Berikan Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak! Pahami Penjelasannya

Contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak salah satunya bisa kamu lihat pada kendaraan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 13 Sep 2023, 16:45 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2023, 16:45 WIB
Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak
Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak (pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak menjadi pertanyaan yang kerap kali muncul dalam ujian maupun ulangan harian. Hal ini tentunya perlu kamu pahami dan kenali jawabannya dalam pembelajaran IPA atau Sains.

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Sementara itu, kimia adalah ilmu tentang susunan, sifat, dan reaksi suatu unsur atau zat. Perubahan energi kimia menjadi energi gerak tentunya sangat dekat dengan kehidupan kamu sehari-hari.

Contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak salah satunya bisa kamu lihat pada kendaraan. Kendaraan tidak akan dapat bergerak tanpa adanya energi kimia. Penjelasan lebih lanjut tentang hal ini bisa kamu pahami dari uraian pada artikel ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/9/2023) tentang contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak.


Berikan Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak!

Kapal Uap Republik.
Kapal Uap Republik. (source: Facebook/The RMS Republic Shipwreck Treasure Hunt)

Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak kerap kali muncul dalam ujian maupun ulangan harian. Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak bisa kamu jawab sebagai berikut:

1. Bahan Bakar Minyak pada Kendaraan Bermotor

Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak yang pertama yaitu penggunaan bahan bakar minyak seperti bensin pada kendaraan bermotor. Penggunaan bensin pada sepeda motor dan juga mobil sangat penting supaya kendaraan dapat bergerak.

Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak pada kendaraan motor melalui bensin atau solar. Prosesnya yaitu energi kimia bensin dari pembakaran diubah menjadi panas. Kemudian pembakaran memperluas gas melalui piston linier. Panas yang dihasilkan dari perubahan energi kimia ini akan menggerakkan kendaraan.

2. Bahan Bakar Batu Bara pada Kapal Uap dan Kereta Uap

Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak selanjutnya yaitu penggunaan bahan bakar batu bara untuk kapal uap dan kereta uap. Hal ini berguna untuk menyalakan mesin dan menggerakkan kapal uap dan kereta uap ini. Pembakaran batu bara dipakai untuk memutar mesin turbin. Pembakaran batu bara membuat energi kalor berubah jadi energi gerak untuk menggerakkan kereta uap.


3. Turbin Air

Rumah Turbin
Desa Tepian Terap memaksimalkan aliran air dari sebuah mata air untuk menggerakkan turbin sehingga menghasilkan listrik untuk satu desa.

Turbin air bisa menjadi salah satu jawaban dari soal berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Turbin air biasanya digunakan untuk pembangkit listrik dengan memanfaatkan air yang jatuh. Sesuai dengan unsur pembentuknya, air memiliki energi kimia.

Jadi, saat air terjun pada turbin besar dengan ketinggian tertentu, maka gaya air akan membuat turbin berputar sehingga memiliki energi gerak.

4. Baterai pada Kendaraan

Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak berikutnya yaitu baterai pada kendaraan. Baterai adalah suatu benda yang terdiri dari amonium klorida, seng anoda, mangan dioksida, dan katoda karbon. Contohnya, mesin motor perlu disambungkan ke baterai sehingga dapat bergerak dan membuat motor pun bisa bergerak. Jadi, salah satu contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak adalah baterai motor.


5. Reaksi Kimia pada saat Peluncuran Roket

Ilustrasi Roket Meluncur
Ilustrasi Roket Meluncur. (Dok: WikiImages/Pixabay)

Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak selanjutnya adalah pada saat peluncuran roket. Roket membutuhkan energi gerak yang sangat besar agar membuatnya bisa meluncur keluar dari atmosfer bumi menuju luar angkasa. Energi gerak roket yang besar tersebut dihasilkan oleh energi kimia bahan bakarnya. Roket luar angkasa menggunakan hidrogen cair sebagai bahan bakar.

Penggunaan hidrogen cair dibantu dengan penambahan propelan dan oksigen cair sebagai bahan bakar. Dalam hitungan mundur roket, bahan-bahan yang mengandung energi kimia tersebut akan dicampurkan. Reaksi hidrogen-oksigen akan menghasilkan panas yang luar biasa, menyebabkan uap air mengembang dan keluar dari nozel mesin dengan kecepatan 10.000 mil per jam. Energi kimia tersebut berubah menjadi energi gerak yang mendorong roket keluar dari bumi.

6. Airbag Mobil

Airbag adalah salah satu fitur penting pada mobil yang memiliki fungsi untuk terhindar dari cedera pada pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Airbag merupakan salah satu jawaban dari soal berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak.

Hal ini tidak terlepas dari airbag yang mengandung senyawa bernama sodium azide yang ketika dinyalakan akan membuat kantung udara aktif dengan mengisi gas nitrogen pada kantong. Hal inilah yang mendorong terjadinya perubahan kimia menjadi energi gerak.

7. Tubuh Manusia dan Hewan

Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak yang paling mudah kamu temui ada pada dirimu sendiri. Manusia bergerak dan beraktivitas karena mengonsumsi makanan. Makanan adalah unsur kimia yang dapat membantu fungsi organ dalam tubuh manusia. Hal ini berarti energi makanan diserap dengan baik oleh tubuh yang membuat organ dalam bekerja dengan baik, sehingga kamu dapat beraktivitas dengan baik.

Hal ini juga terjadi pada metabolisme hewan. Hewan memperoleh energinya dari makanan, sehingga hewan pun dapat bergerak dan beraktivitas.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya