Ahjussi Artinya Paman, Pahami Cara Menggunakannya dalam Bahasa Korea

Ahjussi artinya adalah seorang laki-laki yang sudah berusia sekitar 35 tahun ke atas, paruh baya, dan bukan termasuk keluarga.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 28 Agu 2023, 17:10 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2023, 17:10 WIB
13 Tahun Vakum, Ini 6 Potret Terbaru Aktor Korea Won Bin Dikabarkan Jadi Petani
Potret Terbaru Aktor Korea Won Bin Dikabarkan Jadi Petani. (Sumber: Instagram/_won.bin_)

Liputan6.com, Jakarta Ahjussi artinya paman. Bagi penggemar drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan kosakata dalam bahasa Korea ini.

Dalam bahasa Korea, ahjussi artinya paman. Namun artinya artinya bukan saudara kandung laki-laki dari ayah atau ibu. Ahjussi artinya adalah seorang laki-laki yang sudah berusia sekitar 35 tahun ke atas, paruh baya, dan bukan termasuk keluarga.

Dengan kata lain, meski ahjussi artinya dapat dipadankan dengan paman dalam bahasa Indoensia, namun artinya tidak sama persis. Sebab dalam bahasa Indonesia, paman juga merujuk pada saudara laki-laki dari ayah atau ibu, sedangkan dalam bahasa Korea, ahjussi artinya paman tapi bukan termasuk keluarga.

Untuk memahami lebih dalam mengenai ahjussi artinya apa, simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/8/2023).


Ahjussi Artinya Apa dalam Bahasa Korea?

Dalam bahasa Korea, istilah Ahjussi artinya merujuk pada laki-laki yang memiliki usia lebih tua dari penutur dan umumnya berada dalam rentang usia paruh baya, yakni sekitar 35 tahun ke atas. Secara harfiah, Ahjussi artinya "paman" atau "om" dalam bahasa Indonesia.

Penggunaan "Ahjussi" dalam bahasa Korea mencerminkan budaya sopan santun yang sangat dihargai dalam masyarakat, di mana Ahjussi artinya merujuk pada penggunaan untuk menghormati dan menghargai individu yang lebih tua atau memiliki posisi sosial yang lebih tinggi. Meskipun istilah Ahjussi artinya dapat digunakan pula di wilayah selatan Korea, kini penggunaannya meluas ke seluruh wilayah.

Selain istilah Ahjussi, terdapat pula istilah "Oppa," yang merujuk pada laki-laki yang usianya tidak terlalu jauh berbeda dengan penutur, biasanya hanya berbeda setahun atau beberapa tahun. Selain itu, muncul pula istilah seperti "Ahjussi fans" yang mengacu pada penggemar laki-laki yang lebih tua, terutama dalam konteks penggemar K-Pop, serta istilah "Ahjussi rasa oppa" yang digunakan untuk aktor Korea yang tetap menawan dan terlihat awet muda di usia dewasa mereka.

Secara umum, istilah Ahjussi artinya adalah seorang laki-laki yang sudah berusia sekitar 35 tahun ke atas, paruh baya, dan bukan termasuk keluarga. Hal ini menjadi bagian penting dari budaya sopan santun Korea yang mencerminkan penghargaan terhadap usia dan status sosial.


Fungsi Kata

6 Editan Foto Aktor Korea Pakai Batik Bak Mau Kondangan Ini Kocak
6 Editan Foto Aktor Korea Pakai Batik Bak Mau Kondangan Ini Kocak (IG/opicdesignn)

Dalam percakapan bahasa Korea, kata "Ahjussi" digunakan dengan berbagai makna dan konteks. Secara umum, Ahjussi artinya merujuk pada laki-laki paruh baya yang berusia 35 tahun ke atas dan bukan anggota keluarga, namun dalam kasus anak-anak, istilah ini juga dapat digunakan untuk merujuk pada laki-laki usia 20-an. Di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi kata Ahjussi dalam percakapan bahasa Korea:

1. Panggilan untuk Pria yang Tidak Dikenal

Ahjussi artinya merujuk pada penggunaan untuk memanggil atau merujuk pada pria yang lebih tua dan tidak dikenal dengan baik. Ini mencerminkan adat sopan santun di Korea yang menghargai perbedaan usia.

2. Ayah Teman atau Orang Terdekat

Istilah Ahjussi artinya juga merujuk pada penggunaan untuk menyebut ayah dari teman yang tidak begitu dekat. Ini menunjukkan penghormatan terhadap status orang tua teman.

3. Penggunaan dalam Konteks Layanan

Dalam beberapa kasus, Ahjussi artinya juga bisa digunakan untuk memanggil atau merujuk pada pria yang berperan sebagai pelayan atau penjaga.

4. Perbedaan Ahjussi dengan Samchon

Ada perbedaan antara Ahjussi dan Samchon. Ahjussi artinya merujuk pada laki-laki paruh baya yang tidak terlalu dekat dengan penutur, sedangkan Samchon lebih spesifik dan merujuk pada paman biologis seseorang secara umum.

Untuk memanggil paman yang merupakan saudara kandung dari ayah, bisa menggunakan "chin samchon." Untuk memanggil paman yang merupakan saudara laki-laki kandung dari ibu, bisa menggunakan "we samchon."

Penting untuk memahami konteks dan hubungan dengan orang yang akan dipanggil atau dirujuk ketika menggunakan kata-kata seperti "Ahjussi" dan "Samchon" dalam percakapan bahasa Korea.


Contoh Kalimat yang Menggunakan Istilah Ahjussi

Potret Park Seo Joon di Paris Fashion Week, Terlihat Menawan dan Karismatik
Park Seo-joon menghadiri peragaan busana Chanel untuk koleksi Fall-Winter 2023/24 di Paris Fashion Week, Selasa (7/3/2023). Aktor tampan asal Korea Selatan itu memilih mengenakan jaket tweed dengan celana panjang hitam. (Vianney Le Caer/Invision/AP)

Untuk memahami Ahjussi artinya apa lebih dalam, penting bagi kita untuk mengetahui contoh penggunaan kata tersebut dalam kalimat bahasa Korea. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata Ahjussi dalam bahasa Korea:

(1) 실례합니다, 아저씨. 가장 가까운 장난감 가게는 어디인가요?

sillyehabnida, ajeossi. Gajang gakkaun jangnangam gageneun eodiingayo?

Artinya: "Permisi, paman. Di manakah toko mainan terdekat?"

(2) 그 가게 주인 아저씨는 여전히 잘생기고 카리스마가 넘친다.

geu gage ju-in ajeossineun yeojeonhi jalsaeng-gigo kaliseumaga neomchinda.

Artinya: "Paman penjaga toko itu masih terlihat tampan dan sangat berkarisma."

(3) 그는 한때 나를 도왔던 아저씨.

geuneun hanttae naleul dowassdeon ajeossi.

Artinya: "Dia adalah paman yang pernah menolong saya."

(4) 아저씨는 매우 작하고 친절했습니다.

ajeossineun maeu chinjeolhago chinjeolhaessseubnida.

Artinya: "Paman itu sangat baik dan ramah."

(5) 삼촌이라고 하기에는 너무 어리다.

samchon-ilago hagieneun neomu eolida.

Artinya: "Dia terlalu muda untuk dipanggil paman."


Macam-Macam Panggilan dalam Bahasa Indonesia

Lee Jae Wook, Aktor The Alchemy Soul yang Bakal Temu Penggemar di Jakarta
Lee Jae Wook adalah aktor Korea Selatan yang dikenal salah satunya lewat Alchemy of Souls. (FOTO: instagram.com/jxxvvxxk/)

Ahjussi artinya dapat dipadankan dengan paman dalam bahasa Indoensia, namun artinya tidak sama persis. Sebab dalam bahasa Indonesia, paman juga merujuk pada saudara laki-laki dari ayah atau ibu, sedangkan dalam bahasa Korea, ahjussi artinya paman tapi bukan termasuk keluarga.

Selain ahjussi, daalam bahasa Korea terdapat berbagai macam panggilan yang menggambarkan hubungan dan status sosial antara pembicara. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa macam panggilan dalam bahasa Korea:

1. Oppa (오빠)

Kata panggilan ini digunakan oleh perempuan untuk memanggil pria yang lebih dewasa dari mereka. Hal ini mencakup pria yang lebih tua dan kakak pria kandung sendiri. Penggunaan "oppa" perlu diperhatikan dengan cermat untuk memastikan ada rasa dekat atau persetujuan dari yang dipanggil.

2. Hyeong/Hyung (형)

"Hyeong" atau "hyung" merupakan panggilan yang digunakan oleh pria untuk memanggil pria yang lebih tua dari mereka, termasuk kakak pria kandung. Seperti "oppa," penggunaan "hyeong" atau "hyung" memerlukan kesepakatan sebelum digunakan.

3. Noona/Nuna (누나)

"Noona" atau "nuna" adalah panggilan yang digunakan oleh pria untuk memanggil perempuan yang lebih dewasa dari mereka, termasuk kakak perempuan kandung. Penggunaan panggilan ini juga harus disertai dengan rasa dekat atau persetujuan.

4. Eonni (언니)

"Eonni" digunakan oleh perempuan untuk memanggil perempuan yang lebih dewasa dari mereka, termasuk kakak perempuan kandung.

5. Sunbae/Seonbae – Hoobae/Hubae (선배 – 후배)

"Sunbae" digunakan untuk memanggil senior atau orang yang lebih tua di kampus atau tempat kerja. "Hoobae" adalah panggilan untuk junior atau orang yang lebih muda dengan hubungan yang kurang dekat.

6. Yeobo – Chagiya/Jagiya (여보 – 자기야)

"Yeobo" digunakan oleh pasangan yang sudah menikah, sedangkan "chagiya/jagiya" digunakan oleh pasangan yang masih pacaran.

7. Eomma - Abeoji – Appa (엄마 – 아버지 – 아빠)

"Eomma" digunakan untuk memanggil ibu kandung, "abeoji" digunakan untuk ayah kandung dengan konteks lebih formal, dan "appa" juga berarti "ayah" atau "bapak."

8. Dongsaeng (동생)

"Dongsaeng" dipakai untuk memanggil orang yang lebih muda dari pembicara, termasuk adik kandung.

9. -ssi (-씨):

Akhiran "-ssi" digunakan untuk memanggil seseorang dengan mengedepankan unsur kehormatan dan kedekatan.

10. -nim (-님):

Akhiran "-nim" digunakan untuk menekankan nilai kesopanan dan kehormatan terhadap orang yang dipanggil, baik untuk pria maupun wanita, dalam berbagai jabatan atau profesi.

Pemahaman tentang penggunaan panggilan-panggilan ini dalam bahasa Korea sangat penting karena mencerminkan adat sopan santun serta penghormatan terhadap hubungan sosial dan usia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya