Dapodik adalah suatu sistem pendataan dalam bidang pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 08 Nov 2022, 09:45 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2022, 09:45 WIB
Dapodik Adalah Pendataan dalam Bidang Pendidikan, Lengkap dengan Fungsinya
Ilustrasi siswa/siswi sekolah. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Dapodik adalah singkatan dari data pokok pendidikan. Dapodik erat kaitannya dengan program perencanaan pendidikan nasional. Dapodik adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Dapodik sangat penting dalam dunia pendidikan, karena dapat menyajikan informasi kepada pengambil kebijakan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Selain itu, dengan adanya dapodik, sistem perencanaan pendidikan dalam suatu wilayah dapat terpantau dengan baik.

Dapodik adalah salah satu sistem yang digunakan sebagai database di satuan pendidikan. Database yang diunggah ke Dapodik harus disajikan dengan baik dan update, agar memudahkan banyak pihak untuk memberikan bantuan dalam meningkatkan kapasitas pendidikan.

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian dapodik dan fungsinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Dapodik

Dapodik Adalah Pendataan dalam Bidang Pendidikan, Lengkap dengan Fungsinya
Ilustrasi – Guru dan siswa. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Mengutip dari laman disdikpora, pengertian dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. 

Definisi lain, dapodik adalah sistem pengumpulan dan pengelolaan data pokok pendidikan yang terintegrasi untuk seluruh jenjang dan seluruh entitas data pokok pendidikan. Input data dilakukan oleh sekolah dan dikirim secara real-time ke Kemendikbud. Hal ini sesuai dalam Instruksi Menteri Nomor 2 Tahun 2011 tentang pengelolaan data pokok pendidikan dan Permendikbud Nomor 79 tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan.

Dapodik bukan sekadar digunakan sebagai data dasar untuk menyalurkan dana BOS, melainkan juga digunakan sebagai data untuk menyalurkan tunjangan profesi guru. Tidak hanya itu, dapodik juga bisa dijadikan sebagai dasar perencanaan untuk program-program pendidikan selanjutnya.

Dapodik dapat digunakan untuk memantau kondisi sekolah, mulai dari potret satuan pendidikan, status peserta didik, jumlah peserta didik, data jumlah rombel yang sesuai standar, sarana prasarana, dan lain sebagainya.

Seluruh data tersebut bisa dijadikan sebagai data profil pendidikan yang disajikan dalam sistem rapor pendidikan. Pastinya, rapor pendidikan tersebut akan dituangkan ke dalam platform digital yang bisa diakses oleh bapak atau ibu guru. Dengan begitu, dapodik berperan penting dalam keberlangsungan dunia pendidikan.


Fungsi Dapodik

Dapodik Adalah Pendataan dalam Bidang Pendidikan, Lengkap dengan Fungsinya
PPPK merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja sesuai dengan perjanjian kontrak yang sudah ditetapkan.

1. Syarat mengikuti seleksi PPPK

Guru yang berkeinginan dan berniatan untuk mengikuti seleksi PPPK wajib terdaftar pada data pokok pendidikan, selain itu kriteria guru untuk mengikuti seleksi PPPK yakni sebagai Guru Honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemendikbud.

2. Mengalokasikan dana BOS

Dapodik bisa dipakai pemerintah untuk mengalokasikan dana BOS bagi tiap sekolah sesuai dengan jumlah siswanya. Program BOS adalah salah satu program pendidikan yang telah dijalankan sejak 2005 dan bermanfaat untuk membantu para siswa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

3. Menerima tunjangan pemerintah

Guru yang sudah memenuhi persyaratan biasanya akan mendapatkan berbagai tunjangan dari pemerintah dan data guru penerimanya biasanya diambil dari Dapodik. Apabila guru belum terdaftar di Dapodik, maka akan sulit untuk mendapatkan tunjangan.

4. Acuan alokasi dana sekolah

Sebagai pengembangan sistem pendidikan di tiap sekolah, tentu dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Dapodik juga dijadikan acuan pemerintah dalam menyalurkan alokasi dana untuk pengembangan sarana dan prasarana di tiap sekolah.


Fungsi Dapodik

Dapodik Adalah Pendataan dalam Bidang Pendidikan, Lengkap dengan Fungsinya
Pelaksanaan Apel serentak ini dilakukan di 33 Sekolah yang terdiri dari 6 SMP, 18 SMK, 6 SMA dan 3 Madrasah yang ada dikota Tangerang. (Foto:Liputan6/Pramita Tristiawati)

5. Monitoring kinerja sekolah

Setiap sekolah yang telah mengalami perubahan kelembagaan, maka perlu adanya perubahan di sistem Dapodik. Dengan adanya Dapodik, maka pemerintah akan mengetahui mengenai pengajuan dan perbaikan data kelembagaan suatu sekolah.

6. Pengajuan verval data

Selanjutnya, fungsi dapodik adalah untuk melakukan pengajuan dan verval data, nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan atau NUPTK. Setiap guru pasti memiliki nomor unik tersendiri dan tidak mungkin sama dengan yang lainnya.

7. Pengajuan NPSN

Berikutnya, fungsi dapodik adalah untuk pengajuan dan verval data peserta didik atau siswa dan nomor induk siswa nasional atau NISN. Tak hanya itu, Dapodik juga bisa berguna untuk pengajuan dan verval data satuan pendidikan dan nomor pokok sekolah nasional atau NPSN.

8. Monitoring kebjiakan pendidikan

Dengan adanya dapodik dapat membantu proses pemetaan dan pemerataan guru di seluruh Indonesia. Hal ini membantu pemerintah dalam monitoring dan evaluasi berbagai kebijakan yang dijalankan.

9. Meningkatkan efektifitas pelaporan sekolah

Aplikasi dapodik tentu berbasis online, sehingga mampu mempercepat dan meningkatkan efektifitas dalam hal pelaporan yang dilakukan pihak sekolah kepada pemerintah.


Isi Dapodik

Dapodik Adalah Pendataan dalam Bidang Pendidikan, Lengkap dengan Fungsinya
Guru mengatur para murid sebelum upacara di SD Pasar Baru 05, Jakarta, Senin (27/7/2015). Usai libur panjang Idul Fitri para siswa kembali beraktivitas mengikuti pelajaran di sekolah untuk tahun ajaran 2015-2016. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Secara umum, Dapodik sangat bermanfaat untuk menjaring seluruh data tentang informasi kelembagaan, data siswa, kurikulum sekolah, data guru dan karyawan, data sarana dan prasarana di setiap sekolah di Indonesia, bahkan sekolah-sekolah Indonesia yang berada di luar negeri.

Dapodik mendapatkan data utama pendidikan nasional tersebut dari sumber Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN, Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN, hingga Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau NUPTK

Ketiga program pengelolaan data utama tersebut menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan sebagai Data Pendukung Utama Pendidikan Nasional yang valid, akurat, akuntabel dan up to date untuk digunakan dalam melaksanakan program-program Pendidikan Nasional lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya