Musik Ansambel Adalah Penyajian Musik Secara Bersama-sama, Kenali Ciri-Cirinya

Musik ansambel adalah penyajian musik secara bersama-sama menggunakan alat musik yang sama atau sejenis.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 01 Agu 2023, 18:40 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2023, 18:40 WIB
Musik Ansambel Adalah Penyajian Musik Secara Bersama-sama, Kenali Ciri-Cirinya
Ilustrasi pemain orkestra. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Musik ansambel adalah istilah yang masih terdengar familiar bagi masyarakat. Istilah ini sangat berkaitan dengan permainan musik di mana sajian musiknya dilakukan secara bersama-sama dengan satu atau banyak alat musik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, musik ansambel adalah kelompok pemain musik (penyanyi) yang bermain bersama secara tetap. Definisi lain, musik ansambel adalah penyajian musik secara bersama-sama menggunakan alat musik yang sama atau sejenis.

Musik ansambel adalah kombinasi musik yang terdiri dari campuran beberapa alat musik yang dipilih, yang mengandung unsur ritmis, melodis, dan harmonis. Sehingga dengan paduan beberapa jenis musik ini akan menghasilkan musik yang indan untuk dinikmati. Anda juga perlu mengenali ciri-ciri musik ansambel agar dapat membedakannya dengan grup musik yang lain.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian musik ansambel beserta ciri-ciri dan jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Musik Ansambel Adalah

Musik Ansambel Adalah Penyajian Musik Secara Bersama-sama, Kenali Ciri-Cirinya
Musisi dari National System of Orchestras of Venezuela berusaha memecahkan rekor dunia bermain orkestra terbesar di dunia, di Caracas pada 13 November 2021. Setiap musisi yang berpartisipasi harus memainkan instrumen setidaknya selama lima menit. (Federico PARRA/AFP)

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, musik ansambel adalah kelompok pemain musik (penyanyi) yang bermain bersama secara tetap. Secara bahasa, musik ansambel berasal dari bahasa Prancis yakni Ensemble yang berarti bersama-sama. Secara istilah, musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musk tertentu. Biasanya musik ansambel memainkan lagu-lagu dengan aransemen yang sederhana.

Pada umumnya, pertunjukan musik ansambel tampil sebagai hasil dari kerjasama peserta di bawah pimpinan seorang pelatih. Oleh karena itu, kekompakan antar pemain dibutuhkan untuk menghasilkan sajian yang harmonis dan selaras.

Musik ansambel adalah sebuah sajian musik yang dilagukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau berbagai jenis alat musik. Dengan berbagai jenis alat musik yang dimainkan secara bersamaan, maka akan menghasilkan musik yang indah untuk dinikmati.

Pada awalnya, musik ansambel disebut dengan musik kamar. Dulunya, musik ansambel dilantunkan dengan jenis musik yang terdiri dari alat musik gesek dan alat musik tiup saja. Nama musik ansambel dikaitkan dengan kondisi sebuah ruangan khusus yang tidak terlalu luas. Hingga pada tahun 1750, ansambel atau musik kamar ini menjadi dipentaskan pada orang banyak, dan dikenal seperti saat ini.


Pengertian Musik Ansambel Menurut Para Ahli

Musik Ansambel Adalah Penyajian Musik Secara Bersama-sama, Kenali Ciri-Cirinya
Wakil Majelis Nasional Venezuela, Nicolas Ernesto Maduro Guerra (tengah), putra Presiden Nicolas Maduro memainkan serulingnya saat berusaha memecahkan rekor dunia bermain orkestra terbesar di dunia, dengan lebih dari 12.000 musisi, di Caracas pada 13 November 2021. Federico PARRA/AFP)

Dikutip dari Buku Ajar Seni Musik (2023) karya Paulus Widjanarko, menjelaskan terkait beberapa pendapat lain mengenai musik ansambel adalah sebagai berikut:

1. Sugianto

Musik ansambel adalah sebuah sajian musik yang dilagukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau berbagai jenis alat musik.

2. Adiarto

Musik ansambel adalah permainan bersama dalam kelompok kecil dengan jumlah pemain berkisar antara 2 sampai 15 orang.

3. Yudana Basuki

Musik ansambel adalah bentuk penyajian musik yang dimainkan oleh beberapa orang dengan menggunakan alat-alat musik tertentu, serta memainkan lagu-lagu sederhana.

4. Dyah Purwani Setianingsih

Musik ansambel adalah sebuah sajian musik yang dilakukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musk atau berbagai jenis alat musik.

5. Julius Juih

Musik ansambel adalah jenis penyajian musik secara bersama-sama yang alat musiknya sejenis atau campuran. Alat musik tersebut dalam penyajian ada yang berfungsi sebagai pembawa melodi pokok dan ada yang berfungsi sebagai pengiring.


Ciri-Ciri Musik Ansambel

Musik Ansambel Adalah Penyajian Musik Secara Bersama-sama, Kenali Ciri-Cirinya
Penampilan TRUST Junior Orchestra di M Bloc Space. (Liputan6.com/Elly Purnama)

Untuk membedakan musik ansambel dengan grup musik lainnya, berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri musik ansambel adalah:

  1. Musik ansambel dimainkan secara bersama-sama oleh banyak orang, terdiri atas beberapa alat musik yang sejenis maupun campuran.
  2. Terciptanya harmonisasi bunyi yang merupakan kombinasi semua alat musik.
  3. Musik ansambel kerap dimainkan di ruangan tertutup, sehingga kerap disebut juga sebagai musik kamar.
  4. Lagu ansambel yang dimainkan cenderung pendek dengan lirik yang tidak terlalu panjang, dengan aransemen musik sederhana.
  5. Umumnya, pemain musik ansambel bersifat tetap.

Jenis-Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Bentuknya

Musik Ansambel Adalah Penyajian Musik Secara Bersama-sama, Kenali Ciri-Cirinya
Musisi dari National System of Orchestras of Venezuela berusaha memecahkan rekor dunia bermain orkestra terbesar di dunia, di Caracas pada 13 November 2021. Rekor konser terbesar saat ini masih dipegang oleh Rusia sejak 2019 dengan peserta 8.097 musisi. (Federico PARRA/AFP)

Dikutip dari Buku Pintar Pasti Naik SD Kelas 5 (2015) oleh Muhammad Rizky, musik ansambel jika dilihat dari bentuknya terdiri dari musik ansambel sejenis dan musik ansambel campuran atau gabungan. Berikut ini penjelasannya:

1. Musik Ansambel Sejenis

Musik ansambel sejenis adalah bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan alat-alat musik sejenis. Alat musik yang dapat digunakan yaitu alat musik ritmis maupun melodis, seperti gitar, pianika, drum, hingga rekorder. Contoh musik ansambel sejenis adalah ansambel rekorder dan ansambel gitar, di mana semua pemusik menggunakan alat musik tersebut.

Ciri-ciri musik ansambel sejenis:

  1. Hanya menggunakan satu jenis alat musik saja, seperti alat musik tiup, gesek, petik atau melodis.
  2. Musik kurang variatif karena hanya terdengar suara satu jenis alat musik saja.
  3. Biasanya hanya terdiri dari beberapa pemain.

2. Musik Ansambel Campuran atau Gabungan

Musik ansambel campuran adalah bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik atau bermacam-macam jenis alat musik. Contoh musik ansambel campuran adalah biola, cello, viola, contra bass, dan simbal. Pada ansambel campuran terdapat alat musik yang bermain sebagai harmonis atau alat musik yang berfungsi sebagai melodis dan juga ritmis.

Ciri-ciri musik ansambel campuran atau gabungan:

  1. Terdiri atas beberapa alat musik.
  2. Alat musik ada yang dimainkan secara bersamaan dan ada juga yang bergilir.
  3. Suara musik terdengar jauh lebih indah, karena terdiri atas banyak warna suara alat musik.

Jenis-Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Sumber Bunyi

Musik Ansambel Adalah Penyajian Musik Secara Bersama-sama, Kenali Ciri-Cirinya
Robot ini berhasil memandu komposisi, baik secara mandiri maupun berkolaborasi dengan maestro manusia yang berdiri di sampingnya selama sekitar setengah jam, menghibur lebih dari 950 penonton yang memadati Teater Nasional Korea. (Photo by National Theater of Korea / AFP)

Berdasarkan dengan cara memainkan atau sumber bunyinya, jenis-jenis musik ansambel dikelompokkan menjadi lima macam adalah sebagai berikut:

  1. Akrofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara yang ada. Contoh akrofon adalah seruling dan terompet.
  2. Membranofon, adalah alat musik yang mendapatkan sumber bunyi dari plastik. Contoh membranofon adalah gendang, rebana, dan drum.
  3. Kordofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya didapatkan dari dawai atau tali. Contoh kordofon adalah gitar, kecapi, biola.
  4. Idiofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya terletak pada bunyi alat itu sendiri apabila dimainkan. Contoh idiofon adalah angklung, gong.
  5. Elektrofon, adalah alat musik yang bunyinya bersumber pada tegangan listrik. Contoh elektrofon adalah organ listrik dan gitar listrik.

Jenis-Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Peranan dan Fungsinya

Musik Ansambel Adalah Penyajian Musik Secara Bersama-sama, Kenali Ciri-Cirinya
Puluhan musisi ambil bagian dalam pertunjukan flashmob "The Great Gate of Kyiv from pictures at an Exhibition" yang dipimpin seorang komposer Rusia-Inggris terkenal untuk menunjukkan dukungan terhadap Ukraina setelah invasi Rusia, di Trafalgar Square, London, Minggu (6/3/2022). (JUSTIN TALLIS/AFP)

Berikut ini beberapa jenis musik ansambel berdasarkan dengan peranan dan fungsinya adalah:

  1. Ansambel melodis, adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contoh ansambel melodis adalah piano, rekorder, pianika, biola, terompet, tamborin, dan harmonika.
  2. Ansambel ritmis, adalah alat musik yang digunakan untuk mengatur irama sebuah lagu. Contoh ansambel ritmis adalah tamborin, drum set, triangle, gong, dan gendang.
  3. Ansambel harmonis, adalah alat musik yang berfungsi untuk memainkan melodi lagu dan mengatur irama lagu. Contoh ansambel harmonis adalah biola, cello, gitar.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya