Al Waqiah Surat Ke-berapa? Ketahui Isi Kandungan dan Keutamaannya

Dalam mushaf Al-Qur'an, Al Waqiah surat ke-56. Al Waqiah sendiri berarti hari kiamat.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 09 Mar 2023, 15:08 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2023, 16:30 WIB
Syariat Syirkah dalam Al-Qur’an Surat Al-Anfal Ayat 41
Ilustrasi Al-Qur'an Credit: pexels.com/Ali

Liputan6.com, Jakarta Al Waqiah surat ke-56 di dalam mushaf Al-Qur'an. Al Waqiah sendiri berarti hari kiamat. Surat Al Waqiah terdiri atas 96 ayat dan tergolong dalam surat Makkiyah.

Surat Al Waqiah merupakan surat dalam Al-Qur'an yang dianggap memiliki keutamaan, terutama dalam membuka pintu rezeki. Maka tidak mengherankan jika surat Al Waqiah surat ke-56 dalam mushaf Al-Qur'an juga disebut sebagai ayat seribu dinar.

Al Waqiah surat ke-56 dalam mushaf Al-Qur'an yang turun karena sebab-sebab yang disebut sebagai asbabun nuzulnya. Berdasarkan ayat-ayat yang turun, ada beberapa hal yang menjadi asbabun nuzul surat Al Waqiah.

Untuk lebih memahami Al Waqiah surat ke-56 dalam mushaf Al-Qur'an, berikut penjelasannya mencakup kandungan serta keutamaannya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (2/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kandungan Surat Al Waqiah

Al Waqiah surat ke-56 dalam mushaf Al-Qur'an merupakan salah satu surat yang masuk dalam golongan surat Makkiyah. Al Waqiah sendiri berarti hati kiamat. Maka tidak mengherankan jika surat ini menggambarkan tentang segala sesuatu yang akan terjadi di hari kiamat kelak.

Selain itu, Surat Al Waqiah juga menyampaikan kabar tentang hari setelah kiamat, ketika setiap umat manusia akan menjalani hisab, yakni dihitung setiap amal perbuatannya. Dalam Al Waqiah surat ke-56 dalam mushaf Al-Qur'an disebutkan, semua orang yang menjalani hisab akan terbagi menjadi tiga golongan.

Golongan yang pertama adalah golongan As Shabiqun, yakni orang-orang yang bersegera menjalankan kebaikan. Golongan kedua adalah ashabul yamin atau golongan kanan, yakni golongan yang akan merasakan kenikmatan abadi yang tak pernah mereka rasakan ketika hidup di dunia. Dapat dipahami bahwa golongan kanan ini adalah golongan yang akan masuk surga.

Adapun golong yang ketiga adalah ash khabus syimal atau golongan kiri. Yang dimaksud golongan kiri adalah mereka yang semasa hidup, terus-menerus mengerjakan dosa besar, dan bermewah-mewahan. Golongan ini adalah golongan yang celaka di akhirat kelak.

Al Waqiah surat ke-56 dalam mushaf Al-Qur'an juga berisi tentang bantahan  Allah kepada orang-orang yang mengingkari keberadaan Tuhan, hari kiamat, dan adanya hisab. Selain itu diterangkan pula dalam surat ini bahwa Al Quran berasal dari Lauh Mahfudz.


Pesan dan Anjuran dalam Surat Al Waqiah

Ayat lain dalam Surat Al Baqarah yang Menjelaskan Tentang Kewajiban Berpuasa
Ilustrasi Al-Qur'an Credit: freepik.com

Selain itu, Al Waqiah surat ke-56 dalam mushaf Al-Qur'an, juga mengandung isi berupa anjuran dan pesan, antara lain sebagai berikut:

1. Anjuran bagi manusia untuk mempersiapkan diri mengahdapi hari pembalasan

2. Kiat-kiat untuk lebih menghayati keimanan

3. Beberapa proses usaha mendapatkan Ridha Allah dengan amal shaleh

4. Penjelasan tentang kekuasaan Allah sebagai bukti kepada manusia atas keAgungan-Nya

5. Penjelasan tentang tiga golongan manusia yang nanti di hisab di akhirat serta balasan dari tiap golongan tersebut, serta sebab-sebab mengapa mereka mendapatkan balasan tersebut.

6. Kemudian ada pula gambaran tentang proses dicabutnya nyawa manusia. Proses kematian itu digambarkan dengan tujuan agar manusia mengambil pelajaran bahwa mereka tidak akan kuasa lari dan menghindar dari kematian. Hakikatnya, Allah telah lebih dahulu dekat dengan mereka dibanding kematian itu sendiri.


Keutamaan Surat Al Waqiah

Ilustrasi Al-Qur'an
Ilustrasi Al-Qur'an (Photo by Anis Coquelet on Unsplash)

Al Waqiah surat ke-56 dalam mushaf Al-Qur'an memiliki julukan ayat seribu dinar. Bukan tanpa alasan surat tersebut memiliki sebutan ayat seribu dinar. Sebab, Al Waqiah surat ke-56 dalam mushaf Al-Qur'an diyakini memiliki keutamaan, terutama dalam membuka pintu rezeki.

Meski demikian, itu bukan satu-satunya keutamaan dari surat Al Waqiah. Adapun keutamaan surat Al Waqiah antara lain adalah sebagai berikut:

1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Jika dibaca secara rutin, manfaat surat Al Waqiah akan menghindarkan pembacanya dari kemiskinan. Ia juga akan senantiasa mendapat pahala dan rezeki berlimpah.

2. Tidak akan Ditimpa Kefakiran

Abdullah bin Mas'ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran. Kekafiran adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

3. Surat Kekayaan

Manfaat surat Al Waqiah yang berikutnya adalah surat ini merupakan surat kekayaan. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:

"Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dengan membaca surat Al Waqiah setiap hari maka dapat memudahkan seseorang mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah yang terus mengalir.

4. Dikabulkannya Seluruh Hajat yang Berhubungan dengan Rezeki

Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.


Keutamaan Surat Al Waqiah

Ilustrasi baca Al-Quran
Berikut beberapa manfaat membaca Al-Quran untuk kesehatan.

5. Dilindungi dari Kemudharatan Dunia

Manfaat surat Al Waqiah adalah menjadi pelindung dari kemudharatan dunia. Jika surat Al Waqiah ini dibacakan untuk atau oleh wanita dan juga gadis, maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan.

6. Memperoleh Kekayaan dan Rezeki Berlimpah

Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 14 kali seusai sholat Ashar maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya.

7. Mempermudah Sakaratul Maut

Manfaat surat Al Waqiah yang berikutnya adalah dapat mempermudah sakaratul maut. Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan surat Al Waqiah, maka akan dipermudah ruhnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.

8. Diberikan Syafaat pada Hari Kiamat

Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).

9. Diberikan Ketenangan Jiwa dan Raga oleh Allah

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: "Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul A’mal, halaman 117).

10. Mengajarkan Tauhid kepada Umat Muslim

Manfaat surat Al Waqiah juga mengajarkan tentang tauhid yang membuat umat muslim percaya pada Allah dan semakin membuat seseorang yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah SWT termasuk dalam urusan rezeki.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya