Doa Agar Bayi Tidak Rewel dalam Bahasa Arab dan Latin, Lengkap Cara Menenangkannya

Simak bacaan doa agar bayi tidak rewel dan dapat tidur dengan nyenyak.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 30 Jul 2023, 19:55 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2023, 19:55 WIB
Doa Agar Bayi Tidak Rewel dalam Bahasa Arab dan Latin, Lengkap Cara Menenangkannya
Ilustrasi Bayi Menangis Credit: pexels.com/cottonbro

Liputan6.com, Jakarta Doa agar bayi tidak rewel terutama pada malam hari penting untuk diketahui oleh para orang tua. Bagi pasangan muda yang baru mendapatkan anak, akan merasa kebingungan apabila bayi terus menangis ‘kejer’ meski sudah di tenangkan.

Perlu dicatat bahwa anda sebagai orang tua harus mencari sebab tangisan anak yang tak kunjung berhenti. Misalnya, apakah ada sakit atau gangguan lainnya. Namun, terkadang anak menangis tanpa sebab yang diketahui secara pasti.

Salah satu cara untuk menenangkan bayi yang sedang rewel adalah dengan berdoa. Doa agar bayi tidak rewel dan cara menenangkannya secara alami perlu diketahui oleh para orang tua, baik ibu maupun ayah.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai doa agar bayi tidak rewel dalam bahasa Arab dan Latin serta cara menenangkan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (30/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Doa Agar Bayi Tidak Rewel dan Tidur Nyenyak

Doa Agar Bayi Tidak Rewel dalam Bahasa Arab dan Latin, Lengkap Cara Menenangkannya
Ilustrasi bayi menangis./Copyright shutterstock.com/g/chomnancoffee

Bacaan doa agar bayi tidak rewel dan bisa tidur nyenyak ini pernah dibaca oleh Nabi Muhammad SAW, yakni:

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Arab Latin: Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya: "Wahai Tuhan, bintang-bintang mengorbit, mata-mata terpejam, sedangkan Engkau Maha Hidup kekal lagi Maha Terjaga (terus menerus mengurus makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak pula tidur. Wahai yang Maha Hidup dan Terjaga, redupkanlah malam, dan lelapkanlah mataku.”

2. Doa Agar Bayi Bisa Tenang

Selain bacaan doa agar bayi tidak rewel di atas, ada pula bacaan doa agar bayi bisa tenang dalam bahasa Arab dan Latin adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Arab Latin: Bismillâhirrahmânirrahîm. Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim.

Artinya: "Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."


3. Doa Meredakan Tangisan Bayi

Doa Agar Bayi Tidak Rewel dalam Bahasa Arab dan Latin, Lengkap Cara Menenangkannya
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Berikut ini ada bacaan doa meredakan tangisan bayi yang bisa anda lafalkan yang dikutip dari karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar, (Surabaya: Kharisma, 1998), hal. 302:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Arab Latin: Bismillâhirrahmânirrahîm. Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim (dibaca tiga kali)

Artinya: "Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bi shawab,".

4. Doa Memohon Perlindungan dari Gangguan Jin dan Setan

Berikut ini bacaan doa untuk memohon perlindungan dari gangguan jin dan setan dengan membaca ayat kursi, yakni:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya: " Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar." (QS. Al-Baqarah: 255)


Cara Menenangkan Bayi yang Menangis Secara Terus Menerus

Doa Agar Bayi Tidak Rewel dalam Bahasa Arab dan Latin, Lengkap Cara Menenangkannya
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Berikut ini cara menenangkan bayi yang menangis secara terus menerus adalah dengan:

1. Diberikan pelukan

Cara menengkan bayi yang menaris secara terus menerus adalah dengan memberikannya pelukan. Pelukan dari seorang ibu akan membuat si kecil merasa tenang, aman dan nyaman. Namun, jika cara ini belum bisa membuat si kecil berhenti menangis, cobalah untuk menggendongnya dan mengajaknya keluar dari kamar.

2. Memberikan ASI

Cara menengkan bayi yang menaris secara terus menerus yang lainnya adalah memberikan ASI. Penyebab si kecil rewel biasanya karena merasa haus dan lapar. Bayi yang baru lahir, asupan giziya berasal dari Air Susu Ibu. Untuk itu, jika si kecil rewel, cobalah untuk berikan ia ASI.

3. Putar murottal

Cara menengkan bayi yang menaris secara terus menerus yang lainnya adalah dengan memutar murottal. Suara murottal yang membaca ayat-ayat Al-Quran dengan merdu mampu membuat bayi menjadi tenang. Bahkan orang tua yang mendengarkannya pun juga bisa merasa tenang. Menyadari saat anak sedang rewel, perasaan orang tua pun juga turut menjadi gelisah. Apalagi jika kondisi sedang lelah. Nah, mendengarkan murottal bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya