5 Tips Mengatasi Makeup Patchy agar Tampil Flawless, Penampilan Selalu Segar

Menghadapi makeup patchy adalah mimpi buruk yang paling dihindari oleh para penggemar riass. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 14 Agu 2024, 18:19 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 18:19 WIB
Menyempurnakan Hasil Makeup
Bedak transparan atau setting spray bisa menyempurnakan makeup dan mengatasi risiko oksidasi. (Foto: Freepik/lookstudio)

Liputan6.com, Jakarta Saat musim panas tiba dan suhu mulai merangkak naik, selain keringat dan dehidrasi, ada satu masalah umum yang sering muncul, yaitu makeup yang patchy. Patchy adalah istilah yang digunakan ketika bedak, foundation, atau concealer tidak menempel dengan sempurna di kulit. Akibatnya, makeup terlihat tidak rata, tidak natural, dan cenderung tebal seperti dempul.

Makeup yang patchy bisa menjadi mimpi buruk bagi para pecinta riasan, terutama ketika kamu sudah menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan tampilan makeup lainnya. Penyebab makeup yang patchy atau tidak merata bisa beragam, mulai dari pemilihan dan penggunaan produk makeup yang tidak sesuai, hingga kondisi kulit yang kurang optimal.

Jika kamu kesulitan menemukan rutinitas alas bedak yang tepat, jangan khawatir. Ternyata, ada cara untuk menghindari makeup patchy, dan yang dibutuhkan hanyalah hidrasi serta kombinasi produk yang tepat. Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber berikut ini adalah tips untuk mengatasi makeup patchy agar selalu tampil flawless, Rabu (14/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips makeup flawless

Menggunakan primer
Foto ini menunjukkan penggunaan primer makeup.

1. Gunakan Primer

Primer berfungsi sebagai fondasi utama dalam mengaplikasikan makeup. Primer memastikan kulit tampak halus dan memudahkan pengaplikasian makeup secara merata. Menggunakan primer berkualitas tinggi sebelum foundation adalah kunci untuk menghindari tampilan makeup yang tidak merata, karena primer dapat mengecilkan pori-pori dan menghaluskan tekstur kulit. Selain itu, primer juga membantu mencegah makeup menjadi berkerut.

2. Gunakan Setting Spray

Salah satu penyebab utama makeup yang tidak merata adalah karena tidak diatur dengan benar. Penting untuk mengatur makeup agar tetap pada tempatnya. Gunakan setting spray atau setting powder untuk memastikan makeup tidak bergeser dan tetap rapi. Kamu juga bisa menggunakan keduanya saat melakukan touch-up makeup.

3. Gunakan Beauty Blender yang Lembab

Banyak penata rias profesional merekomendasikan penggunaan beauty blender yang lembab saat merias wajah. Kelembaban pada beauty blender membantu menyerap produk berlebih, memastikan hasil akhir makeup tampak dewy dan alami.


Tips Mengatasi Makeup Patchy

Produk makeup
Memilih produk kosmetik yang sesuai. (Foto: Freepik)

4. Pilih Produk Makeup yang Tepat

Memilih produk makeup yang sesuai dengan jenis kulitmu sangatlah penting. Jika kamu memiliki kulit berminyak dan menggunakan foundation dengan hasil akhir dewy, hasilnya tidak akan merata. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pilihlah foundation dan concealer dengan hasil akhir matte, serta gunakan bedak untuk membentuk kontur wajah. Sebaliknya, jika kulitmu kering, gunakan foundation, concealer, contour, dan blush on dengan hasil akhir dewy agar kulitmu tampak lebih segar dan bercahaya.

5. Jangan Lupa untuk Eksfoliasi

Bayangkan kulitmu sebagai kanvas dan makeup sebagai catnya. Jika kanvas tidak bersih, lukisan tidak akan pernah tampak indah. Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu untuk menghilangkan sel kulit mati. Ini akan menciptakan permukaan kulit yang halus dan memastikan makeup tidak tampak bercak-bercak.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya