Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami yang Aman dan Pencegahannya

Cara mengobati sakit mata.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 30 Mei 2023, 13:50 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2023, 13:50 WIB
Cara Mengobati Sakit Mata
Sakit Mata

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati sakit mata kerap dibutuhkan bagi penderitanya. Meski tidak tergolong penyakit serius, sakit mata ini bisa membuat kamu tidak nyaman sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jangan sepelekan bila kamu mengalami sakit mata dan segera melakukan pencegahan agar tidak tertular.

Ya, sakit mata atau konjungtivitis merupakan salah satu penyakit yang sering dijumpai dan dikenal mudah menular. Gejalanya bisa berupa mata merah dan pembengkakan konjungtiva (lapisan yang membatasi kelopak mata dengan permukaan mata).

Karena sakit mata ini mudah menyebar atau menular ke orang lain, maka tak banyak yang mencari cara mengobati sakit mata dan cara pencegahannya agar tidak tertular. Oleh karena itu, berikut Liputan6.com telah mengulas cara mengobati sakit mata. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini ulasan seputar cara mengobati sakit mata yang perlu kamu ketahui, Selasa (18/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Sakit Mata yang Umum Terjadi

Cara Mengobati Sakit Mata
Penyebab Mata Merah & Iritasi

Penyebab sakit mata biasanya terjadi dikarenakan alergi, infeksi, atau kurangnya cairan pada mata yang mengakibatkan mata menjadi kering sehingga membuat mata terasa perih. Selain itu, terlalu fokus atau memandang obyek berlebihan dan jarang mengedipkan mata juga bisa menyebabkan mata kering sehingga mata perih. Hal ini biasanya terjadi apabila kamu berada atau terlalu lama di depan komputer, main game, dan nonton televisi sehingga sampai lupa berkedip.

Gunanya kamu mengedipkan mata adalah agar terjadi proses pelumasan pada bagian mata. Hal inilah yang bisa bantu menghindari kekeringan akibat mata merah dan nyeri.

Selain kebiasaan tersebut yang menyebabkan sakit mata, terdapat faktor lain penyebab sakit mata. Misalnya saja kurang tidur, kekurangan asupan gizi yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh atau yang kerap terjadi disebabkan mata musiman bahkan menular.

Sakit mata ini biasanya akan mewabah dan menular dari satu orang ke yang lainnya. Penyebaran atau penularan ini biasanya kerap terjadi pada satu keluarga atau kelompok yang sering berinteraksi atau sering kontak mata secara langsung.

Jenis sakit mata ini sering disebut dengan penyakit belek atau belekan. Bagi penderitanya akan mengalami nyeri yang sangat luar biasa pada sekitar area mata, pusing, dan berair. Penyakit mata jenis belek ini akan berlangsung cukup lama sekitar dua minggu. Bahkan sampai sebulan atau lebih, tergantung jenis pengobatan yang dilakukan.


Gejala Sakit Mata yang Biasa Dirasakan

Cara Mengobati Sakit Mata
Gejala Sakit Mata

Penderita sakit mata biasanya akan merasakan beberapa gejala kemunculannya seperti mata terasa gatal atau perih, berwarna kemerahan pada area putih mata atau sisi dalam kelopak mata, dan mata berair.

Gejala sakit mata lainnya yang mungkin dirasakan adalah keluarnya cairan berwarna putih, hijau atau biasa disebut dengan belek, atau kuning yang menjadi kerak di bulu mata. Akibat dari terjadinya gejala ini adalah mata menjadi kabur dan mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Sakit mata ini sangat mudah sekali menular. Agar sakit mata yang kamu derita tidak menyebar atau menular ke orang lain, selanjutnya telah diulas beberapa cara mencegahnya agar tidak menular.


Cara Mencegah Agar Sakit Mata Tak Menular

Penderita sakit mata bisa menularkan penyakitnya ke orang-orang sekitarnya. Penularan sakit mata bisa terjadi dengan sengaja menyentuh atau menggunakan barang yang sudah dipegang oleh penderita yang terinfeksi. Selain itu, berkontak langsung dengan air mata, kotoran mata, atau cairan dari saluran pernapasan yang sudah terinfeksi bisa membuat orang lain tertular juga.

Nah, untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi, berikut cara mencegah penularan yang bisa dilakukan:

1. Mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata dan wajah.

2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah memakai obat mata dan menggunakan lensa kontak.

3. Hindari menggunakan kosmetik mata seperti eyeshadow, eyeline, dan lain sebagainya milik orang lain.

4. Hindari juga menggunakan kosmetik di area mata saat infeksi.

5. Hapus riasan di area mata hingga berseih sebelum tidur.

6. Hindari untuk bertukar handuk atau saputangan dengan orang lain.

7. Rutinlah untuk mengganti sarung bantal, seprei, dan handuk.

8. Cuci tangan dan gunakan sarung tangan jika sedang membantu orang lain menggunakan obat mata.

9. Saat cuaca berangin atau berada di luar ruangan yang berdebu, kamu perlu menggunakan pelindung mata untuk mencegah iritasi mata.

10. Gunakan kacamata khusus saat bekerja dengan zat kimia.

11. Cuci tangan setelah menggunakan benda public seperti ganggang pintu, pegangan eskaltor, mesin ATM, dan lain sebagainya.

12. Jika merasakan ada yang mengganjal maya, jangan meminta orang lain untuk meniup mata kamu.


Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami yang Aman

Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Kompres Mata dengan air Hangat

Cara mengobati sakit mata dengan cara alami yang cukup mudah dilakukan sendiri di rumah adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. Cara ini bisa kamu lakukan bila mengalami sakit mata dan belekan. Kamu hany perlu mengompres area mata yang sakit dengan air hangat. Hal ini berguna untuk menenangkan area tersebut serta mengurangi rasa sakitnya.

Cara mengobati sakit mata ini berfungsi untuk menenangkan dan mengurangi peradangan, jadi kamu masih perlu menggunakan obat lainnya sembari sesekali mengompres mata saat dibutuhkan.

Air Mawar

Berikutnya, cara mengobati sakit mata secara alami adalah dengan menggunakan air mawar. Cara pengobatan dengan air mawar ini adalah dengan memasukkan bunga mawar ke dalam air dan bersihkan mata dengan air mawar tersebut.

Kamu bisa menggunakan cara mengobati sakit mata ini tiga kali dalam sehari. Selain mudah, cara mengobati sakit mata ini sangat sederhana dan ampuh.

Mentimun

Cara mengobati sakit mata selanjutnya ada dengan menggunakan mentimun. Bahan yang satu ini memiliki sifat anti-iritasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak pada area mata. Cara menggunakan bahan ini untuk mengobati sakit mata adalah cukup dengan mengiris mentimun dan letakkan irisannya pada maya.

Kesegaran pada mentimun ini bisa memberikan rasa tenang dan nyaman bagi mata kamu yang sedang sakit.


Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami yang Aman

Cara Mengobati Sakit Mata
Ilustrasi Sakit Mata (iStockphoto)

Susu Murni

Manfaat susu untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Begitu juga bila digunakan untuk mengobati sakit mata. Susu murni ini bisa bantu kamu untuk mengobati sakit yang diakibatkan alergi ataupun iritasi debu.

Cara mengobati sakit mata dengan menggunakan susu murni ini cukup menggunakan kapas yang ditetesi susu murni dan kompreskan kapas tersebut pada area mata yang sakit. Diamkan beberapa saat dan lakukan cara ini secara rutin untuk mengurangi rasa tanda-tanda sakit mata.

Daun Sirih

Cara mengobati sakit mata secara alami lainnya adalah dengan menggunakan daun sirih. Penggunaan daun sirih untuk mengobati sakit mata pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dan rebus dengan menambahkan sedikit garam hingga mendidih.

Setelah mendidih, angkat kemudian diamkan hingga dingin. Saring ramuan tersebut sampai kamu mendapatkan airnya saja. Nah, gunakan air saringan tersebut untuk mencuci mata yang sakit setiap tiga kali dalam sehari. Rajinlah untuk melakukan pengobatan dengan cara ini.

Kurangi Penggunaan Tetes Mata

Perlunya untuk mengurangi pemakaian obat tetes mata. Ya, menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali saja. Penggunaan obat tetes mata yang berlebihan bisa megakibatkan keruskan pada kesehatan mata kamu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya