Liputan6.com, Jakarta - Teks Nadhom Alfiyah Arab adalah sebuah lirik yang berasal dari kitab Alfiyah karya Ibnu Malik. Lirik ini digunakan untuk memudahkan pemahaman dan penghafalan kaidah-kaidah ilmu nahwu. Kitab Alfiyah Ibnu Malik sendiri merupakan salah satu kitab dasar yang dijadikan acuan dalam pembelajaran ilmu nahwu di lingkungan pondok pesantren.
Advertisement
Baca Juga
Advertisement
Teks Nadhom Alfiyah memiliki struktur yang teratur dan berirama, sehingga memudahkan para pembaca dalam menghafal dan mengingat kaidah-kaidah ilmu nahwu. Lirik Teks Nadhom Alfiyah Arab seringkali dijadikan sarana untuk melatih pemahaman dan penggunaan struktur kalimat yang benar dalam bahasa Arab. Dalam pengajaran kitab Alfiyah, para pengajar seringkali membahas dan menjelaskan setiap bait lirik dengan mendalam untuk membantu para siswa memahami dengan lebih baik.
Teks Nadhom Alfiyah Arab latin memiliki nilai estetika tersendiri dengan penyusunan lirik yang indah dan harmonis. Selain sebagai sarana pembelajaran, nadhom ini juga menjadi bagian dari tradisi budaya dan seni dalam dunia pesantren. Melalui nadhom Alfiyah, ilmu nahwu menjadi lebih hidup dan mudah dipahami oleh para pembaca.
Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang Teks Nadhom Alfiyah Arab, latin, dan artinya, Senin (3/7/2023).
Teks Arab
قَالَ مُحَمَّدٌ هُوَ ابْنُ مَالِكِ أَحْمَدُ رَبِّ اللَّهَ خَيْرُ مَالِكِ. مُصَلِّيًّا عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى وَآلِهِ مِلِّ النَّاسِ شَرَفَهَا.
وَاِسْتَعِيْنُ اللَّهَ فِي الْأَلْفِيَّةِ مَقَاصِدٌ نَحْوِيَّةٌ بِهَا مَحْوِيَّةٌ. تُقَرِّبُ الْأَقْشَى بِلَفْظٍ مُجَازٍ وَتَبْسُطُ الْبَدْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِيٍّ.
وَتَقْتَدِي رِضًا بِغَيْرِ سُخْطٍ فَإِقْطَعْ الْأَلْفِيَّةَ بَنِي مُعْثِّيٍّ. وَهُوَ بِسَبْقٍ حَائِزٍ تَفْضِيلٍ مُسْتَهْجِبٍ ثَنَائِيَّ الْجَمِيلَةِ. وَاللَّهُ يَقْضِي بِهِبَةٍ وَفِرُوحٍ لِوَلَاهُ فِي دَرَجَاتِ الْآخِرَةِ. كَلَامُنَا لَفْظٌ مُفِيدٌ كَاستَقِمْ وَصَمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّ حَرْفُ الْكَلِمِ.
وَحِدُّهُ كَلِمَةٌ وَالْقَوْلُ عَمٌّ وَكِلْمَةٌ بِهَا كَلَمٌ قَدْ يُعَمِّ. بِالْجَرِّ وَالتَّنْوِيْنِ وَالنِّدَاءِ وَالْأَلِفِ وَمُسْنَدٍ لِلْإِسْمِ تَمْيِيزُ هَشَا. بِتَفْعَلْتِهِ وَآتَاوَ وَيَفْعَلِي وَنُوْنِ أَقْبِلَنَّ فِعْلٌ يَنْجَل
ِي. شِوَاءُ هُمَا حَرْفُ كَهَلٍ وَفِي اللَّمِ فِعْلٌ مُضَارِعٌ يَلِي لَمْ كَيَشَمِ. وَمَاضِيَّ الْأَفْعَالِ بِتَمِيْزٍ وَشِمٍ بِنُونِ فِعْلِ الْأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ فَهِمْ.
وَالْأَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِنُونِ مَحَلٌ فِيهِ هُوَ سَمٌ نَحْفٌ شَهْوَى وَحَيَاةَلْ. وَالْإِسْمُ مِنْهُ مُعَرَّبٌ وَمَبْنِيٌّ لِصَبَاحٍ مِنَ الْحُرُوْفِ مُضَانِي. كَصَبَاحِ الْوَضْعِ فِي سَمَاءٍ وَسُمَّا. وَفِعْلٌ أَمْضَى وَمُدَّةٌ بُنِيَ وَأَعْرُبُوا مُضَارِعًا إِنْ عَمْرٌ فُهِمْ.
وَالْعَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِنُونِ مَحَلٌ فِيهِ هُوَسْمٌ نَحْوٌ شَهِيدٌ كَيَرُوعُنَ مَنْ فُطِنْ.
وَكُلُّ حَرْفٍ مُسْتَحِقٌّ لِلْبِنَاءِ وَالْأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَ. وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وَذُو كَسْرٍ وَضَمٍ كَآيِنٍ أَمْسِيْ هَيْشُ وَسَمَّا. وَمَضِيَّ الْأَفْعَالِ بِتَمِيْزٍ وَشِمٍ بِنُونِ فِعْلِ الْأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ فُهِمْ.
وَالْأَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِنُونِ مَحَلٌ فِيهِ هُوَ سَمٌ نَحْوٌ ش
َهْوَى وَحَيَاةَلْ. وَالْإِسْمُ مِنْهُ مُعَرَّبٌ وَمَبْنِيٌّ لِصَبَاحٍ مِنَ الْحُرُوْفِ مُضَانِي. كَصَبَاحِ الْوَضْعِ فِي سَمَاءٍ وَسُمَّا. وَفِعْلٌ أَمْضَى وَمُدَّةٌ بُنِيَ وَأَعْرُبُوا مُضَارِعًا إِنْ عَمْرٌ فُهِمْ.
وَالْعَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِنُونِ مَحَلٌ فِيهِ هُوَ سَمٌ نَحْوٌ شَهِيدٌ كَيَرُوعُنَ مَنْ فُطِنْ.
وَكُلُّ حَرْفٍ مُسْتَحِقٌّ لِلْبِنَاءِ وَالْأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَ. وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وَذُو كَسْرٍ وَضَمٍ كَآيِنٍ أَمْسِيْ هَيْشُ وَسَمَّا. وَمَضِيَّ الْأَفْعَالِ بِتَمِيْزٍ وَشِمٍ بِنُونِ فِعْلِ الْأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ فُهِمْ.
وَالْأَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِنُونِ مَحَلٌ فِيهِ هُوَ سَمٌ نَحْوٌ شَهْوَى وَحَيَاةَلْ. وَالْإِسْمُ مِنْهُ مُعَرَّبٌ وَمَبْنِيٌّ لِصَبَاحٍ مِنَ الْحُرُوْفِ مُضَانِي. كَصَبَاحِ الْوَضْعِ فِي سَمَاءٍ وَسُمَّا. وَفِعْلٌ أَمْضَى وَمُدَّةٌ بُنِيَ وَأَعْرُبُوا مُضَارِعًا إِنْ عَمْرٌ فُهِمْ.
وَنُنُّمَا ت
َحَقَّقَ الْمَوْضِعُ لِلْفَاعِلِ وَالْمَفْعُوْلِ فِي سَيَّدٍ وَمَدْحٍ وَقَصَدِيٍّ. وَالْبَابُ مِنَ الشَّهِيدِ وَالْمَجْهُوْلِ وَالصَّمَّةِ الْجَامِعِ لِكُلِّ بَابِيٍّ. وَإِنْ رَجَعَا الصَّحِيحَيْنِ إِلَى أَحَدَيْنِ فَالصَّحِيحُ مِنْهُمَا كَيُسَّرِعْ وَأَدَبِيٍّ.
Advertisement
Teks Latinnya
Qola Muhammadun Huwabnu Maliki AhMadu Robbillaha Khoiro Maliki. Musholliyan Alannabiyyil Musthofa Wa alihil Mustak MilinNas sharofha.
Wa Asta'inulloha Fil Alfiyyah Maqoshidun Nahwi Biha Mahwiyyah. Tuqorribul Aqsho Bi Lafdin Mujazi Wa Tabsutul Badla Bi wa’din Munjazi.
Wa taqtadi Ridhon Bi Ghoiri Sukhtin Fa Iqotan Alfiyyatabni Mu’thii. Wahwa Bi sabqin Ha’izun Tafdhila Musthaujibun Tsana’iyyal Jamila. Wallahhu Yaqdhi Bi Hibatin Wafirooh Liwalahu Fi Darojatil Akhirooh. Kalamuna Lafdhun Mufidun Kastaqim Wasmun Wa fi’lun Tsumma Harfunil Kalim.
Wa Hiduhu Kalimatun Wal Qoulu 'am Wa Kilmatun Biha Kalamun Qod Yu’am. Bil jarri Wattanwini Wannida’ Wa ‘Al Wa Musnadhin Lil Ismi Tamyiizu Hashol.
Bita Fa’alta Wa Atat Wa yaf'ali Wa nuni Aqbilanna Fi’lun Yanjali. Shiwa Huma Harfu Kahal Wafi Walam Fi’lun Mudhori’un Yali Lam Kayasham. Wa Madiyyal Af'ali Bittamiz Washim Binnuni Fi’lal Amri In Amrun Fuhim.
Wal Amru inlam Yaku Linnuni Mahal Fiihi HuwasMun Nahfu Shoh Wa Haiyyahal.
Wal Ismu Minhu Mu’robun Wal Mabnii Li Tsabahin Minal Hurufi Mudhani. Kassabahil Wad'iyyi Fismai Ji’tana Wal Ma’nawiyyi Fi Mata Wafi Hunaa.
Wa Kaniyyabatin Anil Fi’li Bilaa Ta Assurin Wa Kaftiqoorin Usshila. Wa Mu’robul Asma’imaa Qod Salima Min Syabahin Harfi Ka Ardhin Wasuma. Wa Fi’lu Amrin Wa Mudiyyin Buniya Wa A’robuu Mudhori’an In 'ariyya.
Min Nuni Taukidhin Mubashirin Wa Min Nuni Inashin Kayaru’na Man Futin.
Wa Kullu Harfin Mustahiqqun lil Bina Wal Aslu Fil Mabniyyi An Yusakkana. Wa Minhu Dzu fathin Wa dzu kasrin wadhom Ka Aina Amsi Haishu Wassakinu Kam.
Warrof’A Wannash’baj 'alan i’roba Lismin Wa Fi’lin Nahwu Lan Atabaaa.
Wal Ismu Qod Khussisho Bil Jarri Kama Qod khusshisho Fi’lu Bi An yanjaziimaa.
Farfa’ Bidhoma Wan Shiban Fathan Wa jur Kasron Kadzikrullohi Abdahuu Yasuur. Wajzim Bi Taskinin Wa ghoiruma Dhukir Yanubu Nahwuja Akhu Bani Namiiir.
Warfa’ Bi Wawin Wanshibanna Bil Alif Wajruur Biya’inMaa Minal asma Ashif.
Min Dakha Dzu Inshuhbatan Abaana Wal Famu Haitsul Mimu Minhu Bana.
Abun’ Akhun’ Hamun’Kadhaka Wa ‘Hanu Wannaqshu Fi Hadhal Akhiri Ahsanuu. Wafii Abin Wata Liyaiihi Yandhuru Wa Qosruha Min Naqsihinna Asharuu.
Wa Syarthu Dzal I’robi An Yudho’nala Lil ya kaja Akhu Abiika Dza’tilaa.
Bil Alifir fa'il Mutsanna WakilaIdza Bi Mudmariin Mudhofan Wu silaa. Kilta Kadha Isnani Wastnani Kabnaiini Wabnataini Yajriyaani. Wa takhluful Yafi Jami’ihal Alif Jarron Wa Nashban Ba’da fathin Qot Ulif.
Warfa’ biwawin Wa biyajruur Wa'ashibi Salima Jam’i 'amirin Wa Mudhnibi. Wa shibhi Dhaini Wa bihi 'ishruuna Wa Babuhu Ulhiqo Wal Ahluuna.
Uluu Wa a'lamuna 'illiyyuna Wa Ardhuna Shadza Was Sinuuuna. Wa Babuhuu Wa Mitsla Hinin Qod Yarid Dzal Babu Wahwa 'inda Qoumin Yathorid. Wa Nuna Majmu’un Wama Bihil Tahaq Faftah Wa Qola Man Bikatsiri Nathook.
Wa shibhi Dhaini Wa bihi 'ishruuna Wa Babuhu Ulhiqo Wal Ahluuna.
Uluu Wa a'lamuna 'illiyyuna Wa Ardhuna Shadza Was Sinuuuna. Wa Babuhuu Wa Mitsla Hinin Qod Yarid Dzal Babu Wahwa 'inda Qoumin Yathorid. Wa Nuna Majmu’un Wama Bihil Tahaq Faftah Wa Qola Man Bikatsiri Nathook.
Wa Nunumaa Tsunniya Wal Mulhaqi Bih Bi aksi Dhakas Ta’Maluhu Fantabiih.
Wama Bita Wa Alifin Qod Jumi’a Yuksaru Fil jarri Wa finnashbi Ma’a. Kadha Ulaatu Wal ladhis Man Qod Ju’il Kha’adri 'atin Fiihidha Aidhon Qubiil. Wa juro bil Fathati Maa la yanshorib Ma lam Yudhof Auyaku Ba’dha Al’Rodhif.
Waj’al Linahwi yaf'alaani Nunaa Rof’an Wa Tad'ina WaTas aluuna.
Wa hadzfuha Lil Jazmi Wannashbi Simah Kalam Takuni Li taruumi Madhlamah. Wa Sammi Mu’talan Minal Asma’i Ma Kal Musthofa Wal Murtaqo Makarima.
Fal Awwalul I’robu Fihi Quddiro Jami'uhuuWahwal Ladhi Qod Qushiro.
Wassani Manqushun Wa Nasbuhu Dhohar Wa Rof'uhu Yunwa Kadha Aidhon Yujar.
Wa Aiyyu fi’lin Akhirun Minhu Alif Au Wawun-Au Ya’un Fa Mu’tallan 'urif. Fal Alifan wi Fihi Ghoirol Jazmi Wa Abdhi Nasbha Ma Kayad'u Yarmi.
Warrof'a Fihiman Wi Wahdhif Jazima Tsalatahunna Taqdhi Hukma Lazima.
Nakhirotun qobilatun Almu'ashiroaw waakiun mawkiyamah qod Dukkiro.
Waghoiruhu makrifatan kahum wadzi wahinda mabni wal ghulami wal ladzi. Fammalidzi wa ghoibaati aw hudurila anta wahwa sammi bid dhoomiirii.
Dari Kitab Alfiyah
Teks Nadhom Alfiyah Arab lirik yang sebenarnya berasal dari kitab Alfiyah karya Ibnu Malik. Meskipun bukan kalimat sholawat, lirik ini diambil untuk mempermudah pemahaman makna yang sulit dalam kitab tersebut. Kitab Alfiyah Ibnu Malik ditulis dengan tujuan agar para pembaca dapat memperoleh manfaat dari kitab tersebut. Dalam buku berjudul Terjemah Alfiyah Ibnu Malik dan Penjelasannya yang disusun oleh Bahrudin Fuad (Mobile Santri) menjadi salah satu sumber yang menjelaskan kitab ini.
Kitab Alfiyah Ibnu Malik sering dibahas dalam kelas-kelas akhir pondok pesantren. Setelah mempelajari Jurumiyah sebagai dasar belajar nahwu, kemudian siswa pesantren naik ke tingkat nadzam Imrithi, dan akhirnya mereka melanjutkan ke kitab Alfiyah Ibnu Malik. Kitab ini menjadi bagian penting dalam pembelajaran ilmu nahwu.
Alfiyah Ibnu Malik pertama kali muncul pada abad ke-13 dan ditulis oleh seorang ahli bahasa Arab bernama Ibnu Malik. Ibnu Malik lahir di Jaén, Spanyol, dan wafat pada tahun 672 H atau 22 Februari 1274 M. Kitab ini menjadi salah satu kitab dasar yang harus dihafal oleh para siswa pesantren selain Al-Qur'an, terutama untuk memperdalam ilmu nahwu. Kitab Alfiyah memiliki banyak penjelasan atau syarah, dengan jumlah mencapai 43 kitab.
Di pendidikan pesantren, kitab Alfiyah merupakan salah satu karya penting yang digunakan untuk mempelajari tata bahasa Arab secara mendalam. Kitab ini bersama dengan Al-Ajurrumiyah menjadi dasar pembelajaran bagi para siswa pesantren dalam memahami kaidah-kaidah ilmu nahwu. Selain itu, penjelasan dan syarah yang ada juga membantu para pembaca dalam memahami isi dan makna yang terkandung dalam lirik nadhom Alfiyah.
Nadhom Alfiyah sendiri sering digunakan sebagai sarana untuk menghafal dan mengingat kaidah-kaidah ilmu nahwu. Dengan mengulang-ulang lirik nadhom ini, siswa dapat melatih pemahaman dan penggunaan struktur kalimat yang benar dalam bahasa Arab. Selain itu, nadhom Alfiyah juga memiliki keindahan tersendiri dalam penyusunan liriknya, sehingga membuatnya lebih mudah diingat dan diresapi oleh para pembaca.
Dalam pengajaran kitab Alfiyah, para ustadz atau pengajar sering mengkaji setiap bait lirik secara mendalam. Mereka menjelaskan dan membandingkan penjelasan yang ada dalam berbagai kitab syarah Alfiyah. Hal ini membantu para siswa memahami dengan lebih baik kandungan kitab tersebut dan memperdalam pemahaman mereka terhadap ilmu nahwu.
Advertisement