Ngeri Ada Pecahan Kaca 9 Cm di Dalam Hati Pria Ini, Rasakan Sakit 9 Tahun

Asal usul serpihan kaca masih jadi misteri.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 25 Jul 2024, 09:18 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 19:30 WIB
Kaca Lancip di Dalam Hati
Fenomena kaca di dalam organ hati pria Rusia (Sumber: Pexels dan Oddity Central)

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria Rusia yang mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan di bawah tulang rusuknya selama sembilan tahun terakhir terkejut saat mengetahui bahwa ada pecahan kaca berukuran 9 cm yang tertanam di hatinya.

Pria berusia 53 tahun yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan kepada dokter di Rumah Sakit Klinik Regional Kirov, Rusia, bahwa ia telah lama mengalami nyeri tajam dan ketidaknyamanan di sisi kanan tubuhnya, di bawah tulang rusuknya, tetapi ia tidak pernah memeriksanya.

Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Rabu (24/7/2024), setelah akhirnya memutuskan untuk mencari pertolongan medis untuk masalahnya, ia menjalani pemindaian CT yang mengungkapkan potongan kaca lancip tersangkut di lobus kanan hatinya. 

Herannya, ketika dokter bertanya benda apa itu, pasien mengatakan kepada mereka bahwa ia tidak tahu, karena ia tidak memiliki riwayat trauma, juga tidak dapat mengingat insiden di mana benda tajam dapat memasuki tubuhnya.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Operasi Berlangsung Dramatis

Kaca Lancip di Dalam Hati
Fenomena kaca di dalam organ hati pria Rusia (Sumber:Oddity Central)

Setelah mengoperasi pria itu secara laparoskopi, dokter bedah mengeluarkan pecahan kaca sepanjang 9 cm dari hatinya. Meski begitu, prosedur laparoskopi untuk mengangkat pecahan kaca itu sangat rumit karena suplai darah yang kaya dan konsistensinya yang lembut, tetapi dokter bedah berhasil mengangkatnya tanpa komplikasi apa pun.

“Kami terkesima saat melihat sepotong kaca berukuran 88x15x7mm dengan tepi tajam di monitor endoskopi,” kata salah satu dokter bedah. 

Rupanya, pria berusia 53 tahun itu sangat beruntung karena telah hidup dengan benda asing yang tertanam di hatinya selama lebih dari 9 tahun. Pasalnya, benda itu dapat dengan mudah menyebabkan peradangan bernanah dan abses, yang memerlukan operasi darurat. 

“Saat operasi, ditemukan bahwa benda asing itu ditutupi oleh kapsul jaringan ikat. Beginilah cara tubuh merespons masuknya benda asing ke dalam jaringan. Tubuh mengalami peradangan aseptik, dan kapsul terbentuk di sekeliling benda asing, memisahkannya dari jaringan sehat,” jelas dokter.

Foto pecahan kaca tersebut telah menjadi viral di media sosial Rusia, membuat orang-orang bertanya-tanya bagaimana pria itu bisa menahan rasa sakit yang ditimbulkannya selama hampir satu dekade sebelum akhirnya memeriksakan diri ke dokter.


Belut Hidup di Perut Manusia

Arti Menangkap Belut yang Bermakna Baik
Ilustrasi Mimpi Menangkap Belut Credit: pexels.com/Marin

Lagi-lagi benda asing ditemukan di dalam perut manusia. dokter di Vietnam ini berhasil mengeluarkan seekor belut yang masih hidup di perut seorang pria.  Pria tersebut diketahui dirawat di pusat Medis Distrik Hai Ha, Provinsi Quang Ninh, Vietnam.

Dalam perut pria tersebut, rupanya tak hanya ditemukan benda asing namun juga perforasi usus serta peritonitis. Hal ini pun membuat dokter memutuskan untuk melakukan tindakan operasi.

Operasi yang dilakukan sendiri untuk mengeluarkan benda mencurigakan serta mengurangi kerusakan pada usus pria tersebut. Usai berhasil dikeluarkan, dokter dan perawat yang bertugas pun terkejut menemukan belut yang masih hidup dengan panjang 30 cm.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya