12 Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri, Cocok Untuk Pemula

Cara belajar Bahasa Inggris secara mandiri, yang mudah dan cocok untuk anda yang masih pemula.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 20 Feb 2023, 10:25 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2023, 10:25 WIB
Ilustrasi belajar bahasa Inggris. © Kidsdailies.com
Ilustrasi belajar bahasa Inggris. © Kidsdailies.com

Liputan6.com, Jakarta Cara belajar Bahasa Inggris yang mudah dan cepat menjadi salah satu hal yang makin banyak dicari belakangan ini. Mengingat zaman yang terus berkembangan dan penggunaan Bahasa Inggris yang kian banyak digunakan, tuntutan akan kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris menjadi salah satu nilai yang sangat dipertimbangkan saat ini.

Tidak hanya di bidang akademik, nyatanya kini Bahasa Inggris juga menjadi standar yang harus dipenuhi dalam dunia pekerjaan dan juga pergaulan yang lebih luas. Predikatnya sebagai bahasa Internasional, membuat siapapun yang dapat berbahasa Inggris memiliki peluang yang lebih luas, inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk belajar dan menemukan cara belajar Bahasa Inggris yang cocok dengan mereka.

Kursus menjadi salah satu cara belajar Bahasa Inggris yang paling banyak diketahui oleh banyak orang, namun bagi anda yang tidak dapat mengikuti kursus karena kondisi tertentu, seperti jadwal yang tidak cocok atau keinginan untuk menghemat budget, anda bisa tetap menguasai Bahasa Inggris dengan mengikuti tata cara belajar Bahasa Inggris secara mandiri.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara belajar Bahasa Inggris secara mandiri, yang mudah dan cocok untuk anda yang masih pemula, Senin (20/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Ilustrasi belajar bahasa Inggris
Ilustrasi belajar bahasa Inggris. (Photo Copyright by Freepik)

1. Tetapkan Tujuan untuk Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Untuk belajar bahasa Inggris tanpa guru, anda harus realistis dalam belajar. Jika anda ingin mengetahui seberapa banyak bahasa Inggris yang sudah anda ketahui, ikuti tes tingkat bahasa Inggris online untuk memeriksanya. Sekarang, putuskan berapa lama anda akan belajar bahasa Inggris setiap hari. Tiga puluh menit itu bagus, tetapi jika anda bisa melakukan lebih banyak, itu lebih baik.

Selanjutnya, tuliskan tujuan belajar bahasa Inggris anda. Ini membuat tujuan anda menjadi nyata. Selain itu, menuliskannya berarti anda selalu dapat melihatnya lagi. Anda juga ingin membuat banyak tujuan kecil daripada satu tujuan besar. Karena tujuan besar bisa sangat mengintimidasi. 

 

2. Buat Rencana Studi Bahasa Inggris

Anda tidak perlu membuatnya terlihat seperti garis besar mata kuliah. Namun, rencana studi anda harus memiliki beberapa perincian tentang apa yang akan anda pelajari dan bagaimana anda akan mempelajarinya. Pikirkan tentang tujuan belajar bahasa Inggris anda. Pastikan rencana studi anda akan membantu anda menyelesaikan tujuan tersebut.

Misalnya, katakanlah tujuan anda adalah meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris anda. Rencana studi anda harus memiliki aktivitas yang membantu membaca, seperti:

- Belajar kosa kata baru dengan flashcards

- Membaca teks dan menulis ringkasan

- Melakukan latihan tata bahasa

Pastikan rencana studi anda memiliki jenis kegiatan yang berbeda. Itu akan membuat pelajaran bahasa Inggris anda menarik dan menyenangkan! anda dapat memainkan permainan kosa kata, menonton video YouTube, berbicara dengan penutur asli dan lainnya. Ingat, rencana studi harus membantu anda mencapai tujuan anda. Jadi rencana studi selalu bisa berubah jika anda membuat tujuan baru.

 

3. Gunakan Perendaman Bahasa Inggris

Untuk berhasil belajar bahasa Inggris sendiri, anda harus memasukkan bahasa Inggris dalam hidup anda sebanyak mungkin. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah teknik perendaman. Pembelajaran bahasa imersi berarti mengelilingi diri anda dengan bahasa yang ingin anda pelajari. Jadi letakkan bahasa Inggris di sekitar anda.

Ada banyak cara untuk melakukan perendaman bahasa Inggris di rumah. Seperti:

- Beri label sesuatu dengan nama Inggris mereka. Tulis nama benda, furniture, atau ruangan di Post-it Notes. Setiap kali anda melihat Post-it Note, ucapkan kata itu dengan lantang.

- Gunakan program komputer untuk belajar bahasa Inggris. Bekerja melalui program dengan kecepatan anda sendiri. 

- Kerjakan tugas sehari-hari dalam bahasa Inggris. anda dapat menonton atau membaca berita dalam bahasa Inggris, atau berbicara tentang apa yang perlu anda lakukan di sekitar rumah. anda bisa menulis jurnal harian dalam bahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

- Berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris. Buat beberapa teman di media sosial yang dapat berbahasa Inggris. Kemudian, jadwalkan waktu untuk berbicara dengan mereka setiap minggu.


Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri

4. Mulailah dengan Buku Anak, Film, dan Acara TV

Jika anda pemula, anda perlu mempelajari bunyi bahasa Inggris dan kosakata dasar terlebih dahulu. Sama seperti anak-anak berbahasa Inggris. Buku, film, dan acara TV anak-anak mencakup topik-topik dasar ini. Mereka juga mudah dimengerti, bahkan jika anda belum tahu banyak bahasa Inggris. Gunakan bahan yang dibuat untuk anak-anak serta bahan belajar anda yang lain. Ini akan lebih memahami dan meningkatkan rasa percaya diri anda pada saat yang sama.

 

5. Dengarkan Apa Saja dan Segalanya dalam Bahasa Inggris

Ada banyak materi mendengarkan bahasa Inggris di luar sana. Ini sangat berharga (berguna) bagi pembelajar bahasa Inggris. Ingat, anda mempelajari bahasa pertama anda dengan banyak mendengarkan di awal. Mendengarkan membantu anda mengambil kata-kata dari orang yang anda dengar.

Anda dapat melakukan hal yang sama dengan bahasa Inggris. Pada awalnya, anda mungkin hanya mengerti sedikit. Tetapi semakin banyak anda mendengarkan, semakin banyak kosakata yang akan anda peroleh. Selanjutnya, anda akan dapat membuat frase. Akhirnya, anda akan dapat membentuk kalimat lengkap!

Jadi, dengarkan bahasa Inggris kapan pun anda punya kesempatan. Putar lagu berbahasa Inggris di latar belakang. Dengarkan podcast pembelajaran bahasa Inggris . Menonton TV atau film, atau mendengarkan orang berbicara dalam bahasa Inggris di jalan. Segera, anda juga akan melakukan percakapan dalam bahasa Inggris.

 

6. Belajar dengan Musik Bahasa Inggris

Sangat menyenangkan mendengarkan musik berbahasa Inggris sambil melakukan aktivitas lain. Namun, untuk benar-benar belajar bahasa Inggris dari lagu, anda perlu memperhatikan musik itu sendiri.

Kata-kata dalam sebuah lagu disebut lirik. Pilih lagu bahasa Inggris yang anda suka dan cari liriknya. Cobalah untuk memahami apa yang dikatakan dan apa artinya. Tuliskan kata dan frasa yang menurut anda akan berguna bagi anda di masa mendatang. Jangan lupa berlatih menggunakannya saat anda bisa!

Pelajari liriknya sampai anda mengenalnya. Kemudian, mainkan lagi lagu tersebut dan nyanyikan bersama kata-katanya. Belajar dengan musik bisa sangat menyenangkan. Plus, lagu-lagunya menarik. Jika anda lupa satu kata yang anda pelajari dari lagu tersebut, mulailah bernyanyi! Itu mungkin akan kembali kepada anda.


Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri

7. Tonton YouTube, Acara TV, dan Film

Materi anak-anak bisa jadi mudah dan menyenangkan, tetapi anda mungkin masih menginginkan sesuatu yang lebih menarik. Jadi carilah video berbahasa Inggris tentang topik favorit anda di YouTube. Ada juga banyak saluran YouTube untuk pelajar bahasa Inggris. Anda juga dapat menonton acara TV berbahasa Inggris. Acara TV adalah cara yang bagus untuk mempelajari bahasa kehidupan nyata.

Demikian pula, film berbahasa Inggris menarik dan akan membantu anda mempelajari bahasa dan budaya pada saat yang bersamaan. Netflix atau aplikasi streaming lainnya memiliki banyak opsi untuk film dan acara TV untuk membantu anda belajar bahasa Inggris sendiri. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat belajar dengan video lebih mudah:

- Berlatihlah dengan menonton video yang lebih singkat. Misalnya, menonton satu adegan film pada satu waktu. Hentikan video setelah setiap kalimat sehingga anda dapat memahami apa yang dikatakan orang tersebut.

- Gunakan subtitle untuk membantu anda. Carilah kata-kata yang tidak anda ketahui. Tuliskan kata dan frasa yang sering muncul. Berlatihlah menggunakannya nanti saat anda berbicara atau menulis.

 

8. Berlatih Berbicara dalam Bahasa Inggris

Meskipun anda belajar bahasa Inggris sendiri, anda tetap perlu berlatih berbicara. Untungnya, ada banyak cara belajar bahasa Inggris dengan berbicara di rumah . Pertama, pilih aksen Inggris. Banyak orang di seluruh dunia berbicara bahasa Inggris. Tempat yang berbeda menggunakan aksen yang berbeda, serta beberapa kosa kata yang berbeda.

Selanjutnya, berlatihlah mendengarkan aksen bahasa Inggris pilihan anda. Latihan mendengarkan bahasa Inggris akan membantu anda mempelajari bunyi bahasa Inggris. Lalu mulailah berbicara. Ulangi apa yang dikatakan karakter film. Baca buku dengan keras. Rekam diri anda berbicara dalam bahasa Inggris dan koreksi diri anda. Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris anda.

Tetapi cara terbaik adalah berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris. anda akan berlatih mendengarkan, memahami, dan merespons dengan cara yang benar. Ini adalah cara tercepat untuk menjadi lebih baik dalam berbicara.

 

9. Buat Kartu Flash

Flashcards adalah cara yang bagus untuk melatih kata dan frasa. Anda dapat membuat kartu flash fisik atau kartu flash digital. Untuk membuat flash card fisik, siapkan beberapa lembar kertas kecil, seperti kartu indeks. Tulis kata bahasa Inggris di satu sisi, lalu tulis kata dalam bahasa anda di belakang. Untuk membuat kartu flash digital, anda dapat mengunduh aplikasi di ponsel. 

Saat anda memiliki waktu luang, buka kartu-kartu itu dan lihat berapa banyak yang anda ingat. Mulailah dengan membaca sisi bahasa Inggris. Cobalah untuk mengingat kata dalam bahasa ibu anda. Setelah anda mengetahui semua kartu dengan cara ini, balikan. Mulailah dengan kata dalam bahasa anda dan cobalah untuk mengingat kata bahasa Inggris.


Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri

10. Ikuti Klub Bahasa Inggris dan Forum Bahasa

Bertemu dengan teman-teman anda yang belajar bahasa Inggris setiap minggu. anda dapat bertemu di rumah atau di kafe lokal. Tidak masalah di mana anda bertemu. Yang penting adalah anda hanya berbicara dalam bahasa Inggris dan tidak dicampur dengan Bahasa lainnya. Menominasikan satu orang untuk membawa topik yang menarik untuk didiskusikan (dibicarakan) setiap minggu. 

Anda dapat mendiskusikan situs web berbahasa Inggris baru yang anda temukan, artikel berita keren, atau film berbahasa Inggris yang mudah dipahami. Namun, mungkin anda tidak bisa bertemu dengan sekelompok teman yang belajar bahasa Inggris setiap minggu. Atau mungkin anda ingin lebih banyak latihan selain pertemuan mingguan anda.

Anda juga bisa bergabung dengan forum online. Ada forum online tentang semua jenis topik. Ini berarti mereka adalah tempat yang bagus untuk melatih kemampuan bahasa Inggris tertulis dan komunikasi anda. Misalnya, forum online populer adalah Reddit. anda dapat mencari topik yang menarik bagi anda. Seperti :

- Membaca postingan orang lain

- Membalas pengguna lain

- Bergabung dengan percakapan

 

11. Ukur Kemajuan Bahasa Inggris anda

Ingat tujuan yang anda buat di awal daftar ini? Nah, untuk berhasil belajar bahasa Inggris sendiri, anda perlu memastikan bahwa anda mencapai tujuan tersebut. Untuk melakukan itu, anda perlu mengukur kemajuan anda. Rekam diri anda berbicara dalam bahasa Inggris. Jika anda tidak ingin menulis tentang hal-hal itu, bicarakanlah dengan lantang.

Gunakan aplikasi pengucapan bahasa Inggris untuk membantu memastikan anda mengatakan sesuatu dengan benar. Saat anda mendengarkan rekaman anda nanti, anda akan dapat mendengar kemajuan anda. anda akan menggunakan kosa kata yang lebih baik dan berbicara lebih jelas dan percaya diri.

 

12. Tetap Termotivasi

Untuk menjadi sukses, anda perlu belajar dan berlatih bahasa Inggris selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Jika anda tidak ingin belajar, anda tidak akan melakukannya. Sangat mudah untuk berhenti belajar, terutama ketika anda belajar sendiri. Jadi, bagaimana agar anda tetap termotivasi ?

Pertama, ikuti rencana studi anda. Rencana belajar anda harus berubah setiap minggu, tetapi anda harus tetap memiliki waktu yang hanya untuk belajar bahasa Inggris. Sebagai tip, yang terbaik adalah belajar dalam banyak sesi pendek daripada hanya satu sesi panjang.

Selanjutnya, gunakan downtime anda untuk bahasa Inggris. Waktu henti adalah waktu di siang hari saat anda tidak bekerja, belajar, atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Mungkin anda menonton TV selama dua jam setiap malam setelah makan malam. Sebaliknya, anda bisa menggunakan waktu itu untuk belajar bahasa Inggris.

Terakhir, gunakan banyak bahan pembelajaran yang berbeda. Gunakan buku, YouTube, film, game, percakapan, dan lainnya. Kegiatan yang berbeda akan membantu untuk memastikan bahwa anda tidak bosan. Ketika pembelajarannya menyenangkan, anda akan merasa termotivasi dalam pelajaran bahasa Inggris anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya