5 Momen Menarik Upacara Bendera 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka

Dalam beberapa tahun ke belakang, acara puncak tersebut selalu dikemas dengan sesuatu yang baru.

oleh Afifah Cinthia Pasha diperbarui 24 Jun 2023, 11:20 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2023, 11:20 WIB
[Fimela] Upacara Bendera HUT RI-74
Upacara Bendera HUT RI-74

Liputan6.com, Jakarta 17 Agustus 2019, seluruh rakyat Indonesia bersuka cita merayakan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan. Perayaan hari yang sakral bagi seluruh rakyat Indonesia tersebut menjadi tanda kebebasan  Indonesia dari penjajahan Jepang dan Belanda pada tahun 1945 silam. Untuk memperingati hari bahagia ini, hal wajib yang selalu dilakukan adalah upacara bendera. Salah satunya upacara wajib di Istana Negara.

Upacara Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Merdeka digelar pada Sabtu (17/8/2019) pagi. Berbeda dari upacara-upacara sebelumnya, pada peringatan hari Kemerdekaan RI ke-74 ini bisa dibilang unik. Dalam beberapa tahun ke belakang, acara puncak tersebut selalu dikemas dengan sesuatu yang baru. Tak ketinggalan pada tahun ini, pihak Istana memang telah mempersiapkan suatu hal yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Berbeda dari sebelumnya peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini dimulai dengan kirab bendera pusaka dan teks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka. Tak hanya itu banyak momen-momen menarik yang tentunya berbeda dari tahun sebelumnya.

Berikut 5 momen menarik upacara peringatan detik-detik proklamasi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pakai Baju Adat

[Fimela] Upacara Bendera HUT RI-74
Upacara Bendera HUT RI-74

Upacara peringatan detik-detik proklamasi tahun ini sangat unik. Pasalnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah tokoh mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah saat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka.

Jokowi dan para pimpinan lembaga pemerintah terlihat memakai baju adat yang berbeda-beda. Para tamu undangan yang hadir pun juga terlihat mengenakan pakaian adat khas dari sejumlah daerah di Indonesia. Tak hanya itu, bahkan sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlihat pula memakai pakaian adat.

Penggunaan pakaian adat juga sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2018 tentang Tata Pakaian Pada Acara Kenegaraan dan Acara Resmi. Jokowi mengenakan pakaian adat dari Klungkung, Bali sementara Iriana dari Tapanuli Utara. Sama, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufida‎ Kalla juga mengenakan pakaian adat dari Aceh.


2. Jan Ethes Curi Perhatian

[Fimela] Upacara Bendera HUT RI-74
Upacara Bendera HUT RI-74

Momen menarik selanjutnya datang dari cucu pertama Presiden Jokowi, Jan Ethes. Cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes Sri Narendra menjadi pusat perhatian para tamu undangan saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 Tahun di Istana Negara.

Ethes keluar digandeng sang kakek Jokowi. Sementara, Gibran Rakabuming Raka, berjalan di belakang Jokowi dan Ethes. Kehadiran Ethes yang memakai baju adat Bali berwarna kuning langsung menarik perhatian awak media dan tamu undangan di sekitar halaman Istana Merdeka.

Berjalan bersama Jokowi, Ethes tampak terlihat melambaikan tangan saat tamu undangan dan media memanggil nama Ethes. Tak hanya itu netizen juga dibuat gagal fokus dengan sepatu Jan Ethes. Selain mengagumi tampilan Ethes yang imut dan menggemaskan, sejumlah warganet juga menyoroti sepasang sepatu Gucci yang dikenakannya.


3. Jokowi Menghampiri Komandan Upacara, Menyalami dan Menepuk Bahunya.

[Fimela] Upacara Bendera HUT RI-74
Upacara Bendera HUT RI-74

Momen menarik lain yang belum pernah ada di upacara sebelumnya adalah ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi langsung Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo SE MM.

Tindakan Jokowi yang tak biasa ini langsung disambut meriah oleh para tamu undangan dan peserta upacara. Momen ini bermula saat Upacara Detik-detik Proklamasi 17 Agustus telah selesai dilangsung. Tamu undangan dan peserta upacara berdiri sebab Jokowi beserta Wakil Presiden Jusuf Kalla akan meninggalkan lokasi.

Sebelum pergi, Jokowi memilih turun dari podium dan mendatangi sejumlah tamu, termasuk para tamu undangan negara sahabat yang duduk di posisi paling depan. Setelah bersalaman dengan tamu undangan, Jokowi lantas berjalan menuju area tengah halaman Istana Merdeka. Rupanya, Jokowi ingin mengajak bersalaman dengan Komandan Upacara, Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo SE MM.


4. Penyanyi di Upacara HUT ke-74 RI adalah Cicit WR Soepratman

Andre Putri Turk
Andrea Putri Turk bawakan lagu Tanah Airku cipt Ibu Sud di Istana Merdeka dalam rangka HUT Ke-74 RI, Sabtu, 17 Agustus 2019

Dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara, terlihat sosok perempuan yang mencuri perhatian. Sosok wanita cantik berbalut kebaya berwarna merah muda dan sentuhan riasan yang lembut menjadi sorotan saat membawakan lagu Tanah Airku. Perempuan tersebut ialah Andrea Putri Turk, sosok yang menyanyikan lagu ciptaan ibu Sud. Ternyata Andrea Putri Turk adalah keturunan dari kakak kandung mendiang WR Soepratman, pencipta lagu 'Indonesia Raya'.


5. Hadiah untuk Baju Adat Terbaik

Berbaju Adat Bali, Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-74 RI
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Peringatan HUT RI tersebut mengangkat tema "SDM Unggul Indonesia Maju". (Liputan6.com/HO/Kentung)

Presiden Joko Widodo membagi-bagikan sepeda sebagai hadiah bagi mereka yang menang kontes kostum terbaik di upacara peringatan HUT RI ke-74 di Istana. 3 pemenang kontes tersebut dibacakan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jusuf Kalla juga mengungkapkan para pemenang dengan kostum adat terbaik akan mendapatkan hadiah sepeda merah putih. Hal tersebut sontak disambut riuh tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Kontes ini dimenangkan oleh istri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Nora Tristiana. Ia mengenakan pakaian adat Lampung Sementara itu, juara kedua ialah Sultan Gunung Tabur H. Adji Raden M Bachrul. Ia mengenakan pakaian adat dari Kerajaan Gunung Tabur, Berau, Kalimantan Timur. Dan ketiga ada Khalida merupakan masyarakat biasa yang mendapat undangan untuk ikut dalam upacara di Istana.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya