Cara Buat Lulur Alami Sendiri di Rumah, Mudah dan Murah

Membuat lulur sendiri di rumah lebih mudah dan murah.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 30 Mei 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2023, 20:00 WIB
Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta Lulur atau body scrub menjadi produk perawatan kulit yang populer digunakan wanita. Lulur digunakan untuk pengelupasan kulit mati. Pengelupasan bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga kulit tetap cerah dan sehat.

Pengelupasan dapat membuat kulit terlihat lebih cerah karena menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit mati. Luluran juga dapat merangsang produksi kolagen, yang dapat membantu kulit tetap kencang dan bercahaya.

Selain itu, memijat kulit dengan lulur juga bisa menjadi cara yang bagus untuk bersantai dan merasa lebih tenang, terutama jika sedang lelah atau stres. Secara umum aman untuk luluran dua hingga tiga kali seminggu. Biasanya paling mudah untuk menerapkan lulur saat mandi atau berendam.

Ada banyak jenis lulur yang bisa dibeli di toko. Kamu juga bisa membuat lulur sendiri menggunakan bahan-bahan yang sudah kamu miliki di rumah. Bahan-bahan alami seperti kopi dan teh hijau menjadi pilihan aman dan ramah lingkungan untuk lulur. Terlebih lagi bahan-bahan ini mudah ditemukan dan murah meriah.

Berikut cara membuat lulur sendiri di rumah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(11/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lulur kopi

Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Kopi masih menjadi bahan populer bagi banyak lulur alami. Butirannya kecil lembut di kulit dan efektif menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit. Ada beberapa bukti ilmiah bahwa kafein dapat membantu mengurangi penampilan selulit. Kopi kaya akan antioksidan yang membantu melawan selulit dan penumpukan sel kulit mati. Berikut cara membuatnya:

Bahan:

1/2 cangkir bubuk kopi

Air hangat secukupnya

1 sendok teh minyak kelapa, dihangatkan.

Cara menggunakan:

1. Tambahkan bubuk kopi dan air hangat ke mangkuk. Aduk rata dengan sendok.

2. Tambahkan minyak kelapa. Jika perlu, tambahkan lebih banyak ampas kopi atau lebih banyak minyak untuk mendapatkan konsistensi pasta.

3. Bersihkan tubuh dan luluri kulit dengan campuran ini. Gunakan jari-jari untuk memijat lulur dengan lembut, dengan gerakan memutar pada kulit. Pijat selama 5-10 menit untuk eksfoliasi kulit. Luangkan 1-2 menit untuk setiap bagian tubuh.

4. Bilas hasil luluran dari tubuh setelah didiamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat untuk melembabkan kulit.


Teh hijau

Ilustrasi Teh Hijau
Ilustrasi Teh Hijau (iStockphoto)

Teh hijau kaya akan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Menurut sebuah studi tahun 2013, produk yang mengandung teh hijau dapat mengurangi kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari. Teh hijau dapat dengan mudah ditambahkan ke lulur buatan sendiri bersama-sama dengan bahan lainnya.

Bahan:

2 kantong teh hijau

1/2 gelas air panas

1 cangkir brown sugar (kamu bisa menggunakan gula rafinasi putih jika tidak punya brown sugar)

1/4 cangkir minyak kelapa, dilelehkan

Cara menggunakan:

1. Seduh teh dengan air panas, biarkan hingga dingin.

2. Setelah dingin, tambahkan brown sugar ke mangkuk. Tambahkan minyak kelapa dan aduk rata hingga membentuk pasta. Pastikan bahwa tehnya dingin agar gula tidak larut. Jika terlalu lembek, tambahkan lebih banyak brown sugar.

3. Luluri tubuh yang sudah dibersihkan. Lakukan pemijatan dan eksfoliasi dengan menggosok halus kulit selama 5-10 menit. Diamkan lulur selama 10 hingga 15 menit.

4. Bilas dengan air hangat, bersihkan hingga semua kotoran luruh.


Oatmeal

oatmeal
Oatmeal punya gizi tinggi/copyright: unsplash/markus spiske

Oatmeal adalah salah satu exfoliator alami terbaik. Tidak hanya membantu menghilangkan sel kulit mati tetapi juga menenangkan dan menyembuhkan kulit yang bermasalah.

Bahan:

1 cangkir Oatmeal mentah

1 cangkir brown sugar (kamu bisa menggunakan gula rafinasi putih jika tidak punya brown sugar)

½ cangkir Madu Mentah

¼ cangkir Minyak Jojoba (opsional)

2 sendok makan susu biasa

Cara menggunakan:

1. Tempatkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk menjadi satu. Jika konsistensi tidak dapat disebarkan, tambahkan beberapa tetes minyak atau susu.

2. Lulurkan pada kulit tubuh sambil memijat dan menggosok dengan lembut. Oleskan dalam gerakan melingkar ke tubuh dan leher. Lakukan selama 5-10 menit. Diamkan lulur selama 10 hingga 15 menit.

3. Bilas dengan air hangat untuk melembabkan kulit, bersihkan hingga semua kotoran luruh.


Kunyit

Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Selama ratusan tahun, orang-orang di seluruh dunia telah mengaitkan kunyit dengan khasiat penyembuhan dan manfaat kecantikan, Kunyit mengandung komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Komponen ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alami kulit.

Bahan:

1 cangkir tepung beras

2 sdt Bubuk Kunyit

1 ½ cangkir Minyak Kelapa

Cara menggunakan:

1. Campurkan bahan sampai mendapatkan pasta kasar.

2. Basahi kulit dengan air hangat dan oleskan lulur kunyit ini.

3. Gosok kulit secara lembut dengan gerakan memutar. Sifat anti-inflamasi bubuk kunyit akan menenangkan kulit. Lakukan pemijatan selama 5-10 menit. Diamkan maksimal 10 menit.

4. Bilas tubuh yang sudah diluluri dengan air hangat. Keringkan dengan handuk dang gunakan hand body untuk melembabkan kulit.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya