5 Ceramah Singkat Tentang Sedekah, Penuh Hikmah Dan Menginspirasi

Kumpulan contoh ceramah singkat tentang sedekah yang dapat anda simak.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 19 Jan 2023, 17:15 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2023, 17:15 WIB
Ilustrasi ceramah, khotbah
Ilustrasi ceramah, khotbah. (Photo created by storyset on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Ceramah singkat tentang sedekah menjadi salah satu media dakwah, untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya melakukan sedekah dengan ikhlas. Ceramah adalah salah satu cara untuk memberikan pencerahan, nasehat dan motivasi kepada orang lain, baik dalam acara pengajian maupun acara formal keagamaan lainnya.

Sedangkan sedekah merupakan salah satu perbuatan baik, yang dapat memberikan kita pahala dan kebaikan jika melakukannya. Oleh karena itu memberikan ceramah singkat tentang sedekah, juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pahala dan kebaikan bagi kita, dengan membagikan ilmu yang bermanfaat melalui ceramah singkat tentang sedekah.

Materi yang diangkat dalam ceramah singkat tentang sedekah juga bisa divariasikan, dimana penceramah bisa mengambil berbagai sudut tentang sedekah. Seperti manfaat sedekah, keutamaan sedekah maupun cara melakukan sedekah. Lantas bagaimana ceramah singkat tentang sedekah yang bagus?

Anda tidak perlu bingung untuk membuatnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (19/1/2023). Kumpulan contoh ceramah singkat tentang sedekah yang dapat anda simak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Ilustrasi pidato, ceramah, khotbah
Ilustrasi pidato, ceramah, khotbah. (Photo by Muhammad Adil on Unsplash)

1. Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai sedekah.

Sedekah merupakan perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah SWT dan sangat dianjurkan bagi kita yang mempunyai rezeki lebih. Harta yang kita miliki sebagiannya adalah hak orang-orang yang tidak mampu, jadi kita harus mengeluarkan hak mereka agar harta kita menjadi bersih.

Rasulullah SAW sudah mengajarkan kepada umat-umatnya untuk mengutamakan bersedekah. Sedekah akan membuat hidup menjadi barokah. Allah juga berjanji bahwa bersedekah tidak membuat kita menjadi miskin. Justru Allah akan melipat gandakan harta yang sudah kita sedekahkan.

Semoga dengan bersedekah akan memberi manfaat bagi kehidupan kita di masa yang akan datang dan membuka pintu rezeki seluas-luasnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan, Wassalamualaikum wr.wb


Ceramah Singkat Tentang Sedekah Di Waktu Sulit

2. Ceramah Singkat Tentang Sedekah Di Waktu Sulit

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Saat kita kekurangan, Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji orang-orang yang berusaha untuk tidak meminta-minta. Dalam Al-Qur’anul Karim Allah sebutkan bahwasanya mereka:

لَا يَسْأَلُونَ النَّاسَ إِلْحَافًا

“Mereka tidak minta kepada manusia dengan terus-menerus.” (QS. Al-Baqarah : 273)

Maka para ulama mengatakan bahwa fakir miskin yang jenis inilah yang paling berhak dan paling layak untuk kita kedepankan. Mereka yang berusaha untuk menjaga kehormatannya sebagai seorang muslim. Namun tentunya Anda yang diberikan oleh Allah kemampuan harta, usahakanlah jangan sampai kepelitan itu membelit hati Anda. Berusahalah untuk melihat tetangga-tetangga kita, melihat keadaan masyarakat kita, mereka yang susah kita berusaha bantu, para janda yang susah kita bantulah. Demi Allah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

السَّاعِي عَلَى الأَرْمَلَةِ وَالمِسْكِينِ كَالْمُجَاهِدِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

“Orang yang memperhatikan para janda dan orang-orang yang lemah itu pahalanya bagaikan orang yang berjihad dijalan Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Bukhari)

Bagaikan orang yang berpuasa dan tidak pernah berbuka kata Rasulullah, bagaikan orang yang terus-menerus shalat dan tak pernah lelah kata Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Maka saudaraku.. Betapa Islam menganjurkan kita untuk berjiwa sosial, untuk tidak hanya memikirkan diri kita sendiri saja. Tapi kita berusaha untuk bagaimana semua kita kaum muslimin untuk bisa mendapatkan kenikmatan yang Allah berikan kepada kita.

Maka saudaraku.. buanglah kekikiran, yakinlah akan janji Allah bahwasanya sedekah tidak mengurangi harta kita. Yakinlah bahwa sanya sedekah itu justru malah memberkahi harta kita. Dan Allah tidak pernah tidak menepati janji, Allah selalu menepati janjiNya. Walaupun tentunya kita bersedekah bukan karena ingin diganti di dunia, bukan. Karena pahala akhirat itu yang lebih besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Adapun balasan dunia itu sesuatu yang kecil di mata Allah Jalla wa ‘Ala.

Demikian yang bisa saya sampaikan, Wassalamualaikum wr.wb


Ceramah Singkat Tentang Sedekah Dan Manfaatnya

3. Ceramah Singkat Tentang Sedekah Dan Manfaatnya

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kita awali ceramah ini dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT. dan tak lupa shalawat serta salam untuk Nabi Muhammad saw. beserta keluarga dan pengikutnya. Di kesempatan kali ini, saya akan memberikan manfaat tentang bersedekah. Sedekah memiliki banyak manfaat, sehingga umat Islam disunahkan untuk bersedekah.

Contoh dari manfaat sedekah di antaranya adalah:

A. Bertambah Rezeki

Sedekah tidak membuat kita miskin, karena rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. Menurut sabda Rasulullah saw.:

“Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian.”

Di dalam Al-Qur’an pun tertulis bahwa orang yang bersedekah akan dijanjikan oleh Allah balasan berupa 10x dari jumlah sedekah mereka.

B. Meningkatkan Derajat Seseorang

Orang yang bersedekah akan ditingkatkan derajatnya oleh Allah dan selalu mendapatkan keberkahan dalam rezekinya. Hal ini berbeda dengan orang kikir yang memiliki banyak harta tapi hidupnya tidak tenang dan penuh masalah. Pernyataan ini juga dapat dibaca di hadis Muslim yang berbunyi:

“Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah saw. bersabda, sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah akan memberi kemuliaan pada hambanya yang pemaaf dan tawadhu karena Allah dan Allah akan meningkatkan derajatnya,” (HR Muslim).

C. Didoakan oleh Malaikat

Abu Hurairah berkata, Nabi Muhammad saw. bersabda:

“Ketika orang berada di waktu pagi, dua malaikat akan turun kepadanya, lalu salah satunya berkata: Ya Allah berilah harta kepada orang yang menginfakkan hartanya. Kemudian malaikat yang satunya berkata: Ya Allah binasakan orang-orang yang bakhil.”

Itulah beragam manfaat dari sedekah, semoga kita semua dapat bersedekah sebanyak mungkin agar dihindari api neraka.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Ceramah Singkat Tentang Sedekah Subuh

4. Ceramah Singkat Tentang Sedekah Subuh

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Bapak ibu guru yang terhormati dan hadirin yang berbahagia, Izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan materi tentang keutamaan sedekah subuh.

Sedekah termasuk salah satu amalan utama yang perlu kita biasakan sejak dini. Kita perlu melatih keluarga kita, terutama anak-anak kita untuk bersedekah setiap hari. Salah satu amalan utama sedekah adalah sedekah subuh.

Sebenarnya, sedekah termasuk salah satu amalan yang tak terbatas oleh waktu. Kamu bisa bersedekah kapan pun, di mana pun dan kepada siapa pun. Namun, bila Kamu sedekah subuh, maka memperoleh keutamaan yang berlipat-lipat dibanding sedekah pada waktu yang lainnya.

Lantas, apa keajaiban sedekah? Inilah beberapa keutamaan dan keajaiban sedekah subuh.

- Didoakan 2 malaikat

- Menghapus dosa-dosa

- Membuat harta lebih berkah

- Sangat dekat dengan pintu surga

- Perlindungan dari musibah

Bapak ibu guru yang terhormat, Hadirin yang berbahagia, Bagaimana cara sedekah subuh yang tepat? Kamu bisa memberikan sedekah subuh Kamu kepada orang yang membutuhkan. Misalnya saja, saat Kamu keluar rumah. Kamu mendapati ada tetangga atau saudara yang butuh uang.

Kemudian Kamu memberikan uang kepadanya. Tentu, sesuai kemampuan Kamu. Hakikat dari sedekah adalah berbagi, sharing dan ikut merasakan penderitaan orang lain. Demikian pembahasan kultum singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Ceramah Singkat Tentang Sedekah Di Bulan Ramadhan

5. Ceramah Singkat Tentang Sedekah Di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Bapak ibu guru yang terhormat dan Hadirin yang berbahagia,

Izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan materi tentang keutamaan sedekah pada bulan Ramadan. Ramadan merupakan bulan mulia. Bahkan, Ramadhan bulan yang paling mulia di antara bulan-bulan yang lainnya. Ada banyak kemuliaan Ramadan. Mulai dari; turunnya malam Lailatul Qadar, Nuzulul Quran. Allah melipat gandakan amalan manusia pada bulan Ramadhan.

Allah berfirman dalam Al Quran:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al-Baqarah: 185)

Ada lagi amalan yang sangat bernilai tinggi di bulan suci Ramadhan. Apakah amalan itu? Amalan itu adalah bersedekah. Allah melipat gandakan amalan sedekah 10 kali lipat pada hari-hari biasa. Namun, pada bulan suci Ramadhan Allah melipatgandakan hingga tak terhingga.

Adakah pengaruh sedekah bagi seseorang? Tentu saja ada. Sedekah akan membuat Kamu semakin sehat, kaya dan bahagia. Nabi bersabda tentang keutamaan sedekah ini dalam sabdanya yang mulia:

ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Sedekah bukan mengurangi harta tetapi melipat gandakan. Baginda nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah contoh nyata dalam bersedekah pada hari-hari biasa, beliau sedekahnya luar biasa. Pada bulan suci Ramadhan, beliau sedekahnya jauh lebih banyak dari hari-hari biasa.

Sedekah kita pada bulan Ramadhan bisa kita berikan kepada fakir miskin, hamba sahaya orang yang membutuhkan. Kamu juga bisa mewujudkan sedekah dalam bentuk hidangan untuk buka puasa, takjil Ramadhan, memberi jaminan konsumsi tadarus di masjid atau mushola di sekitar rumah Kamu.

Hakikatnya, sedekah yang kita keluarkan itu akan kembali kepada kita. Bahkan, sedekah itu kebutuhan kita bukan kebutuhan orang yang kita sedekahi.

Demikian pembahasan kultum singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat.

WassalamuAlaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya