20 Manfaat Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan, Cegah Berbagai Penyakit

Manfaat apel dipengaruhi oleh kandungan nutrisi di dalamnya.

oleh Husnul Abdi diperbarui 08 Jun 2023, 23:50 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 23:50 WIB
Apel
Ilustrasi Buah Apel Credit: pexels.com/Polina

Liputan6.com, Jakarta Manfaat apel dapat menunjang kesehatan dan kecantikan sekaligus. Buah ini terkenal dengan rasanya yang enak dan menyegarkan. Selain itu, baik apel hijau maupun apel merah juga dikenal memiliki kandungan serat dan vitamin C yang cukup melimpah untuk kesehatan tubuh.

Apel juga mengandung polifenol yang dikenal sebagai antioksidan kuat. Berbagai kandungan yang baik untuk tubuh tersebut, membuat apel dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit. Apalagi, apel juga termasuk buah yang mudah ditemukan.

Manfaat apel dipengaruhi oleh kandungan nutrisi di dalamnya. Sejumlah penelitian menunjukkan manfaat buah apel untuk mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung, diolah menjadi jus, smoothie, atau olahan lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/12/2021) tentang manfaat apel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ilustrasi Buah Apel
Ilustrasi Buah Apel Credit: pexels.com/drive

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat apel yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin A dan vitamin C di dalamnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin dalam apel juga sangat penting untuk deteksi warna di retina. Tidak hanya itu, apel hijau juga memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas pada retina mata, dan juga mampu mempercepat penyembuhan luka pada kornea. Selain itu, kandungan vitamin A tentu akan sangat bermanfaat dalam memperkuat dan meningkatkan ketajaman penglihatan.

Mengontrol Berat Badan

Berkaitan dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi, manfaat apel selanjutnya adalah membantu kamu dalam mengontrol pola makan. Serat tersebut akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, sisa makanan yang belum dikeluarkan bersama feses akan terbantu karena adanya serat ini. Bahkan, pektin apel dapat membantu menurunkan berat badan dengan menunda pengosongan perut.

Mencegah Diabetes

Serat larut seperti pektin diyakini dapat menurunkan kadar gula darah, yang dapat membantu kondisi seperti diabetes tipe 2. Selain itu, ada kemungkinan bahwa polifenol dalam apel membantu mencegah kerusakan jaringan pada sel beta di pankreas. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh dan sering kali rusak pada penderita diabetes tipe 2. Kandungan vitamin B1 dalam apel juga dapat mengatasi kadar gula berlebih yang ada di dalam tubuh.

Mencegah Jerawat

Manfaat apel selanjutnya adalah dapat mencegah jerawat. Hal ini disebabkan karena apel mengandung vitamin C yang bisa membantu mencegah jerawat. Vitamin ini meremajakan kulit dengan efek antioksidannya.

Tingkatkan Asupan Air

Saat makan makanan tinggi serat, baik larut maupun tidak larut, ini dapat membantu meningkatkan asupan air. Apel mengandung 85 persen air. Konsumsi apel dapat menambah hidras ekstra pada tubuh. Air tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga sangat menurunkan kepadatan kalori makanan.


Manfaat Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Apel
ilustrasi/copyright pexels.com/pixabay

Sehatkan Usus

Manfaat apel juga terkenal baik untuk kesehatan usus. Apel mengandung pektin, sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik. Prebiotik membantu bakteri usus menghasilkan nutrisi untuk sel-sel usus besar dan mengarah ke sistem pencernaan yang lebih sehat. Dengan mengonsumsi apel berarti secara langsung memberi makan bakteri baik di usus. Terlebih lagi, pektin dalam apel dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, seperti Clostridium dan Bacteroides.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat apel selanjutnya adalah dapat memperkuat tulang dan gigi. Kandungan vitamin K pada apel dapat membantu dalam memperkuat gigi dan tulang. Kulit serta daging dari buah apel hijau juga ternyata memiliki banyak kandungan kalsium. Mengonsumsi apel hijau juga dapat membuat fungsi kelenjar tiroid kamu berjalan dengan baik. Hal ini dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan tulang seperti rematik.

Atasi Diare dan Sembelit

Manfaat apel juga membantu megatasi diare dan sembelit. Serat dalam apel membantu melancarkan pergerakan perut. Apel juga termasuk makanan yang disarankan saat menderita diare. Apel cenderung hambar, jadi tidak akan memperburuk sistem pencernaan saat sedang bermasalah.

Menyehatkan Rambut

Manfaat apel selanjutnya adalah bagus untuk rambut. Kandungan vitamin yang sangat berlimpah pada apel hijau mampu memberi nutrisi yang cukup untuk kulit kepala. Tidak hanya sampai disitu, apel hijau juga memiliki kandungan protein yang dapat membantu menumbuhkan rambut secara alami.

Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan, seperti Vitamin A, Vitamin C , dan fenol yang ada dalam jus apel hijau berperan penting dalam menunda penuaan dini. Penggunaan teratur minuman kaya antioksidan ini dapat membantu tubuh melawan radikal bebas ini dan mengontrol kerusakan kulit.


Manfaat Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gambar Ilustrasi Apel Fuji
Sumber: Freepik

Mencegah Kanker

Apel memiliki beberapa senyawa alami yang dapat membantu melawan kanker. Studi observasional telah menghubungkan apel dengan risiko kanker yang lebih rendah dan kematian akibat kanker. Flavonoid apel memiliki tingkat kekuatan antioksidan tertinggi kedua di antara semua buah. Kulit apel memiliki kapasitas antioksidan kuat daripada daging.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat apel telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Salah satu alasannya mungkin karena apel mengandung serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Apel mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan. Salah satu polifenol ini adalah epikatekin flavonoid, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Bantu Cegah Alzheimer

Jus apel dapat membantu melestarikan asetilkolin, neurotransmitter yang dapat menurun seiring bertambahnya usia. Rendahnya tingkat asetilkolin terkait dengan penyakit Alzheimer.

Turunkan Risiko Stroke

Apel mengandung banyak nutrisi yang dapat menurunkan risiko stroke. Orang yang paling banyak mengonsumsi serat tampaknya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Turunkan Kolesterol

Satu studi 2013 menemukan bahwa makan apel menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah di antara orang sehat. Serat dalam apel dapat membantu mengurangi kolesterol.


Manfaat Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

ilustrasi buah apel/unsplash
ilustrasi buah apel/unsplash

Sumber Energi

Saat kamu memiliki aktivitas yang padat, kamu bisa tetap menjaga kebutuhan energi dengan mengonsumsi apel. Hal ini karena kandungan vitamin B1 pada apel bermanfaat untuk mengubah asupan karbohidrat yang dimakan menjadi energi.

Membuat Kulit Bersinar

Apel hijau merupakan sumber vitamin A, B, dan C yang baik. Ketiganya membantu melawan radikal bebas dan menjaga agar kulit tetap sehat dan bersinar. Apel hijau juga mengandung beberapa mineral penting seperti zat besi, seng, tembaga, dan kalium yang baik untuk memperlancar oksigen di dalam kulit.

Memperbaiki Jaringan Tubuh

Manfaat apel lainnya adalah untuk memperbaiki jaringan tubuh. Vitamin C pada apel berguna untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Salah satunya adalah kulit yang mudah rusak, karena gaya hidup serta kondisi lingkungan. Sementara vitamin E pada apel hijau bermanfaat untuk mempercantik kulit.

Menjaga Kesehatan Pernapasan

Buah apel juga kaya akan kandungan flavonoid. Kandungan ini dapat membantu untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan paru-paru. Selain itu, kandungan flavonoid tersebut juga mampu mencegah katarak serta dapat mencegah terkena serangan jantung.

Mendukung Regenerasi Sel

Apel kaya akan antioksidan yang membuat tubuh terbebas dari serangan radikal berbahaya. Sehingga regenerasi sel di dalam tubuh mampu berlangsung dengan baik. Zat antioksidan juga bermanfaat untuk menjaga hati agar tetap sehat. Tidak hanya itu, apel hijau mengandung vitamin C yang mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Dengan demikian mengonsumsi apel hijau baik untuk mencegah kanker kulit.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya