Pengertian Moral adalah Sesuatu yang Memengaruhi Perilaku, Ini Penjelasan Para Ahli

Moral adalah tata cara atau adat istiadat.

oleh Laudia Tysara diperbarui 06 Jun 2023, 23:20 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023, 23:20 WIB
Mahasiswa Membaca Buku
Ilustrasi Mahasiswa Membaca Buku Credit: pexels.com/cottonbro

Liputan6.com, Jakarta Apa itu moral? Moral adalah hal-hal yang berkaitan dengan budi pekerti seseorang. Para ahli sepakat, pengertian moral adalah sesuatu yang memengaruhi perilaku seseorang.

Dalam modul berjudul Dasar-Dasar Pengertian Moral yang diterbitkan Universitas Negeri Yogyakarta, secara etimologi, moral adalah berasal bahasa Latin “mos” yang artinya tata cara atau adat istiadat. 

“Pengertian moral adalah ajaran tentang baik-buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya. Berupa akhlak, budi pekerti, atau susila,” dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Selain itu, pengertian moral adalah sama dengan etika. Masih melansir modul yang sama, kata moral adalah kerap disinonimkan dengan etika yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “etos” artinya kebiasaan, adat, akhlak, watak, perasaan, sikap, atau cara berfikir.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian moral, ciri-ciri, dan macamnya, Rabu (26/1/2022).


Pengertian Moral Menurut Para Ahli

Kutipan Buku Sapiens Bagian I
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Priscilla

1. Pengertian Moral Menurut Sonny Keraf

Pengertian moral adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai dasar guna menilai perbuatan seseorang yang dirasakan baik atau buruk di dalam sebuah masyarakat.

2. Pengertian Moral Menurut Maria J. Wantah

Pengertian moral adalah sesuatu yang bersangkutan dengan keterampilan dalam menentukkan benar atau salah serta baik atau buruknya sebuah perilaku pada diri seseorang.

3. Pengertian Moral Menurut Russel Swanburg

Pengertian moral adalah semua pengakuan dari pemikiran yang bersangkutan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana urusan tersebut dapat memicu perilaku seseorang tersebut.

4. Pengertian Moral Menurut Elizabeth B. Hurlock

Pengertian moral adalah suatu kebiasaan, tata cara, dan adat dari suatu ketentuan perilaku yang sudah menjadi kebiasaan untuk anggota suatu kebiasaan dalam masyarkat.

5. Pengertian Moral Menurut Maria Assumpta

Pengertian moral adalah sejumlah aturan aturan (rule) tentang sikap (attitude) dan perilaku insan (human behavior) sebagai manusia.

6. Pengertian Moral Menurut Hurlock

Pengertian moral adalah suatu tata cara, kebiasaan, dan adat. Perilaku moral dikendalikan konsep konsep moral atau ketentuan perilaku yang sudah menjadi kebiasaan untuk anggota sebuah budaya.

7. Pengertian Moral Menurut Merriam Webster

Pengertian moral adalah sehubungan erat dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia, dirasakan benar dan baik oleh banyak sekali orang cocok dengan standar perilaku yang tepat pada kumpulan atau masyarakat tersebut.

8. Pengertian Moral Menurut Immanuel Kant

Pengertian moral adalah sesuatu urusan kenyakinan serta sikap batin dan tidak saja hal sebatas penyesuaian dengan sejumlah aturan dari luar, entah tersebut aturan berupa hukum negara, hukum agama atau hukum adat-istiadat.

9. Pengertian Moral Menurut James J. Spillane SJ

Pengertian moral adalah diperoleh dari tingkah laku manusia saat mengambil keputusan yang terdapat hubungannya dengan moral.

10. Pengertian Moral Menurut W. Poespoprojo

Pengertian moral adalah sesuatu dengan kualitas yang dalam perbuatan insan yang mengindikasikan bahwa perbuatan tersebut benar atau salah, baik atau buruk. Moralitas merangkum tentang baik-buruknya tindakan manusia.

11. Pengertian Moral Menurut Dian Ibung

Pengertian moral adalah segala nilai (value) yang berlaku dalam sebuah lingkungan sosial dan menata tingkah laku seseorang.


Pengertian Moral Menurut Para Ahli Selanjutnya

12. Pengertian Moral Menurut W. J. S. Poerdarminta

Pengertian moral adalah segala sesuatu mengenai doktrin moral dari tindakan baik dan buruk dan perilaku.

13. Pengertian Moral Menurut Wantah

Pengertian moral adalah sesuatu yang berkaitan atau ada hubungannya dengan kemampuan menentukan benar salah dan baik buruknya tingkah laku.

14. Pengertian Moral Menurut Chaplin

Pengertian moral adalah segala akhlak yang cocok dengan ketentuan sosial, atau mencantol hukum atau adat kelaziman yang menata tingkah laku.

15. Pengertian Moral Menurut Wijaya

Pengertian moral adalah sebuah doktrin baik dan buruk tentang tindakan atau kelakuan (akhlak).

16. Pengertian Moral Menurut Al-Ghazali

Pengertian moral adalah suatu perangai, watak, atau tabiat yang menetap powerful dalam jiwa insan dan adalahsumber timbulnya perbuatan tertentu secara gampang dan ringan.

17. Pengertian Moral Menurut Imam Sukardi

Pengertian moral adalah suatu karakter yang dicirikan sebagai sesuatu yang baik dalam masyarakat melewati nilai-nilai yang diterapkan bersama.

18. Pengertian Moral Menurut Gunarsa

Pengertian moral adalah seperangkat dari nilai-nilai sekian banyak perilaku yang mesti dipatuhi.

19. Pengertian Moral Menurut Wiwit Wahyuning

Pengertian moral adalah saat seseorang berkata tentang nilai moral pada lazimnya akan tersiar sebagai sikap dan tindakan setiap inividu terhadap kehidupan orang lain.

20. Pengertian Moral Menurut Shaffer

Pengertian moral adalah sebuah kaidah norma yang dapat menata perilaku suatu pribadi dalam menjalankan hubungan dan kerjasama di lingkungan masyarakat menurut aturan yang berlaku.

21. Pengertian Moral Menurut Russel Swanburg

Pengertian moral adalah sesuatu pengakuan dari pemikiran yang bersangkutan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana urusan tersebut dapat memicu perilaku seseorang tersebut.

22. Pengertian Moral Menurut A. Mustafa

Pengertian moral adalah penentuan dasar perilaku mana yang baik dan yang buruk melewati pengamatan pada perbuatan insan sejauh akal benak mereka.

23. Pengertian Moral Menurut Zainuddin Saifullah Nainggolan

Pengertian moral adalah salah satu tendensi rohani untuk mengerjakan seperangkat standar dan norma yang menata perilaku seseorang dan masyarakat.


Ciri dan Macam-Macam Moral

Rekomendasi Buku Belajar Bisnis yang Inspiratif
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Vlada

Apa yang menjadi ciri-ciri moral itu? Ciri-ciri moral adalah berhubungan dengan sebuah tanggung jawab hati nurani, tidak bisa ditawar-tawar, dan bersifat formal. Ini penjelasan ciri-ciri moral menurut Bertens K dan macamnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

Ciri-Ciri Moral:

1. Tanggung Jawab

Nilai moral berkaitan dengan pribadi manusia, namun lebih spesifik lagi berkaitan dengan pribadi manusia yang bertanggung jawab. Nilai moral mengakibatkan seseorang bersalah atau tidak bersalah, karena dia bertanggung jawab.

2. Hati Nurani

Ciri khas nilai moral adalah hanya nilai inilah yang menimbulkan suara dari hati nurani, baik yang menuduh, karena orang meremehkan atau menentang nilai – nilai moral atau memuji bila orang mewujudkan nilai – nilai moralnya.

3. Tidak Bisa Ditawar

Nilai moral mewajibkan secara absolut dan tak bisa ditawar-tawar.Sebagai contoh adalah bila seseorang memiliki nilai estetis, makadia akan menghargai lukisan yang bermutu, sebaliknya orang lainboleh saja tidak menghargai lukisan tersebut. Namun pada nilaimoral, orang harus mengakui dan harus merealisasikan. Kewajiban absolute melekat pada nilai-nilai moral, karena nilainilai ini berlaku bagi manusia sebagai manusia.

4. Formal

Max Scheler menyatakan bahwa nilai-nilai moral membonceng pada nilai-nilai lain. Hal ini berarti dalam merealisasikan nilai-nilai moral seseorang mengikut sertakan nilai-nilai lain dalam suatu tingkah laku moral.

Macam-Macam Moral:

1. Moralitas Objektif

Moralitas objektif adalah moralitas yang memandang perbuatansebagai suatu perbuatan yang telah dikerjakan, bebas dari pengaruh-pengaruh pihak pelaku.

2. Moralitas Subyektif

Moralitas subyektif adalah moralitas yang memandang perbuatansebagai perbuatan yang dipengaruhi pengertian dan persetujuan si pelaku sebagai individu, dalam hal ini dipengaruhi latar belakang,kondisi pendidikan dan sifat pribadi.

3. Moralitas Intrinsik

Moralitas intrinsik adalah moralitas yang memandang perbuatanmenurut hakikatnya bebas dari setiap bentuk hukum positif.

4. Moralitas Ekstrinsik

Moralitas ekstrinsik adalah moralitas yang memandang perbuatansebagai sesuatu yang diperintahkan atau dilarang oleh seseorangyang berkuasa atau hukum positif, baik dari manusia atau dari Tuhan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya