9 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh, Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat senam irama sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran.

oleh Husnul Abdi diperbarui 13 Mar 2023, 09:00 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2023, 09:00 WIB
Senam Irama adalah
Senam Irama adalah (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat senam irama sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran. Senam irama atau senam ritmik adalah senam yang gerakannya dapat melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, dan daya tahan pada seluruh anggota tubuh. 

Senam irama merupakan gerakan senam yang mengikuti irama musik. Gerakannya sendiri memadukan gerakan tarian dan balet. Salah satu senam irama yang banyak dikenal adalah senam dengan menggunakan pita seperti yang sering dilakukan pada pertandingan Olimpiade.

Senam irama bisa dilakukan tanpa menggunakan alat, ataupun menggunakan beberapa alat bantu, seperti bola, tali, pita, dan gada. Senam ini terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian pemanasan, bagian inti, dan bagian pendinginan. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama.

Jika kamu tertarik mencoba jenis senam irama ini, sebaiknya lakukan latihan yang rutin, karena gerakan-gerakannya memerlukan keterampilan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/3/2023) tentang manfaat senam irama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


.

Jenis Gerakan dalam Senam Irama
Ilustrasi Senam Irama Credit: pexels.com/Gabby

Membakar Lemak (Menjaga Berat Badan)

Manfaat senam irama yang pertama yaitu dapat membantu membakar lemak dan kalori yang berlebihan di tubuh. Manfaat ini tentunya bisa kamu dapatkan jika sudah melakukannya secara rutin.

Keseimbangan fisik, keluwesan hingga kelincahan dibutuhkan pada setiap gerakan yang dilakukan dalam senam irama supaya sesuai iringan musik. Hal ini karena fisik akan bergerak secara sambung menyambung sesuai alunan musik yang nantinya bisa membakar lemak serta kalori berlebih dalam tubuh.

Melatih Keseimbangan

Manfaat senam irama selanjutnya yaitu bisa melatih keseimbangan. Beberapa gerakan senam irama memang perlu dilakukan dengan keseimbangan tubuh yang baik. Berlatih keseimbangan ini penting untuk memperbaiki postur tubuh sehingga meminimalisir risiko pembengkokan tulang belakang.

Menambah Kekuatan Otot

Kekuatan otot juga aan bertambah dengan manfaat senam irama. Secara otomatis dengan sering melakukan senam irama akan membuat otot-otot menjadi lebih kuat dan lentur. Setelah otot-otot di dalam tubuh menjadi lentur dan kuat, hal ini membuat jangkauan gerakan tubuh meningkat.

Selain itu, otot yang kuat dan lentur juga akan mencegah tubuh mengalami kaku serta cedera di saat melakukan berbagai aktivitas fisik yang berat.


.

Senam Irama
Ilustrasi Senam Irama Credit: pexels.com/Budgeron

Membuat Kamu Tidak Rentan Cedera

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat senam irama dapat mencegah tubuh mengalami kaku serta cedera. Hal ini didapatkan karena senam irama menciptakan kelenturan pada tubuh. Semakin sering melakukan senam irama, maka semakin lentur tubuhmu dan terbukti jarang mengalami cedera meskipun melakukan aktivitas berat.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat senam irama juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Lantaran di saat tubuh sedang melakukan gerakan senam, maka hal tersebut akan melatih kekuatan tulang. Jika sering melakukan senam irama, maka tulang kamu akan menjadi lebih kuat dan sehat. Kekuatan tulang tentu saja dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

Memperbaiki Bentuk Tubuh

Senam irama juga dapat membantu memerbaiki bentuk tubuh kamu. Hal ini sejalan dengan manfaat senam irama dalam mengencangkan otot, sehingga secara tidak langsung dapat memperbaiki bentuk tubuh. Otot tubuh, terutama pada bagian lengan, perut, pinggul, dan paha yang mengencang tentunya dapat membuat bentuk fisik lebih proporsional.


.

Keindahan Senam Ritmik di Olimpiade Rio 2016
Tim senam Ritmik asal Israel sedang beraksi menggunakan alat ribbons pada final Olimpiade Rio 2016 di Olympic Arena, Rio de Janeiro, Brasil. (AP/Rebecca Blackwell)

Menyehatkan Mental

Tentu saja manfaat senam irama tidak hanya dirasakan oleh tubuh, melainkan juga menyehatkan mental. Penelitian menunjukkan anak-anak yang sering melakukan gerakan senam irama akan memiliki kemampuan memecahkan masalah dan fokus lebih baik.

Fokus dan kemampuan memecahkan masalah ini akan membuat nilai akademis juga lebih memuaskan daripada anak yang tidak pernah senam. Sementara bagi orang dewasa manfaat senam irama dikatakan dapat mengurangi stres.

Optimalkan Fungsi Otak

Senam irama juga mampu mengoptimalkan fungsi otak. Hal ini disebabkan karena gerakan senam irama diiringi alunan musik yang dipercaya mampu menurunkan hormon kortisol dan epineprin yang menyebabkan stres.

Dua hormon itulah yang nantinya menjadi antidepresan yang berupa norepineprin. Selain itu dengan sering melakukan gerakan senam irama bisa menghindarkan diri dari penyakit kognitif seperti Alzheimer.

Menyehatkan Jantung

Senam irama dilakukan dengan iringan musik di setiap gerakannya. Irama yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari tempo yang lambat hingga cepat. Gerakan yang lambat hingga cepat inilah yang membuat manfaat senam irama dapat membantu menjaga kesehatan jantung.


Jenis Gerakan Senam Irama

Manfaat Senam Irama
Manfaat Senam Irama (Sumber: Pixabay)

Senam irama adalah salah satu olahraga yang dapat menjadi solusi menjaga kesehatan dan mengontrol berat badan. Setelah mengenali manfaat senam irama, kamu tentunya juga perlu mengenali jenis-jenisnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, senam irama adalah jenis senam yang menekankan pada kelenturan, ketepatan, dan kontinuitas gerakan. 

Jenis-jenis gerakan senam irama adalah sebagai berikut:

- Pertama, gerakan senam irama tanpa alat yang menekankan gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari.

- Kedua, senam irama menggunakan tali dengan gerakan yang variatif seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka 8.

- Ketiga, senam menggunakan simpai yang merupakan lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan.

- Keempat, senam irama menggunakan bola karet berdiameter 18-20 cm.

- Kelima, senam irama dengan tongkat dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar, dan menangkap.

- Gerakan yang terakhir yaitu menggunakan pita sepanjang 6 meter dan dilakukan gerakan seperti berayun, spiral, dan lingkaran.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya